Komparasi Ponsel Dual SIM Samsung Champ Duos vs. Nokia C2-03

12 May 2012 10:00 5284 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tidak hanya persaingan pada ponsel pintar saja yang memanas, namun persaingan ponsel pada segmen menengah kebawah pun tidak kalah serunya. Seperti persaingan antar ponsel yang memiliki fitur dual-SIM yang ...

Tidak hanya persaingan pada ponsel pintar saja yang memanas, namun persaingan ponsel pada segmen menengah kebawah pun tidak kalah serunya. Seperti persaingan antar ponsel yang memiliki fitur dual-SIM yang masing masing di bawa oleh pabrikan Samsung yang menguggulkan Samsung Champ Duos dan pabrikan Nokia yang mengandalkan Nokia C2-03. Manakah ponsel dual-SIM tersebut yang lebih unggul?

Dimensi

Kedua ponsel ini memiliki dimensi yang berbeda, karena kedua ponsel ini memiliki bodi ponsel yang berbeda pula. Samsung Champ Duos membawa bodi full touchscreen dan Nokia C2-03 membawa desain bodi slide yang menganut ¬dual input. Untuk dimensi sendiri Samsung Champ Duos membawa dimensi 99.9 x 54.9 x 13 mm dan memiliki berat total sebesar 88 gram. Sedangkan untuk pesaingnya Nokia C2-03 membawa dimensi sebesar 103 x 52.4 x 17 mm dan memiliki berat total sebesar 115 gram. Untuk kategori dimensi dimenangkan oleh handphone ini yang memiliki dimensi dan bobot yang ringan dibandingkan Nokia C2-03.

Layar

Untuk layar, Samsung Champ Duos membawa layar sentuh resistive TFT 256 ribu warna dengan ukuran 240 x 320 pixels dalam layar sebesar 2.6 inci dan memiliki kekuatan piksel hingga 154 ppi. Sedangkan untuk pesaingnya Nokia C2-03, membawa layar sentuh resisitive TFT 56 ribu warna dengan ukuran 240 x 320 pixels dalam layar sebesar 2.6 inci dan memiliki keuatan piksel hingga 154 ppi. Untuk ketajaman layar, Samsung Champ Duos kembali memimpin diatas Nokia C2-03.

Fitur

Fitur yang ditawarkan dan di unggulkan oleh handphone ini selain Dual-SIMnya antara lain fitur Messaging seperti SMS, MMS, dan Email, Browser yang mengusung WAP 2.0/xHTML, HTML, dilengkapi pula dengan Stereo Radio FM, Java MIDP 2.0 dan mendukung format audio MP3/WMA/eAAC+. Sedangkan untuk pesaingnya Nokia C2, juga selain menguggulkan fitur Dual-SIMnya juga mengAndalkan fitur SMS, MMS, Email dan juga telah mendukung Push Email, Browser yang mendukung WAP 2.0/xHTML, Adobe Flash Lite, diperlengkap pula dengan FM Radio dan FM Recording, Java versi MIDP 2.1 dan mendukung format audio MP4/H.264/H.263. Untuk kategori fitur, handphone ini harus mengalah dengan saingannya Nokia C2 yang mengusung fitur yang sedikit lebih maju ketimbang Samsung Champ Duos.

Kamera

Meskipun menempati pasar dengan harga yang terjangkau, namun kedua ponsel ini disempurnakan dengan hadirnya kamera untuk mengabadikan momen yang menarik. handphone ini membawa kamera 1.3 MP yang mampu menangkap gambar dengan resolusi 1280 x 1024 pixels dan mampu merekam video dengan kualitas QCIF@15 fps tanpa dilengkapi dengan hadirnya kamera sekunder. Sedangkan untuk Nokia, mengusung kamera sebesar 2 MP yang mampu menangkap resolusi gambar sebesar 1600 x1200 pixels dan mampu menangkap video dengan resolusi yang sama dengan kualitas QCIF@15fps.

Baterai dan Memori

Untuk urusan daya tahan, Samsung Champ Duos mempercayakannya kepada baterai Li-Ion 1000 mAh yang sanggup bertahan hingga 14 jam 20 menit untuk penggunaan berbicara sedangkan untuk Nokia mempercayakannya kepada baterai Li-Ion 1020 mAh (BL-5C) yang mampu bertahan hingga 5 jam untuk pemakaian berbicara. Untuk urusan daya tahan, handphone ini unggul daripada Nokia karena mampu bertahan selama hampir 15 jam.

Sedangkan untuk daya simpan, handphone ini memiliki memori internal sebesar 50 MB yang masih bisa Anda injeksi dengan kartu microSD sebesar 16 GB. Dan untuk Nokia sendiri menyertakan memori internal sebesar 10 MB dan mampu Anda invasi dengan kartu microSD hingga 32 GB dan Anda akan diberi microSD sebesar 2 GB yang tersedia dalam paket penjualan. Untuk urusan daya tampung, Nokia lebih unggul ketimbang Samsung Champ Duos.

Kesimpulan

Hasil komparasi dari kedua ponsel tersebut memeberikan kesimpulan bahwa masing masing ponsel memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing. Jika Anda lebih membutuhkan ponsel untuk fashion, Samsung Champ ini menanti Anda untuk Anda boyong, namun jika Anda lebih mementingkan urusan pekerjaan, maka Nokia C2-03 cocok untuk Anda karena dilengkapi fitut hot swap yang memungkinkan Anda berpindah kartu tanpa harus mematikan ponsel Anda terlebih dahulu. Untuk pilihan, kembali lagi ke hobi dan kebutuhan Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel