Gantikan Windows Home Server Anda dengan Beberapa Aplikasi Mengagumkan Berikut Ini

9 Oct 2012 09:00 3392 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika Anda merasa letih dengan beberapa perubahan Windows yang tidak terlalu ramah, salah satunya dengan Windows Home Server maka kini Anda bisa menggantinya dengan beberapa aplikasi serupa yang mengagumkan.

Microsoft telah menerapkan perubahan besar akhir-akhir ini, dan tidak ada dari mereka yang bisa dibilang ramah dengan para pengguna barunya. Jika Anda merasa letih dengan beberapa perubahan Windows yang tidak terlalu ramah, salah satunya dengan Windows Home Server yang telah digantikan eksistensinya dengan Windows Server Essentials yang dibanderol dengan harga yang cukup tinggi yakni $450, maka kini Anda bisa mengganti Windows Home Server dengan beberapa aplikasi serupa yang lebih mengagumkan dibandingkan dengan Home Server bawaan Windows yang juga disediakan secara gratis. Berikut ulasannya.

Pertama, sebelum masuk ke pembahasan, mari kita ketahui apa keunggulan dari Home Server pada Windows Anda:

  • Backups, Home Server memiliki sistem otomatis untuk melakukan backup. Namun kemampuan backup ini masih diragukan kemampuannya apakah dapat mencapai tingkat yang sama dengan integrasi OS, namun setidaknya Home Server ini dapat melakukannya meskipun hampir mendekati.

  • Media Streaming dan file server.

Di atas merupakan fungsi utama yang bisa Anda temukan pada Home Server Windows, meskipun sebenarnya masih ada lagi fitur lainnya yang masih belum terungkap. Lalu apa saja aplikasi yang pantas untuk menggantikan posisi Home Server ini?

Backup

1. CrashPlan

CrashPlan adalah layanan penyimpanan berbasis cloud yang berbayar, tetapi mereka juga memiliki aplikasi lintas platform gratis untuk mengelola backup yang dapat digunakan untuk mengatur sistem backup remote pribadi. Pada dasarnya, Anda menginstal aplikasi dan mengalokasikan sebagian dari Drive lokal Anda, kemudian pada mesin yang terpisah, Anda menginstal aplikasi lagi, dan melakukan backup ke mesin yang pertama. Anda bisa menggunakan ini untuk mesin sendiri, atau Anda dapat membuat sebuah sistem dengan teman Anda, di mana Anda dapat melakukan backup satu sama lain. Anda bisa menggunakan CrashPlan ini di link ini.

2. Windows 7 Native System Imaging

Jika Anda berjalan pada Windows 7 kecuali Home Edition, sebenarnya Windows 7 sendiri memiliki fungsi imaging bawaan. Anda dapat menyimpan gambar-gambar pada Drive jaringan asalkan itu diformat dengan NTFS, maka Anda bisa menggunakan fungsi ini untuk mengembalikan mesin Anda yang rusak sepenuhnya. Meskipun ini tidak seperti sistem backup dan restore yang bisa diperoleh seperti yang terdapat pada Home Server, namun setidaknya sistem yang digunakan hampir mendekati.

Media Streaming

1. Plex

Plex merupakan salah satu aplikasi media streaming server terfavorit. Plex sendiri membawa beberapa fitur yang di antaranya:

  • Server aplikasi ini berjalan pada sistem Windows, Linux dan Mac. Ada beberapa versi untuk jaringan server berbasis ARM ReadyNAS.

  • Klien untuk Mac dan Windows bisa Anda dapatkan secara gratis, sementara untuk iOS dan Android Anda akan dikenakan biaya sebesar $5.

  • Plex bertindak sebagai server DLNA untuk perangkat Smart TV, Roku player, Xbox 360 dan PS3.

  • Server Plex memindai folder untuk file baru, ketika file baru tersebut ditemukan, Plex dengan segera mendongkak artwork dan meta-data lainnya dari sumber lainnya. Hal ini memiliki tingkat seakurasian hingga 95%, sehingga untuk sebagian besar waktu Anda dapat menyerahkan tugas yang memerlukan ketelitian tinggi ini kepada aplikasi ini.

  • Plex memiliki penampilan yang mengagumkan. Tampilan antarmuka pada Plex terlihat mengagumkan pada TV dengan resolusi 50 inch dan bekerja sangat baik dengan Apple Remote.

  • Plex juga memiliki komponen sosial/Online yang menarik untuk itu. Anda dapat menggunakan ini untuk kedua daftar video Anda yang Anda temukan di dalam web untuk Anda lihat nanti dan juga memungkinkan tema Anda untuk melihatnya juga. Anda bisa mendapatkan Plex melalui link ini.

2. Xbox Media Center (XBMC)

Awalnya diciptakan untuk Xbox, namun saat ini bisa digunakan untuk cross platform. XBMC adalah klien media jaringan yang mana jika dibandingkan dengan Plex yang memiliki server pusat untuk mengelola data Anda, XBMC berjalan secara lokal pada media center Anda dan membaca file dari remote source. Ini merupakan keuntungan untuk dapat menggunakannya berbarengan dengan filestore tua Anda. Mengapa harus memilih XBMC dibandingkan dengan Plex? Pada dasarnya aplikasi ini lebih hackable. Untuk membuatnya lebih sederhana Anda bisa melihat jika fans Apple menggunakan Plex, sedangkan para pengguna Linux menggunakan XBMC. Anda juga harus tahu bahwa Plex awalnya merupakan sebuah percabangan dari XBMC, sehingga mereka telah banyak berbagi. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel