Review Spesifikasi iPad 2: Kelebihan dan Kekurangan

29 Jun 2012 09:00 50836 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk melanjutkan sekuel kesuksesan Apple iPad pertama, Apple kembali menggulirkan Apple iPad 2 yang konon terdapat perubahan pada spesifikasi iPad 2 ini. Untuk mengetahui apa saja perubahan pada spesifikasi iPad 2 ini, Anda bisa mengikuti ulasan Paseban di bawah ini.

Apple iPad 2 merupakan generasi penerus dari Apple iPad generasi pertama yang telah menjadi suksesor dari tablet produksi raksasa Apple ini. Untuk melanjutkan sekuel kesuksesan Apple iPad pertama, Apple kembali menggulirkan Apple iPad 2 yang konon terdapat perubahan pada spesifikasi iPad 2 ini. Untuk mengetahui apa saja perubahan pada spesifikasi iPad 2 ini, Anda bisa mengikuti ulasan Paseban di bawah ini.

Desain dan konstruksi

Pabrikan Apple tetap menggunakan tubuh alumunium kepada iPad 2 ini dan sudut yang meruncing di setiap sudutnya yang telah menjadi ciri khas dari Apple iPad 1 ini juga masih disematkan pada iPad 2 ini. Pembungkus logam pada iPad 2 ini menjadikan tablet ini terlihat lebih premium terutama dengan ketebalan iPad 2 yang hanya sebesar 8,8 mm. Ketebalan yang tipis dan berat yang ringan membuat iPad 2 ini terlihat lebih nyaman untuk digunakan dan digenggam.

Jika iPad pada generasi pertama lebih terlihat seperti iPhone 4, iPad 2 mengambil langkah sebaliknya, iPad 2 mengusung bodi dari iPhone 3GS dan iPod Touch yang dimana memiliki lengkungan di belakangnya. Dan Anda akan merasakan perbedaan dari iPad 2 ini dengan iPad 1 ketika sedang berada pada genggaman Anda. Untuk dimensinya sendiri, Apple iPad 2 ini memiliki dimensi sebesar 241.2 x 185.7 x 8.8 mm dan memiliki berat sebesar 607 gram. Dengan ketebalan yang tipis dan total berat yang ringan, merupakan kelebihan iPad 2 dibandingkan dengan iPad generasi pertama.

Layar yang Lebih Baik

Untuk layarnya sendiri, iPad 2 memiliki layar yang lebih baik dibandingkan saudara pertamanya yang merintis keluarga Apple iPad di kancah pasar tablet global. Layar pada iPad 2 sendiri memiliki ukuran dan resolusi yang sama dengan Apple iPad generasi pertama, yakni layar sentuh kapasitif LED-backlist IPS TFT yang mampu menampilkan 16 juta macam warna pada layar seluas 9.7 inci dengan resolusi 768 x 1024 piksel dan memiliki kerapatan piksel sebesar 132 ppi. Layar pada iPad 2 sendiri telah mendukung fitur Multitouch dan dilindungi dengan material Scratch-resistant glass, oleophobic coating.

iPad 2

Ada beberapa perbaikan pada layar iPad generasi kedua ini, sudut pandang layar yang lebih baik dan kehilangan kontras pada sudut pandang tertentu pun jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan iPad generasi pertama. Meskipun masih bisa digunakan secara jelas di bawah pancaran sinar matahari, namun layar iPad 2 ini masih akan menyisakan sisa sidik jari kita ketika kita menggunakannya. Dan kelemahan dari layar iPad 2 ini adalah tidak cocok untuk penggunaan di luar rumah.

Performa Cepat Menjadi Keunggulan

Untuk sistem operasinya sendiri, iPad 2 menggunakan sistem operasi iOS 4 yang bisa Anda upgrade menuju ke iOS 5.1. Dipersenjatai dengan chipset Apple 5 dan prosesor Dual-core 1 GHz Cortex-A9, iPad 2 ini tidak memiliki hambatan yang berarti ketika sedang mengeksekusi jalannya program dan dikenal sangat cepat dan 50% lebih cepat dibandingkan dengan iPad generasi pertama. Untuk tampilan grafisnya yang tajam, Apple iPad 2 ini mengandalkan prosesor grafis PowerVR SGX543MP2. Yang dikenal handal untuk mengendalikan tampilan 3D pada iPad 2 Anda.

Untuk urusan browsingnya, Apple iPad ini mengandalkan browser bawaan yang dimana memberikan pengalaman yang cepat dalam menjelajah dunia maya, dengan loading halaman yang cepat, serta fluid touch control dan gesture support. Dukungan untuk membuka banyak tab dan otomatis mengisi password dengan menggunakan fitur password manager juga meningkatkan performa dari Safari dan Anda akan pengalaman browsing seperti menggunakan komputer desktop. Belum lagi Anda juga akan dimanjakan dengan dukungan HTML5 yang mumpuni untuk membuka tampilan halaman web yang menggunakan fitur HTML5. Anda juga bisa menggunakan jaringan Wi-Fi pada tablet Anda, karena iPad 2 sendiri telah ditanami dengan built-in antena Wi-Fi di dalamnya.

Kamera, Tidak Ada yang Spesial

Tak lupa sarana fotografi disematkan pada tablet ini. iPad 2 memasok kamera berkekuatan 0.7 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 960x720 piksel. Selain mendapatkan kamera yang sangat simpel, fitur kamera ini pun tidak dilengkapi dengan pengaturan autofocus yang dapat menjadikan hasil tangkapan gambar Anda menjadi lebih baik. Namun kamera pada iPad 2 ini pun memiliki bar untuk digital zoom, namun untuk rekomendasi, kami sarankan untuk menjauhi fitur satu ini jika Anda tidak menginginkan hasil tangkapan yang sangat buruk.

Untuk daya rekam videonya sendiri, iPad 2 mumpuni untuk merekam video dengan resolusi 720p pada 30fps, namun Anda hanya akan mendapatkan gambar sebesar 960x720 piksel sama seperti pada kemampuan menangkap gambarnya. Kamera pada iPad 2 ini masih kalah tangguh dibandingkan kamera dari tablet Android lainnya bahkan tablet lokal sekalipun. Untuk kamera depannya sendiri, Apple iPad 2 memasok kamera sekunder dengan kekuatan sebesar VGA untuk memfasilitasi Anda dalam komunikasi via facetime. Meskipun kamera bukan merupakan fitur utama dalam tablet, namun semestinya pabrikan raksasa Apple tidak ceroboh untuk memasangkan fitur kamera pada produk unggulannya ini.

Kesimpulan

Langkah Apple untuk melanjutkan kisah sukses iPad-nya bisa terlihat dengan meluncurkan generasi berikutnya dari Apple iPad pertama. Namun banyak pesaing di luar sana yang siap untuk menjegal langkah Apple iPad di kancah persaingan tablet di pasar global, terutama dari Android. Datang dengan harga yang cukup tinggi, Anda akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dibandingkan dengan saudaranya yang telah terjun dahulu di pasar penjualan tablet global. Diantara keunggulannya tersebut, masih terdapat kekurangan yang tidak bisa ditutupi oleh Apple, salah satunya adalah kekuatan kamera yang terhitung masih jauh di atas rata-rata. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel