Perbandingan Spesifikasi Ponsel Musik Sony Ericsson Walkman Live vs HTC Sensation XE

4 May 2012 16:30 8604 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
*Smartphone* dewasa ini tidak hanya dibekali kemampuan tertentu saja, namun telah diberikan identitas masing-masing yang bisa kita lihat dari kode nama yang diberikan oleh vendor terhadap ponsel hasil produksinya. Seperti Sony Ericsson Walkman Live dengan HTC Sensation XE yang kali ini akan diperbandingkan.

Smartphone dewasa ini tidak hanya dibekali kemampuan tertentu saja, namun telah diberikan identitas masing-masing yang bisa kita lihat dari kode nama yang diberikan oleh vendor terhadap ponsel hasil produksinya. Seperti smartphone yang mengusung tema pemutar musik yang memang khusus mengincar para penikmat musik, dan kemampuan musik dari smartphone ini memang bisa dikatakan tidak main-main. Kita tengok Sony Ericsson Walkman yang mengusung teknologi sound dari Sony yang terkenal mumpuni, dan HTC dengan mengusung HTC Sensation XE yang mendukung audio system dari Monster Beat kreasi Dr. Dre, dengan kualitas suara yang tak kalah mumpuni dari Sony dan tentunya memberikan pengalaman mendengarkan musik yang berbeda.

Dengan alasan itupulalah, Paseban tertarik untuk membandingkan dua ponsel musik dari vendor kenamaan Sony Ericsson Walkman dengan ponsel terbarunya Live With Walkman dan HTC dengan HTC Sensation XE miliknya.

Dimensi

Sony Ericsson Walkman Live mengusung bodi yang dibalut dengan plastik kokoh dan juga memiliki bodi yang terbal. Dimensi yang diusung oleh Sony Ericsson Walkman adalah 106 x 56.5 x 14.2 mm dan berat total 115 gram. Sedangkan untuk pesaingnya HTC Sensation XE mengusung desain candybar dengan dimensi 126.1 x 65.4 x 11.3 mm dan berat total yang mencapai 151 gram. Untuk kategori dimensi, Sony Ericsson Walkman tentu akan terasa lebih ringan dibanding HTC Sensation XE.

Layar

Untuk urusan layar, Sony Ericsson Walkman menggunakan teknologi layar capacitive TFT 16 juta warna dengan resolusi 320 x 480 piksel dan ukuran layar 3.2 inci. Ponsel ini juga telah mendukung kekuatan piksel hingga 180 ppi. Sedangkan untuk HTC Sensation XE mengusung layar sentuh S-LCD 16 juta warna dengan resolusi 540 x 960 piksel, ukuran layar 4.3 inci dan piksel hingga 256 ppi. Untuk urusan layar, HTC Sensation XE lebih unggul dibandingkan Sony Ericsson Walkman karena memiliki kekuatan piksel dan ukuran layar yang lebih jelas dan tajam.

Performa

Sony Ericsson Walkman mengusung sistem operasi Android 2.3 Gingerbread yang berencana untuk di-upgrade ke versi 4.0 Ice Cream Sandwich dan diperkuat dengan Chipset Qualcomm MSM8255 Snpadragon yang memiliki clock speed hingga 1GHz. Sementara HTC Sensation pun mengusung versi sistem operasi Android yang sama namun diperkuat dengan prosesor dual-core 1.5 GHz. Untuk ketangguhan performa, sekali lagi Sony Ericsson Walkman harus mengakui keunggulan dari HTC Sensation XE yang telah mengusung prosesor dual-core.

Kamera

Sedangkan untuk urusan pengabadian gambar, Sony Ericsson Walkman mengandalkan kamera dengan resolusi 5MP yang mampu menangkap gambar hingga 2592 x 1944 piksel, selain itu juga dilengkapi dengan pengaturan standar kamera seperti lampu flash dan autofocus. Sedangkan untuk HTC Sensation XE telah mengusung kamera dengan resolusi 8MP yang mampu menangkap gambar dengan kualitas 3264 x 2448 piksel. Kedua ponsel ini dilengkapi dengan kamera sekunder sekelas VGA untuk menjembatani akses video call.

Kualitas Audio

Untuk performa audio, Sony Ericsson Walkman memiliki kualitas loudspeaker sebesar 75dB, noise 68dB dan ring 78dB. Sementara untuk kualitas audio, Sony Ericsson Walkman memiliki kualitas noise 88.1dB / Crosstalk 87.9db. Sedangkan untuk HTC Sensation XE memiliki kualitas * loudspeaker* 65dB, noise 65dB dan ring 76dB. Sementara untuk kualitas audio, HTC memiliki kualitas noise -91.7dB /Crosstalk -90.7 dB. Untuk kualitas audio Sony Ericsson Walkman lebih unggul dibandingkan HTC yang mengusung sistem Beat dari Dr. Dre.

Kesimpulan

Setelah melakukan perbandingan di atas, Sony Ericsson Walkman lebih unggul pada spesifikasi kualitas audio, namun harus mengalah pada urusan performa dan ketajaman layar dari HTC. Bagi Anda yang mementingkan kualitas audio yang mumpuni, maka Sony Ericsson Walkman Live bisa menjadi pilihan yang cocok. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel