Tips Aman Sebelum Anda Jual Handphone Android

2 Aug 2013 17:00 8070 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ponsel merupakan benda yang paling pribadi yang Anda miliki. Secara tidak langsung, berbagai data pribadi Anda pun pasti tersimpan di ponsel Anda. Terlebih apabila Anda memiliki smartphone semacam Android, maka sudah barang tentu berbagai data tersimpan di ponsel Anda mulai dari foto, video, pesan sms, catatan penting, hingga berbagai password yang Anda miliki.

Handphone merupakan benda yang paling pribadi yang Anda miliki. Secara tidak langsung, berbagai data pribadi Anda pun pasti tersimpan di handphone Anda. Terlebih apabila Anda memiliki smartphone semacam Android, maka sudah barang tentu berbagai data tersimpan di handphone Anda mulai dari foto, video, pesan sms, catatan penting, hingga berbagai password yang Anda miliki. Berbagai data pribadi tersebut tentu harus Anda buang jauh-jauh sebelum Anda jual handphone Android ke tangan si pembeli. Jika tidak, maka Anda harus bersiap-siap berbagai barang pribadi Anda menjadi santapan publik.

Oleh karena itu, sebelum Anda jual handphone Android kesayangan Anda, ada baiknya Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan Paseban untuk menjaga agar berbagai data pribadi Anda tidak tersebar ke khalayak luas.

Backup Data Anda

Sebelum Anda membumi hanguskan seluruh data dari handphone Android yang ingin Anda jual, maka ada baiknya Anda untuk terlebih dahulu melakukan backup keseluruhan data yang Anda miliki, baik itu aplikasi, kontak, maupun pesan sms karena mungkin suatu saat Anda membutuhkan kembali data-data tersebut.

Beberapa tahun yang lalu melakukan backup untuk data dan aplikasi mungkin menjadi hal yang sangat sulit sekali untuk dilakukan. Namun sekarang terdapat banyak aplikasi yang bakal memudahkan Anda dalam membackup berbagai data penting yang Anda miliki. Ada tiga aplikasi yang Paseban rekomendasikan untuk membackup data Anda, yaitu Titanium Backup, GO Backup Pro, dan My Backup.

  • Titanium Backup

Titanium backup merupakan aplikasi yang sudah sangat popular sekali dikalangan pecinta Android. Aplikasi besutan Titanium Track digadang-gadang sebagai aplikasi backup terbaik yang ada di Google Play store. Aplikasi dengan ukuran sebesar 5,4 MB ini dapat di unduh dengan gratis di sini dan dapat Anda upgrade menjadi versi Pro dengan menbelinya seharga $7. Perlu diingat, untuk menggunakan aplikasi ini Anda harus terlebih dahulu melakukan root pada handphone Android Anda.

  • GO Backup Pro

GO Backup Pro merupakan salah satu aplikasi yang termasuk kedalam keluarga GO. Aplikasi yang dikembangkan oleh GO Launcher Ex ini merupakan aplikasi backup lain yang cukup popular di Google Play Store. Menariknya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk dapat menikmati semua fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Sama halnya seperti Titanium Backup, Anda harus terlebih dahulu melakukan rooting pada handphone Android Anda sebelum menggunakan aplikasi ini. Aplikasi dengan ukuran sebesar 1,7 MB ini dapat Anda peroleh di sini

  • My Backup

My Backup merupakan aplikasi yang dibuat oleh Rerware dan digadang-gadang sebagai pesaing utama dari Titanium Backup. Hal tersebut tidak lain karena aplikasi ini memilik berbagai macam fitur menarik yang tidak dimiliki oleh aplikasi pesaingnya, salah satunya adalah kemampuan untuk melakukan backup tanpa rooting terlebih dahulu. Aplikasi sebesar 1,7 MB ini dapat Anda unduh di sini dan Anda juga dapat mengupgrade-nya ke versi pro dengan harga $5.

Copot SIM Card dan Memory External Anda

SIM card merupakan salah satu benda yang wajib Anda simpan meskipun Anda menjual handphone Android kesayangan Anda. Hal tersebut dikarenakan SIM card menyimpan berbagai hal penting yang bersifat pribadi seperti nomor kontak, pesan sms, bahkan hingga akun mobile banking.

Selain itu, memori eksternal atau SD Card juga wajib anda lepaskan dari handphone Anda karena sudah pasti berbagai data Anda tersimpan di sana. Maka jangan sekali-kali menjual handphone Android dengan SD Card didalamnya, karena lebih baik bagi Anda untuk menyimpannya.

Reset ke Setingan Pabrik

Hal terakhir dan hal yang paling penting sebelum menjual handphone Anda adalah melakukan reset ke setingan pabrik. Dengan melakukan reset ini, maka semua data pribadi termasuk seting aplikasi, password, dan riwayat pencarian akan dihapus dari handphone Anda. Caranya, Anda hanya tinggal menuju menu pengaturan dan pilihlah menu “factory reset.”

Setelah memilih opsi tersebut, handphone Android Anda akan melakukan restart. Setelah itu handphone Anda akan kembali kepada keadaan seperti ketika Anda pertama kali membelinya. Dengan begitu maka Anda dapat menjual handphone Android Anda tanpa harus cemas data pribadi Anda akan diambil orang lain. [GAN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel