Tinke - Teknologi di Bidang Kesehatan untuk Mengukur Kesehatan Jantung dan Darah dari Perangkat iPhone

2 May 2012 08:30 3816 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Zensorium, sebuah perusahaan asal Singapura yang khusus mengembangkan dan membangun produk untuk meningkatkan kualitas hidup para pengguna perangkat mobile, membuat sebuah teknologi di bidang kesehatan terbaru. Perangkatnya ini disebut sebagai Tinke. Tinke merupakan alat monitoring biometrik yang dapat disambungkan melalui perangkat iPhone dengan bantuan konektor dock.

Zensorium, sebuah perusahaan asal Singapura yang khusus mengembangkan dan membangun produk untuk meningkatkan kualitas hidup para pengguna perangkat mobile, membuat sebuah teknologi di bidang kesehatan terbaru. Perangkatnya ini disebut sebagai Tinke. Tinke merupakan alat monitoring biometrik yang dapat disambungkan melalui perangkat iPhone dengan bantuan konektor dock. Teknologi di bidang kesehatan ini merupakan perangkat yang mudah untuk dibawa karena ukurannya yang kecil dan sederhanan. Dengan menggunakan Tinke Anda dapat mengukur tekanan oksigen di dalam darah, tingkat pernafasan, dan tekanan jantung Anda. Anda dapat memeriksa semua hal tersebut langsung dari perangkat iPhone.

Sebagai teknologi di bidang kesehatan yang mampu terhubung dengan perangkat mobile, Tinke memberikan kemudahan untuk menggunakannya. Pihak pengembangkan mengkombinasikan beragam teknologi prosesi inyal untuk menggugurkan beberapa batasa dalam teknologi di bidang kesehatan saat ini. Dengan begitu alat kesehatan mobile ini dapat Anda gunakan dimanapun Anda butuhkan. Tinke akan menganalisa data yang didapat dari perangkat iPhone dan akan menghasilkan penilaian berupa angkat yang disebut sebagai Vita Index. Proses analisa data ini dibuat untuk kemudahan pemantauan dan menginspirasi kehidupan yang sehat. Dengan adanya Vita Index Anda dapat berbagi data tersebut ke jejaring sosial Tinke dan membandingkan data tersebut dengan data pengguna lain.

Untuk mempermudah penggunaan teknologi di bidang kesehatan, Tinke memungkinkan Anda untuk mengukur denyut nadi secara pribadi. Jika pada umumnya alat oksimeter nadi hanya dapat ditemui di rumah sakit atau ruang praktik dokter, Tinke menyediakan layanan agar Anda dapat melayani kualitas kesehatan secara pribadi. Untuk beberapa kasus penyakit yang diakibatkan kondisi tingkatan oksigen dalam darah yang rendah seperti asma, Tinke akan membantu Anda mendapatkan informasi dan berbagi dengan layanan kesehatan lainnya. Teknologi di bidang kesehatan ini akan melayani aplikasi kesehatan lainnya untuk perangkat iPhone, termasuk alat pemeriksa tekanan darah yang dapat digunakan untuk iPhone ataupun iPad. Sementara, Tinke pun dapat digunakan bersamaan dengan aplikasi seperti Instant Heart Rate.

Untuk menggunakannya Anda dapat menempatkan jari pada lensa kamera. Dengan begitu Tinke akan menganalisa pembuluh darah dari ujung jari melalui bantuan infrared. Aplikasi yang dibuat Zensorium kemudian akan menampilkan hasil pengolahan data Anda dalam waktu sekitar 45 detik. Oleh sebab itu ANda harus tetap menempatkan jari pada perangkat untuk jangka waktu yang cukup lama tanpa menggerakkannya. Pihak pengembang teknologi di bidang kesehatan ini mengatakan kepada majalah Forbes, bahwa perangkat ciptaanya ini akan dijual dengan harga sekitar $ 100. Pada ajang CES 2012 bulan Januari lalu, Tinke sempat diperkenalkan kepada para konsumen teknologi mobile. Menurut Zensorium, perangkatnya tersebut akan tersedia dalam waktu enam bulan terhitung dari bulan Januari. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel