Cara Pencarian di Google dengan Menggunakan Teknik Penulisan Tangan

2 Aug 2012 13:00 4508 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Google memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan pencarian dengan teknik *handwriting* atau penulisan tangan dibandingkan menggunakan keyboard virtual yang terdapat di layar. Pengguna perangkat iOS dan perangkat bersistem operasi Android baik smartphone atau tablet dapat memanfaatkan fitur terbaru ini.

Mesin pencari Google telah menjadi salah satu kebutuhan utama manusia dalam hal proses pencarian informasi. Keberadaannya menjadi sangat vital ketika arus informasi begitu masif dan cepat dikonsumsi. Proses pencarian menggunakan mesin pencarian memang bukanlah hal yang dianggap sulit. Namun, dengan serangkaian kata kunci seorang pengguna harus benar-benar mengetahui apa yang hendak mereka cari. Pengetikkan menggunakan keyboard virtual pada perangkat mobile saat ini bukanlah hal yang tak lazim lagi. Rata-rata pengguna smartphone ataupun tablet akan terbiasa menggunakan keyboard tersebut. Namun berkat inovasi yang dilakukan raksasa mesin pencari ini, cara pencarian di Google saat ini dapat diakses dengan cara baru.

Google memberikan kesempatan kepada Anda untuk melakukan pencarian dengan teknik handwriting atau penulisan tangan dibandingkan menggunakan keyboard virtual yang terdapat di layar. Pengguna perangkat iOS dan perangkat bersistem operasi Android baik smartphone atau tablet dapat memanfaatkan fitur terbaru ini. Fitur ini memang terlihat tidak terlalu efektif digunakan karena untuk beberapa layar smartphone tentunya diperlukan ukuran huruf yang lebih kecil untuk ditulis. Namun menilik beberapa keluhan yang sering tersampaikan karena kurang efektifnya keyboard virtual sering mengakibatkan kesalahan penekanan tombol. Oleh sebab itu cara pencarian di Google dengan teknik penulisan tangan ini dapat menjadi opsi menarik dan menyenangkan untuk dicoba.

Untuk mempergunakan fitur ini, Anda harus masuk terlebih dahulu ke dalam situs Google.com menggunakan mobile browser. Di dalamnya temukan link Setting yang terdapat di bagian bawah browser, kemudian carilah opsi bertuliskan Handwrite. Opsi itu berada di posisi ke tiga dari bagian atas. Centang Enable untuk mengaktifkannya. Fitur ini telah diatur secara default agar Anda dapat mempergunakannya di saat membutuhkan bantuan fitur handwrite ini saja. Setelah itu, save seluruh perubahan pengaturan yang telah dilakukan. Namun, jika Anda lupa untuk menyimpannya, browser akan secara otomatis menyimpanya setelah Anda menekan tombol Back.

Setelah proses pengaturan selesai, Anda telah dapat memanfaatkannya untuk melakukan proses pencarian dengan cara penulisan tangan. Yang Anda perlu lakukan adalah mencari kata dari objek yang hendak dicari, letakkan jari di atas layar sentuh smartphone atau tablet, dan mulai menuliskannya. Fitur ini secara otomatis melakukan pencarian dan menampilkan hasilnya dalam kotak pencarian secara otomatis. Oleh sebab itu Anda tidak perlu mengisi dengan huruf-huruf yang disesuaikan dengan kota pencarian. Di dalamnya telah tersedia bar khusus yang akan muncul pada bagian bawah layar saat Anda hendak menulis. Bar tersebut memungkinkan Anda untuk memasukkan ruang penulisan, penghapusan kata, atau menghidupkan serta mematikan fitur penulisan tangan. Anda dapat menggunakannya dalam 27 bahasa. Maka fitur ini dapat berfungsi untuk berbagai orang di beragam negara.

Proses pengenalan setiap kata kunci berlangsung dengan cepat dan akurat. Kemampuannya cukup sebanding dengan aplikasi pencarian lainnya. Anda tak perlu khawatir jika pada kenyataanya tulisan Anda tidaklah terlalu rapih. Cara pencarian di Google ini telah didesain untuk mengenal banyak kata. Dengan menerapkan teknik penulisan konvensional ke dalam mobile browser, Anda dapat menghemat cukup banyak waktu untuk melakukan pencarian dengan cepat. Dengan kecanggihan yang didapatkan sekaligus dalam satu perangkat, tentunya kemampuan perangkat mobile saat ini memiliki fungsi yang mumpuni. Sekarang Anda dapat mengetik, memberikan perintah suara, bahwa melakukan pencarian informasi dengan teknik punulisan tangan. [MS]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel