Komparasi Ponsel Musik Lawas, Nokia N70 ME vs. Sony Ericsson W890i

16 Jun 2012 08:00 6561 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Eksistensi ponsel musik sudah ada sejak awal tahun 2005. Pada masa itu, ponsel musik sedang mengalami booming. Beberapa vendor ponsel pun berlomba lomba menelurkan ponsel yang bertajuk ponsel musik yang pada saat itu menjadi favorit para kawula muda. Salah satu ponsel musik yang paling populer saat itu dibawa oleh ...

Eksistensi ponsel musik sudah ada sejak awal tahun 2005. Pada masa itu, ponsel musik sedang mengalami booming. Beberapa vendor ponsel pun berlomba lomba menelurkan ponsel yang bertajuk ponsel musik yang pada saat itu menjadi favorit para kawula muda. Salah satu ponsel musik yang paling populer saat itu dibawa oleh Nokia dan Sony Ericsson. Nokia memperkenalkan produk ponsel multimedianya dengan membawa kode N yang pertama kali dibawa oleh Nokia N70 ME. Sedangkan Sony Ericsson membawa ponsel musik yang diberi kode Walkman yang mengingatkan kita pada alat musik portable yang booming pada era 90an.

Berdasarkan dari popularitas kedua ponsel musik tersebut, maka Paseban tertarik untuk membandingkan kedua ponsel epik ini yang notabene masa produksinya dihentikan. Manakah kedua ponsel ini yang lebih unggul, apakah Nokia N70 ME atau Sony Ericsson W890i?

Dimensi

Jika kedua ponsel ini disandingkan, maka akan tampak bahwa kedua ponsel ini memiliki desain yang berbeda untuk urusan bodi. Meskipun keduanya mengusung konsep desain candybar namun terdapat perbedaan yang mencolok diantara keduanya. Nokia N70 yang membawa desain candybar dengan sudut kaku disetiap ujungnya memiliki dimensi 108.8 x 53 x 21.8 mm dan memiliki berat 126 gram. Sedangkan Sony Ericsson yang mengusung desain candybar dengan ujungnya yang membulat memiliki dimensi 104 x 46.5 x 9.9 mm dan memiliki berat sebesar 78 gram. Untuk kategori dimensi ini, Walkman tampil ke hadapan publik dengan membawa dimensi yang tipis dan berat yang ringan yang menjadi Andalannya.

Layar

Untuk pencitraan layar, masing-masing ponsel juga memiliki layar yang mereka unggulkan. Nokia membawa layar TFT dengan kemampuan mencitrakan 256ribu warna dengan resolusi 176 x 208 pixels pada layar yang berukuran 2.1 inchi, untuk kekuatan pikselnya sendiri, Nokia memiliki 130 ppi. Sedangkan untuk Walkman sendiri mengusung layar yang sama dengan Nokia, yakni TFT dengan kemampuan 256 ribu warna dengan resolusi 240 x 320 pixels pada layar berukuran 2.0 inchi. Untuk kekuatan pikselnya sendiri, Walkman memiliki kekuatan 200 ppi. Untuk resolusi laya, Nokia kali ini harus kembali mengakui keunggulan dari layar yang diusung oleh Walkman.

Performa

Untuk urusan performa, Nokia mengusung sistem operasi Symbian OS 8.1a Series 60 UI dengan mengusung Chipset TI OMAP 1710 dan Prosesor dengan kecepatan 220 MHz sebagai dapur pacunya. Sementara embel-embel Musik pada Nokia ini memiliki makna yang ambigu, apakah ponsel ini memang khusus ponsel yang mengedepankan kualitas suara bermusiknya atau hanya menyematkan tombol musik cepat pada bagian keypadnya. Sejauh ini kita mengetahui bahwa kualitas musik pada Nokia N70 Music Edition ini bisa dibilang merupakan kualitas musik yang standar, namun hanya memberikan akses tombol cepat pada keypadnya. Sementara untuk Walkman sendiri, tidak mengusung sistem operasi pintar untuk ponselnya. Ponsel ini hanya mengusung sistem Java, namun mengunggulkan sistem bermusiknya dengan menggandeng Walkman player 3.0 yang dimana memiliki kualitas suara Voice 69dB, noise 78dB, ring 72dB. Jadi embel-embel Walkman pada ponsel ini jelas menggambarkan jika ponsel ini memang mengedepankan fitur pemutar musiknya dibandingkan fitur yang lain.

Kamera

Pada sektor fotografi, masing-masing dibekali oleh kamera yang mumpuni. Nokia mengusung kamera 2 MP dengan resolusi 1600x1200 pixels untuk menangkap sebuah gambar, yang juga disertai dengan pengaturan standar kamera seperti LED Flash. Untuk kamera depannya sendiri, Nokia N70 ini dibekali dengan kamera VGA untuk media melakukan panggilan video. Sedangkan untuk Walkman sendiri mengusung kamera 3.15 MP dengan kemampuan menangkap gambar sebesar 2048x1536 pixels yang tanpa disertai dengan pengaturan standar kamera seperti flash. Untuk kamera depannya sendiri, ponsel ini ditanami oleh kamera dengan resolusi VGA.

Baterai dan Memori

Untuk urusan daya tahan, Nokia mengandalkan baterai Li-Ion (BL-5C) 970 mAh yang mampu bertahan hingga 265 jam dalam posisi stand-by dan 3 jam 30 menit untuk penggunaan berbicara. Untuk daya simpan sendiri, Nokia N70 dianugerahi dengan memori internal sebesar 22 MB yang masih bisa Anda ekspansi hingga 1 GB menggunakan MMC. Sedangkan pihak Sony Ericsson sendiri mengunggulkan baterai Li-Po 950 mAh sebagai jantung daya tahannya yang dimana jenis baterai ini sanggup bertahan hingga 310 jam dalam kondisi stand-by dan 4 jam 30 menit untuk penggunaan berbicara. Sementara itu untuk daya simpannya sendiri, ponsel ini dibekali dengan memori internal sebesar 32 MB yang masih bisa Anda lebarkan menjadi 4 GB menggunakan M2.

Kesimpulan

Kesimpulan yang didapat setelah membandingkan kedua ponsel epik ini adalah embel embel musik di belakang ponsel bisa memiliki makna ganda. Seperti Nokia yang menggunakan gelar musik di belakangnya menandakan bahwa ponsel ini memiliki akses cepat untuk memainkan musik, sedangkan Walkman justru sebaliknya, mengusung nama Musik untuk menonjolkan sisi musikalitas dari ponsel tersebut. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel