Galaxy Note N7000 vs Tablet Lokal IMO Memo W6800

14 Jun 2012 14:00 12179 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meskipun fungsi dasar telepon masih belum bisa tergantikan, namun preferensi masyarakat masa kini telah berbeda. Kebutuhan gadget lengkap dengan segudang fitur lebih dibutuhkan. Hal ini lah yang menyebabkan Android laris manis, sebenarnya bukan hanya sistem operasi Android namun juga pada sistem operasi lainnya seperti ...

Meskipun fungsi dasar telepon masih belum bisa tergantikan, namun preferensi masyarakat masa kini telah berbeda. Kebutuhan gadget lengkap dengan segudang fitur lebih dibutuhkan. Hal ini lah yang menyebabkan Android laris manis, sebenarnya bukan hanya sistem operasi Android namun juga pada sistem operasi lainnya seperti Windows Phone, Blackberry OS dan Apple iOS. kehadiran berbagai OS tersebut memiliki segudang fitur yang dicari oleh para konsumen, fitur-fitur favorit seperti push email, browsing HTML dan tentunya kemampuan mengeksekusi aplikasi office. Dengan kebutuhan seperti itu, beberapa vendor kini menghadirkan tablet guna memfasilitasi keinginan berlebih konsumen. Pasalnya, tablet memiliki spesifikasi yang lebih mumpuni ketimbang ponsel biasa, secara kasat mata kita dapat melihat bahwa tablet memiliki ukuran layar yang lebih besar. Layar yang lebih besar tentu akan memudahkan pekerjaan sehari-hari.

Produsen tablet tidak hanya berasal dari produsen besar seperti Samsung, Sony dan LG, namun hadir dari banyak produsen lokal. Lihat saya tablet besutan IMO kini telah banyak membanjiri pasar tablet tanah air. Satu hal yang menarik Paseban adalah kehadiran tablet IMO dengan diagonal layar 5 inch, hal ini terbilang unik dan berani, karena hanya segelintir tablet yang diproduksi dengan layar sebesar itu. Berikut Paseban akan membandingkan tablet lokal berlayar 5 inch IMO Memo W6800 vs Samsung Galaxy Note N7000.

Desain

Tak banyak yang bisa dibahas pada sektor ini, penampakan kedua tablet ini bisa dibilang mirip. Penampilan kotak melebar menjadi ciri khasnya. Dengan layar sebesar 5 inchi membuat kedua tablet ini tidak bisa tampil seksi, malah menurut Paseban keduanya terasa sulit ketika dimasukkan ke dalam saku.

Layar

Berada di segmen yang sama dalam hal layar, kedua tablet ini masuk dalam kategori 5 inch. Memang benar, IMO Memo W6800 hadir dengan luas layar sebesar tepat 5 inch, sedangkan Samsung Galaxy Note N7000 lebih sedikit dengan ukuran layar sebesar 5,3 inch. Untuk urusan resolusi keduanya berbeda sangat jauh, Samsung Galaxy Note N7000 tampil dengan resolusi superior 800 x 1280 piksel berebanding 320 x 480 milik IMO. Keduanya mengandalkan teknologi kapasitif namun Samsung lebih beruntung dengan adanya teknologi super AMOLED kebanggaanya.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, fitur yang paling sering digunakan oleh sebagian remaja ini cukup menarik dibahas. Baik IMO maupun Samsung keduanya tampil sama kuat untuk resolusi, 8 Megapiksel dirasa cukup untuk tablet mungil mereka. Ini berarti hasil foto yang bisa dihasilkan mencapai 3264x2448 piksel, cukup besar untuk urusan fotografi amatir maupun profesional sekalipun. Uniknya resolusi 8 megapiksel juga hadir pada bagian muka ponsel IMO, angka yang cukup besar untuk kamera sekunder. Sedangkan rivalnya Samsung cukup dengan 2 megapiksel pada kamera sekundernya.

Performa

Tak lengkap jika tidak membicarakan tentang performa. Dengan status tablet, harusnya keduanya bisa tampil maksimal. Samsung Galaxy Note N7000 hadir sempurna dengan memberikan prosesor ganda bernilai 1.5 Ghz, sedangkan IMO masih malu-malu dengan single core 1.5 Ghz. jika menghitung secara sederhana, dalam hal kecepatan Samsung unggul dua kali lipat.

Menuju ke sektor RAM, keduanya pun tidak bisa dilihat sebelah mata, Samsung tak tanggung-tanggung menghadirkan RAM sebesar 1GB, sedangkan IMO memiliki angka yang sedikit lebih kecil dengan 768 MB RAM. dengan Kecepatan prosesor dan RAM yang tergolong tinggi, keduanya mumpuni dalam mengakses aplikasi dan fitur-fiturnya.

Baterai

Sektor yang menjadi krusial bagi sebuah tablet, dengan layar yang tergolong besar harusnya baterai yang bertanggung jawab dengan segala beban daya yang dibutuhkan. Samsung Galaxy Note pede menghadirkan kapasitas sebesar 2500 mAh namun jangan puas dulu karena IMO lebih berani memasang angka 2800 mAh, jumlah yang cukup besar untuk sebuah tablet 5 inch.

Kesimpulan

Membandingkan merek lokal dengan merek sekelas Samsung sepertinya kurang sepadan, namun IMO yang memiliki diagonal layar yang sama dengan Galaxy Note patut dibandingkan. Melihat dari sisi performa dan layar sepertinya IMO kalah telak, namun jika melihat sektor kamera dan baterai justru tablet milik Samsung yang kini tersungkur. Sebagai informasi tambahan, IMO Memo W6800 juga dilengkapi fitur khas ponsel lokal, yakni dual SIM on [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel