Adu Ponsel Slide Antara Handphone Nokia X5 vs. Samsung Wave 533

15 Jun 2012 08:30 4531 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel yang menyasar pasar mid end masih menjadi daya tarik para konsumen di tanah air yang menginginkan ponsel dengan fitur berlimpah namun dengan harga yang terjangkau. Ponsel dengan kelas menengah bisa kita banyak temui pada pasar penjualan ponsel di tanah air, namun Paseban memberikan rekomendasi dua ponsel yang masuk ...

Ponsel yang menyasar pasar mid end masih menjadi daya tarik para konsumen di tanah air yang menginginkan ponsel dengan fitur berlimpah namun dengan harga yang terjangkau. Ponsel dengan kelas menengah bisa kita banyak temui pada pasar penjualan ponsel di tanah air, namun Paseban memberikan rekomendasi dua ponsel yang masuk kategori mid end yang bisa Anda dapatkan dan masih layak untuk dipertimbangkan, yakni handphone Nokia X5 dan Samsung Wave 533. Meskipun kedua ponsel ini sudah tidak tergolong baru lagi berada di pasaran, namun peminat ponsel ini masih tinggi. Untuk mengetahui performa dari kedua ponsel ini, Paseban akan melakukan perbandingan secara langsung antara handphone Nokia X5 dengan Samsung Wave 533. Berikut ulasan Paseban tentang perbandingan kedua ponsel ini.

Dimensi

Kedua ponsel ini jika disandingkan terlihat jelas memiliki perbedaan yang mencolok dari segi desain, namun keduanya menganut konsep desain yang sama, yakni sama-sama mengusung desain QWERTY slider, namun perbedaannya terletak pada penggunaan papan QWERTYnya. Jika X5 harus menggeser ponsel ke atas terlebih dahulu untuk menggunakan keypad, maka Wave harus menggeser ke samping untuk menggunakan keypad slider. Tidak hanya perbedaan desain saja yang terlihat secara signifikan, namun dimensi dari kedua ponsel ini pun terlihat berbeda. X5 memiliki dimensi sebesar 74.3 x 66.4 x 16.9 mm dan memiliki berat sebesar 129 gram. Sedangkan untuk Wave sendiri memiliki dimensi sebesar 109.5 x 55 x 15.2 mm dan memiliki 118 gram. Untuk bahan yang digunakan pun kedua ponsel ini menganut bahan yang berbeda. Nokia X5 memilih material yang terdiri dari kolaborasi antara metal dan plastik yang berkualitas sedangkan Wave memilih untuk menggunakan bahan plastik yang terlihat lebih ringkih dibandingkan dengan pesaingnya.

Layar

Kedua ponsel ini kompak untuk menggunakan layar TFT LCD berkedalaman 256 ribu warna. Meskipun ada persamaan, namun bukan berarti tidak ada perbedaan, perbedaan justru terlihat pada ukuran. Layar yang diusung oleh Nokia X5 memiliki ukuran 320 x 240 pixels pada layar 2.36 inchi dan memiliki kerapatan piksel sebesar 169 ppi. Sedangkan untuk Wave sendiri, memiliki resolusi 240 x 400 pixels pada layar sebesar 3.2 inchi dan memiliki kerapatan piksel sebesar 146 ppi. Selisih layar dari kedua ponsel ini hanya terpaut 1 inchi saja. Untuk tampilan jendela homescreen masing-masing ponsel mengandalkan teknologi dari masing-masing vendor. Nokia mengandalkan tampilan Active Standby Homescreen sedangkan Samsung masih bertahan menggunakan TouchWiz yang tampilannya mirip dengan tampilan ponsel Android Samsung.

Performa

Untuk sistem operasi, keduanya mengandalkan sistem operasi yang ditanamkan pada masing-masing ponsel. X5 mengandalkan sistem operasi Symbian OS 9.3, Series 60 v3.2 UI yang dilengkapi dengan prosesor 600 MHz ARM 11 untuk melancarkan jalannya aplikasi pada ponsel Anda. Sementara itu, Samsung hanya mengandalkan OS Bada untuk mengisi produk Wavenya tanpa ditemani dapur pacu yang memadai. Untuk kepentingan berselancar di dunia maya, Nokia X5 tidak memiliki keistemewaan pada browser bawaannya, hal ini berbeda dengan Samsung yang menanami ponselnya dengan browser Dolphin 2.0 yang merupakan salah satu browser bawaan yang memiliki fitur atraktif, seperti multitouch zooming dan multi-windows browsing yang memberikan pengalaman berbeda dalam melakukan browsing.

Kamera

Pada sektor fotografi, masing-masing ponsel memiliki kamera yang sama-sama diunggulkan. Nokia X5 memiliki kamera sebesar 5 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi sebesar 2592 x 1944 pixels yang dilengkapi dengan lampu flash. Untuk daya rekam videonya, X5 mampu menangkap video dengan resolusi VGA@15fps. Untuk Samsung sendiri menanamkan kamera sebesar 3.15 MP yang mumpuni untuk menangkap gambar sebesar 2048 x 1536 pixels yang dilengkapi dengan pengaturan standar kamera Geo-tagging. Daya rekam kamera ini sama seperti daya rekam yang dimiliki oleh Nokia X5 dan juga kedua ponsel ini sama-sama absen dari hadirnya kamera depan untuk media melakukan panggilan video.

Baterai dan Memori

Untuk urusan daya tahan, masing-masing ponsel memiliki baterai diunggulkan. Nokia X5 mengandalkan baterai Li-Ion 950 mAh yang mampu bertahan selama 384 jam untuk posisi stand-by dan 3 jam 30 menit untuk penggunaan berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, Nokia X5 telah ditanami oleh memori internal sebesar 200 MB yang bisa Anda ekspansi hingga 32 GB menggunakan microSD. Untuk Samsung sendiri, pada sektor daya tahan mengandalkan baterai Li-Ion 1200 mAh yang bisa bertahan hingga 1090 jam pada saat posisi stand-by dan 14 jam dalam penggunaannya untuk berbicara. Untuk daya simpannya sendiri, Samsung telah dianugerahi dengan memori internal sebesar 100 MB yang bisa Anda lebarkan menjadi 16 GB menggunakan microSD.

Kesimpulan

Dari perbandingan kedua ponsel di atas, bisa kita dapatkan kesimpulan bahwa kedua ponsel ini memiliki keunggulan dan kekurangan pada masing-masing sektor. Nokia yang tetap menawarkan sistem operasi Symbian yang telah dibawanya sejak ponsel pintarnya yang pertama yang juga sudah pasti bisa ditebak bahwa fitur yang dibawanya masih standar dan bisa dikatakan masuk porsi membosankan. Berbeda dengan Samsung yang hadir membawakan sistem operasi Bada yang tampilannya mirip dengan tampilan dari Android yang tentunya memberikan Anda pengalaman yang berbeda dibandingkan dengan Symbian.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel