Asus Tablet 600 - Tablet PC Asus Terbaru yang Menggunakan Windows RT

16 Jul 2012 12:00 6431 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Peperangan antar tablet tampaknya sudah mulai gencar. Setelah Acer memperkenalkan dua seri tablet berbasis Windows 8, kini giliran Asus menawarkan tablet terbaru mereka.

Peperangan antar tablet tampaknya sudah mulai gencar. Setelah Acer memperkenalkan dua seri tablet berbasis Windows 8, kini giliran Asus menawarkan tablet terbaru mereka. Di ajang Computex 2012 bulan lalu, Asus memamerkan sebuah tablet yang akan berjalan dengan Windows 8 versi RT. Asus tidak menggunakan Windows 8 pada tablet terbarunya ini karena Windows 8 hanya dapat berjalan pada prosesor-prosesor milik Intel, seperti Intel Atom dan Ivy Bridge. Sementara itu, untuk perangkat yang berbasis chip ARM, Microsoft sudah menyiapkan Windows 8 versi RT atau yang biasa disebut Windows RT.

Tablet PC Asus yang diberi kode nama Asus Tablet 600 ini diklaim sebagai perangkat pertama yang menggunakan Windows RT yang dibekali dengan chip ARM dengan dukungan prosesor quad-core NVIDIA Tegra 3. Meskipun belum ada vendor lain yang mengumumkan mesin RT sejauh ini, Nvidia mengatakan Windows RT ini memiliki Tegra 3 system-on-chip yang akan memberikan kekuatan setiap kali dijalankan, dan perusahaan mengharapkan sistem operasi yang bertenaga ARM yang dibuat akan tersedia pada saat yang sama dengan Windows 8.

Nvidia ingin menekankan pada keadaan awal Tablet 600, tapi tampaknya tablet ini sudah cukup siap untuk tampil dihadapan kita semua. Asus Tablet 600 ini adalah perangkat yang atraktif baik sendiri ataupun ketika dipasangkan dock keyboard. Perangkat ini terbuat dari plastik, tetapi tidak terasa cukup untuk sebagai sebuah perangkat premium seperti Transformer Prime atau varian Zenbook. Meski demikian tampaknya tablet ini tetap dibangun dengan konstruksi yang baik.

Dari segi desain, Asus Tablet 600 memiliki rancangan yang tidak jauh berbeda dari tablet PC Asus sebelumnya, Transformer Series. Keduanya dilengkapi dengan sebuah keyboard dock yang dapat Anda pasang dan lepas dengan mudah. Saat dock keyboard dock dipasang, perangkat ini akan terlihat seperti sebuah notebook. Pada dock keyboard tersebut ternyata juga terpasang baterai sebagai sumber tenaganya. Untuk layarnya, Asus Tablet 600 memiliki layar IPS 10.1 inci 600 nit dengan resolusi 1366 x 768. Dan tentu saja layar sentuh yang memungkinkan Anda menikmati Metro user interface dari Microsoft yang ditawarkan.

Tablet terbaru dari Asus ini juga dilengkapi dengan GPU dengan 12-core dan RAM 2GB, ditambah lagi dengan teknologi Asus SonicMaster yang diklaim akan memberikan pengalaman multimedia yang luar biasa. Anda juga akan mendapatkan koneksi WiFi dan Bluetooth 4.0, bersama dengan sebuah kompas digital dan NFC. Dengan sebuah kamera 2MP di bagian depan dan kamera belakang dengan resolusi 8MP yang juga dilengkapi dengan LED flash dan fitur autofocus.

Tablet 600 ini berjalan dengan Release Preview Windows RT, yang jelas belu tersedia untuk publik sebagai rekan x86nya. Secara keseluruhan Tegra 3 tampaknya bersaing dengan tuntutan preview sistem operasi yang saat ini cukup mengagumkan. Menggulung halaman sebuah Web dengan cepat dan responsif, meskipun tidak semulus yang dilakukan perangkat iOS terbaru. Tablet Asus terbaru ini kelihatannya akan mengungguli iOS dalam hal multitasking di beberapa area. Bagaimanapun dengan kemampuan yang sama dengan Windows 8 untuk menjalankan aplikasi Metro pada bagian kecil yang ada di layar, misalnya Anda bisa memiliki kolom kecil dari pesan email atau tweets di bagian samping dengan sisa layar yang dikhususkan untuk jendela browser Anda. Secara keseluruhan, tablet Windows RT tidak terlihat akan ada banyak alasan untuk mengharapkan kesetaraan dengan perangkat x86.

Pertanyaan tentang potensi keterbatasan untuk lingkungan desktop tetap menjadi pertanyaan yang belum banyak terjawab. Masih belum jelas apakah browser Metro akan dikirim dengan dukungan Flash di Windows RT, misalnya. Perangkat seperti Asus Tablet 600 ini diharapkan dapat mencapai kinerja yang jauh lebih besar dan lebih efisien dibanding mesin dengan tenaga Atom seperti Asus Tablet 810. Menurut pihak Nvidia, Windows RT juga berpeluang menjadi platform gaming yang solid. Tenaga Tegra 3 pada tablet akan dapat mengakses optimasi aplikasi secara langsung untuk sistem chip di daerah Tegra Zone dari Windows Marketplace. Hal ini mirip dengan usaha Nvidia yang dibuat di Android.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada informasi harga untuk Asus Tablet 600 dan juga kehadiran tablet ini di Indonesia. [RK]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel