Adu Kuat Dua Tablet Papan Atas - The New iPad vs. Samsung Galaxy Note 10.1

27 Jun 2012 12:00 9191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Pada rubrik kali ini, Paseban tertarik untuk melakukan komparasi antara The New iPad dan Samsung Galaxy Note 10.1 yang juga merupakan produksi Samsung terbaru untuk menyaingi iPad, manakala kedua vendor yang selalu bersaing secara panas ini yang mampu membawa produknya lebih unggul?

Pasar penjualan tablet memang sedang menikmati kejayaannya saat ini. Dimulai dengan kemunculan iPad, kemudian The New iPad lalu kemudian banyak tablet lainnya yang menyusul, salah satunya adalah tablet Android. Samsung sebagai pembawa Android dan tablet Galaxy Tab-nya selalu menempel iPad sebagai pesaing ketatnya.

Pada rubrik kali ini, Paseban tertarik untuk melakukan komparasi antara The New iPad dan Samsung Galaxy Note 10.1 yang juga merupakan produksi Samsung terbaru untuk menyaingi iPad, manakala kedua vendor yang selalu bersaing secara panas ini yang mampu membawa produknya lebih unggul?

Desain dan Dimensi

Jika ditilik dari segi desain, kedua tablet ini memiliki desain yang sangat jauh berbeda. Meskipun iPad dan Note sama-sama mengusung form factor candybar namun keduanya memiliki ukuran yang berbeda jauh. iPad memilih untuk membawa ukuran desain yang lebih luas dibandingkan dengan Galaxy Note 10.1. Jika ditilik dari desain yang tidak sama dalam ukuran lebarnya, maka dimensi kedua tablet ini pun jelas jauh berbeda.

iPad sendiri memiliki desain sebesar 241.2 x 185.7 x 9.4 mm dan memiliki berat sebesar 652 gram, sedangkan Note 10.1 mengusung dimensi sebesar 241.2 x 185.7 x 9.4 mm dan memiliki berat sebesar 583 gram. Meskipun memiliki selisih yang tidak terlampau jauh, namun perbandingan dimensi dari kedua tablet ini sangat terlihat mencolok. iPad lebih mendominasi dibandingkan dengan Note 10.1.

Layar

Sama-sama mengusung teknologi layar sentuh, kedua tablet ini sama-sama mengandalkan teknologi layar dari masing-masing pabrikannya. iPad membawa layar sentuh kapasitif yang memiliki jenis LED-backlit IPS TFT yang dimana layar pada iPad ini mampu menyuguhkan 16 juta warna dengan resolusi 1536 x 2048 piksel pada layar sebesar 9.7 inci dan memiliki kerapatan piksel sebesar 264 ppi. Layar iPad sendiri pun telah didukung oleh teknologi Multitouch yang mampu diajak untuk memainkan game pada layar Anda.

Untuk segi keamanan layar, tablet produksi Apple ini telah dilapisi material Scratch-resistant glass, oleophobic coating yang mampu melindungi layar tablet Anda dari goresan yang tidak Anda inginkan. Sedangkan pada Note 10.1 sendiri, membawa layar sentuh kapasitif berjenis PLS TFT yang juga mampu membawakan 16 juta macam pendar warna pada layarnya dengan resolusi sebesar 800 x 1280 piksel pada layar sebesar 10.1 inci yang sesuai dengan embel-embel yang tertera di belakang namanya.

‘Untuk ketajaman grafis sendiri, Note 10.1 memiliki kerapatan piksel sebesar 149 ppi dan juga telah mendukung teknologi Multitouch. Namun sayang, layar pada Note 10.1 ini tidak dilapisi oleh material pelindung layar yang mampu melindungi layar Anda dari goresan yang tidak diinginkan. Untuk urusan layar ini, iPad diakui lebih unggul dibandingkan dengan pesaingnya dari Samsung, dan didukung dengan teknologi Retina Display yang mampu menampilkan grafis yang lebih tajam dibandingkan dengan seri iPad yang lalu.

Performa

Perbedaan lain terletak pada OS yang diusung masing-masing tablet. Jika iPad membawa iOS 5.1 yang merupakan OS terbaru dari pihak Apple yang dimana juga didukung oleh dapur pacu Chipset Apple A5X dan disokong pula oleh prosesor Dual-core 1 GHz Cortex A-9 yang dibantu oleh RAM sebesar 1 GB yang dimana berarti bahwa segala aplikasi yang dijalankan oleh iPad ini dapat dijalankan secara lancar. Dan untuk urusan grafis, iPad sendiri menanamkan GPU PowerVR SGX543MP4 (quad-core graphics) yang dimana juga mendukung tampilan memukau dari Retina Display.

Untuk Note 10.1 sendiri membawakan sistem operasi dari Android v4.0.3 Ice Cream Sandwich yang didukung oleh Chipset Exynos dan prosesor Dual-core 1.4 GHz ARM Cortex-A9 yang juga sama-sama dibantu oleh RAM berkekuatan 1 GB yang mampu menjalankan segala aktivitas di dalam tablet dengan lancar. Untuk urusan tampilan grafis pada layarnya, Note 10.1 menanamkan prosesor grafis Mali-400MP.

Untuk urusan performa, iPad mau tidak mau harus mengalah pada Note 10.1 yang memiliki kekuatan prosesor sedikit lebih di depan dibandingkan dengan miliknya. Meskipun sama-sama Dual-core, namun perbedaan clock speed dengan angka yang tipis pun mampu memberikan pengaruh terhadap performa dari kinerja tablet itu sendiri.

Kamera

Sama-sama dibekali kemampuan untuk fotografi, masing-masing tablet pun memasok kamera unggulannya yang tertanam pada tubuhnya. iPad mengandalkan kamera sebesar 5 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 2592 x 1944 piksel dan dilengkapi dengan fitur autofokus. Untuk fitur kameranya sendiri, Apple iPad dilengkapi dengan fitur yang diantaranya touch focus, geo-tagging, dan face detection. Untuk daya rekam videonya sendiri, kamera pada iPad ini mampu merekam video dengan kekuatan 1080p@30fps yang juga dilengkapi dengan fitur video stabilization.

Untuk fasilitas facetime Anda difasilitasi dengan kamera sekunder yang memiliki resolusi VGA 480@30fps dan video call bisa Anda lakukan hanya menggunakan sinyal WiFi saja. Sementara itu pada kubu Samsung hanya mengandalkan kamera sebesar 3.15 MP yang mampu mengabadikan momen penting Anda dalam resolusi 2048x1536 piksel yang dilengkapi dengan autofokus dan lampu flash LED. Kamera Note 10.1 sendiri hanya memiliki fitur Geo-tagging. Sementara untuk kemampuan daya rekam videonya, kamera pada Note 10.1 ini mumpuni untuk merekam hingga 1080p@30fps. Untuk kamera sekundernya sendiri, kamera yang ditanamkan pada Note ini berukuran 2 MP, yang memiliki selisih 1 MP dengan kamera utamanya.

Untuk urusan kamera, kamera iPad lebih unggul dibandingkan dengan kamera Note 10.1, begitu pula dengan fitur yang ditanamkannya. Namun untuk kamera depan, iPad harus mengalah dengan Samsung yang memiliki resolusi kamera sekunder yang lebih besar dibandingkan dengan kamera sekundernya.

Baterai dan Memori

Sektor daya tahan merupakan sektor yang paling penting diantara fitur yang lain. Untuk sektor daya tahan yang dimiliki iPad, Apple mempercayakannya kepada baterai Li-Po 11,560 mAh yang mampu membawa iPad bertahan hingga 720 jam dalam posisi stand by dan 10 jam untuk penggunaannya dalam berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, iPad menyediakan tiga alternatif penyimpanan menggunakan memori internal yang diantaranya 16, 32 dan 64 GB.

Untuk Note 10.1 sendiri mengusung baterai Li-Ion 7000 mAh. Untuk daya simpannya sendiri, vendor Samsung juga menawarkan tiga macam memori internal yang diantaranya 16, 32 dan 64 GB yang tentunya masih bisa Anda ekspansi menggunakan microSD hingga 32 GB.

Kesimpulan

Kedua tablet tangguh ini memiliki keunggulan dan kelemahan pada titik-titik tertentu. Perbedaan dari tablet ini tidak hanya terdapat hanya pada fitur yang dibawa oleh tablet ini, namun juga sistem operasi dari kedua tablet ini jelas-jelas berbeda. Untuk meminang salah satu diantara keduanya, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan minat Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel