Bagaimana Menjaga Keamanan Anak Anda dari Kejahatan Dunia Maya

3 Sep 2013 23:00 3767 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Internet dapat menjadi tempat yang tidak baik bagi anak Anda dan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk tetap menjaga keamanan anak Anda dari kejahatan dunia maya. Akan tetapi, dunia internet ini juga bisa menjadi sebuah hal yang sangat baik di mana anak-anak dapat membiarkan kreativitas dan imajinasi mereka berjalan dengan bebas. Nah agar terhindar dari sisi buruk dunia internet itu sendiri, ada beberapa cara untuk mencegah kejahatan dunia maya merusak kepribadian anak Anda.

Internet dapat menjadi tempat yang tidak baik bagi anak Anda dan Anda harus mengambil langkah-langkah untuk tetap menjaga keamanan anak Anda dari kejahatan dunia maya. Akan tetapi, dunia internet ini juga bisa menjadi sebuah hal yang sangat baik di mana anak-anak dapat membiarkan kreativitas dan imajinasi mereka berjalan dengan bebas. Nah agar terhindar dari sisi buruk dunia internet itu sendiri, ada beberapa cara untuk mencegah kejahatan dunia maya merusak kepribadian anak Anda.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan agar anak Anda terhindar dari kejahatan dunia maya yang tidak bertanggung jawab adalah dengan memerikan arahan yang baik kepada anak Anda mengenai penggunaan dunia maya itu sendiri. Dengan pengarahan yang baik kepada anak, itu adalah langkah awal yang tepat. Selain itu juga ada beberapa langkah lain untuk menjaga keselamatan anak Anda ketika berselancar di dunia maya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan dalam menjauhkan anak – anak Anda dari kejahatan dunia maya.

Mengaktifkan Google SafeSearch

Mungkin sebagian dari Anda sudah mengetahui, Google telah menggabungkan SafeSearch ke situsnya dengan menyaring hasil pencarian yang dilakukan. Awalnya fitur ini cukup melegakan para orang tua, namun nyatanya fitur ini masih dapat dinonaktifkan hanya dengan memasukin ikon gear dan melakukan perubahan di dalam filter safeseacrh. Namun, fitur ini masih dapat diandalkan oleh para orang tua karena fitur ini dapat menahan dan menyaring web – web yang tidak mendidik.

Mode Perlindungan YouTube: Safety Mode

Tidak hanya pada web browser saja, pada YouTube juga Anda dapat melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakukan pada web browser Google. Fitur video YouTube yang tidak mendidik dapat diaktifkan dan dinonaktifkan. Hal ini untuk mencegah video tertentu yang muncul ketika Anda melakukan sebuah pencarian video. Tentunya dengan menyaring video, anak – anak Anda dapat mencari video apapun tanpa melihat hal – hal yang tida seronok dan berbau pornografi.

Aktifkan Yahoo SafeSearch

Yahoo juga sebenarnya memiliki modus SafeSearch. Namun, Anda harus beberapa langkah untuk merubah pengaturannya. Langkah yang perlu Anda lakukan tidaklah begitu sulit juga, Anda mungkin hanya perlu log-in. Nah, untuk melakukan perubahan tersebut, Anda sebagai pengguna Yahoo hanya perlu pergi ke Preferensi Pencarian. Setelah memilih, Anda dapat melihat opsi ini:

  • Menyaring Web dewasa, video, dan hasil pencarian gambar - SafeSearch On
  • Menyaring video dewasa dan hanya hasil pencarian gambar saja - SafeSearch On
  • Jangan menyaring hasil (hasil mungkin berisi konten dewasa) - SafeSearch Off

Yahoo SafeSearch juga memungkinkan Anda untuk mengaktifkan fitur kunci, sehingga bisa sangat mudah untuk menjaga anak-anak Anda dari hal-hal jahat yang ada di dunia maya. Anda juga dapat melihat beberapa tips keselamatan lainnya pada halaman yahoo ini.

 

Baca juga :

               Ironi Cyberbullying, Membuli Lewat Dunia Maya

               Industri laptop/Komputer Di Ambang Kehancuran?

 

Bingsafe

Nah, bagi Anda yang kurang memahami dengan baik mengenai penggunaan Bing, ada cara untuk menjaga anak-anak Anda dari hal-hal buruk di web (seperti Bing, misalnya). Yang perlu Anda lakukan adalah masuk ke Preferences Bing, dan Anda dapat menetapkan pengaturan pencarian Anda ke Off, Secara Ketat, atau Sedang. Selain itu, Anda juga dapat mengunci beberapa situs agar tidak dapat dibuka menggunakan akun Anda sendiri.

Baca Lebih Banyak Informasi Mengenai Keselamatan Microsoft Dan Pusat Keamanan

Seperti layanan lain, Bing juga menawarkan Keselamatan dan Pusat Keamanan di mana Anda dan keluarga Anda bisa browsing dengan sangat aman tanpa harus takut akan hal – hal yang tidak baik.

Kesimpulan

Kejahatan dunia maya harus kita hadapi bersama. Anak-anak selalu akan menemukan cara untuk masuk ke hal – hal yang baru dan membuatnya penasaran. Namun, itu bukan berarti kita tidak bisa melindungi mereka dalam mengeksplorasi rasa penasaran mereka. Anda dapat menemukan cara-cara yang inovatif untuk mengajar anak-anak Anda tentang cybersafety. Untuk saat ini, banyak hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga anak – anak kita terajauh dari hal – hal yang tidak baik. Akan tetapi, kejahatan itu tidak pernah tidur. Oleh karena itu kita harus bisa lebih siaga setiap saat demi menjaga buah hati kita terhindar dari kejahatan yang semakin tidak bermoral saja.[NRZ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel