DKI1 - Voting & Gali Lebih Dalam Informasi Kandidat Gubernur DKI Jakarta Untuk Pilkada Mendatang Sekarang Juga!

10 May 2012 16:30 1603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi lokal bernama DKI1 ini merupakan apikasi *mobile* yang akan membantu warga Jakarta untuk mengetahui informasi para kandidat gubernur ibukota negara Indonesia ini. Dengan berbagai dinamika kehidupan di dalamnya, tentunya sebuah tantangan besar yang harus dijalani oleh para kandidat.

Pemilihan kepala daerah atau kerap disebut Pilkada bukan hanya ajang pemilihan kepala daerah semata, tapi juga menjadi ajang pertarungan politik. Secara administratif tentunya setiap warga negara Indonesia berhak maju menjadi calon kepala daerah. Namun, di lain pihak partai politik memiliki basis dan legalitas yang lebih kuat dari pada sipil.

Beberapa tahun terakhir ini telah terasa degradasi kepercayaan terhadap para delegasi partai politik baik di lembaga eksekutif ataupun legislatif. Hal tersebut tidak terlalu kentara dirasakan pada tingkat lokal, atau daerah. Masyarakat lebih banyak menilai sosok kepala daerah sebagai pemimpin, bukan perwakilan partai. Oleh sebab itu kinerja dan hasil yang didapat selalu menjadi sorotan.

Begitu pun dengan ajang pemilihan kepala daerah Provinsi Jakarta yang akan berlangsung pada 11 juli mendatang. Kurangnya informasi tentang kinerja seorang kepala daerah ataupun informasi para calon gubernur kerapkali menjadi batu sandungan masyarakat agar tidak memanfaatkan haknya untuk memilih. Hal inilah yang mungkin dilihat oleh pengembang aplikasi lokal bernama 7langit. Menurut Komite Independen Pemantau Pemilu, sekitar 65 % warga Jakarta tidak peduli terhadap pelaksanaan Pilkada DKI mendatang. Hal ini bisa saja terjadi karena informasi mengenai para calon kepala daerah tidak sampai ke masyarakat, maka mereka menjadi skeptis terlebih dahulu. Namun, dengan aplikasi lokal ini Anda dapat mempertimbangkan sosok manakah yang akan Anda pilih menuju DKI1.

Aplikasi lokal bernama DKI1 ini merupakan apikasi mobile yang akan membantu warga Jakarta untuk mengetahui informasi para kandidat gubernur ibukota negara Indonesia ini. Dengan berbagai dinamika kehidupan di dalamnya, tentunya sebuah tantangan besar yang harus dijalani oleh para kandidat.

Oleh sebab itu, di dalam aplikasi lokal DKI1 ini Anda dapat mengetahui tentang visi dan misi para kandidat. Pengembang aplikasi yang sebelumnya memproduksi aplikasi Java Jazz Festival 2012 kemarin inipun akan memberikan Anda berita-berita terbaru terkait para kandidat dan Pilkada. Menariknya, di dalam aplikasi DKI1 ini Anda dapat melakukan voting kandidat favorit Anda. Tapi, fitur voting ini bukanlah proses pemilihan resmi. Fitur ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui kandidat mana saja yang mendapatkan dukungan paling besar. Voting ini hanya dapat dilakukan oleh para pengguna DKI1 dan hanya dapat dilakukan sekali dalam satu hari.

Ada enam bakal calon gubernur DKI Jakarta yang mengikuti pilkada tahun 2012 ini. Gubernur DKI Jakarta saat ini, Fauzi Bowo, kembali mencalonkan dirinya untuk kedua kali. Pada Pikada DKI Jakarta tahun 2007 yang lalu, pria yang kerap dipanggil Foke ini memperoleh sekitar 58 % suara. Namun, dengan prestasinya selama memimpin ibukota, bisa saja masyarakat Jakarta beralih kepada para calon gubernur lainnya yang memiliki visi dan misi berbeda.

Anda dapat melihat profil-profil kandidat seperi Joko Widodo dan Basuki Tjahaja, Alex Noerdin dan Nono Sampono, Faisal Basri dan Biem Benjamin, Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza Patria, ataupun Hidayat Nur Wahid dan Didik Junaidi Rachbini langsung dari aplikasi lokal besutan 7langit ini.

Aplikasi lokal DKI1 ini merupakan aplikasi yang dikembangkan khusus untuk membantu para warga Jakarta agar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan menjelang Pilkada DKI Jakarta tahun 2012 ini. Oleh seba itu, Anda akan mendapatkan akses informasi yang berimbang. Aplikasi DKI1 ini merupakan aplikasi independen, atau dalam artian tidak memiliki afiliasi terhadap kandidat atau partai politik manapun.

Pihak pengembang aplikasi telah mengembangkan DKI1 agar dapat digunakan pada berbagai perangkat smartphone. Bagi Anda para pengguna perangkat BlackBerry dengan sistem operasi 5.0.0 hingga 7.0.0, Anda dapat mengunduh aplikasi ini untuk berbagai platform BlackBerry dengan mengakses situs DKI1 besutan 7langit ini di http://dki1.7langit.com/ Aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat BlackBerry 8520, 8900, 900, 910x, 9300, 95x0, 96x0, 9700, 9800, dan 9900.

Sedangkan untuk para pengguna perangkat Android, Anda dapat mengunduh aplikasi ini langsung melalui Google Play Store di sini dan mendukung perangkat Android bersistem operasi Android 2.2 Froyo, Android 2.3 Gingerbread, Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Sementara itu, 7langit pun tengah mengembangkan DKI1 agar dapat digunakan pada perangkat iPhone. Aplikasi lokal yang baru saja dirilis pada tanggal 7 Mei 2012 ini dapat menjadi ajang pemanasan para warga Jakarta menghadapi Pilkada mendatang. Anda dapat mengunduh semua aplikasi tersebut secara gratis. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel