Widgesoid 2.x - Aplikasi Widget Android untuk Mengontrol Ponsel Langsung dari Status Bar

4 Apr 2012 08:00 4140 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kali ini Paseban akan membahas sebuah aplikasi widget Android yang beda dari yang lainnya. Kenapa bisa berbeda? Karena aplikasi widget Android ini mampu muncul langsung di status bar ponsel Android. Aplikasi widget Android ini sebaiknya tidak digunakan pada varian Samsung Galaxy karena Samsung Galaxy telah memiliki swicther toggle yang langsung bisa diakses dari status bar Android.

Kali ini Paseban akan membahas sebuah aplikasi widget Android yang beda dari yang lainnya. Kenapa bisa berbeda? Karena aplikasi ini mampu muncul langsung di status bar ponsel Android. Aplikasi widget Android ini sebaiknya tidak digunakan pada varian Samsung Galaxy karena Samsung Galaxy telah memiliki swicther toggle yang langsung bisa diakses dari status bar Android.

Widgetsoid 2.x adalah sebuah aplikasi widget Android yang memiliki fungsi sebagai switcher toggle. Switcher toggle adalah sebuah bar dengan beberapa menu untuk mengontrol perangkat Android, misalnya untuk mematikan atau menghidupkan Bluetooth, WiFi, GPS dan beberapa kontrol lainnya. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, aplikasi widget Android yang satu ini memiliki keistimewaan. Aplikasi widget Android lain yang berfungsi sebagai switcher toggle hanya mampu menampilkan widget melalui homescreen namun aplikasi yang satu ini memberikan suatu perbedaan, yakni mampu menampilkannya lewat status bar ala ponsel Samsung Galaxy ataupun Android Mod Cyanogen.

Widgetsoid yang mendapatkan average rating 4,6 di Google Play ini sebenarnya tidak sepenuhnya memberikan kontrol melalui status bar, namun aplikasi ini sebenarnya hanya memberikan suatu tampilan informasi melalui status bar mengenai sensor-sensor pada Android. Kemudian ketika hendak mematikan atau menghidupkan salah satu menu maka akan segera muncul popup layaknya widget switcher toggle biasa. Kecerdikan ini menurut Paseban cukup bagus, karena pengguna Android tidak perlu repot-repot harus kembali ke homescreen hanya untuk menghidupkan Bluetooth misalnya, cukup geser status bar kemudian tap tampilan Widgetsoid, kemudian Anda bisa menghidupkan Bluetooth melalui popup yang kemudian muncul di tengah layar.

Untuk bisa menikmati kecangihan Widgetsoid 2.x, berikut Paseban memberikan langkah-langkah mudah menggunakannya :

  1. Cukup download dan install aplikasi widget Android yang tersedia di Google Play Store secara gratis.

  2. Kemudian Anda bisa menambahkan widget pada homescreen dengan cara hold layar kemudian add widget, pilih Widgetsoid Switcher dan sesuaikan ukuran layar yang sesuai dengan layar Anda.

  3. Berikutnya Anda akan langsung dibawa ke halaman konfigurasi widget tersebut. Silakan tambahkan sesuai keinginan Anda.

  4. Sebelum Anda memilih apply, tap menu Advanced kemudian pastikan notifikasi dan widget invisible telah tercentang. Setelah semua selesai, Anda bisa memilih apply.

  5. Untuk memastikan aplikasi widget Android ini akan menampilkan popup ketika diklik, coba masuk ke menu aplikasi Widgetsoid lalu pilih icon Notification dan pastikan menu Open Popup telah tercentang.

  6. Selesai! Sekarang Anda akan melihat sebuah baris bar pada status bar Android Anda.
    Untuk mengkonfigurasi Widgetsoid 2.x memang sedikit repot karena aplikasi widget Android ini memiliki pengaturan yang sangat lengkap dan bisa diatur sesuka hati. Selain itu, aplikasi widget Android yang satu ini juga bisa dimanfaatkan sebagai widget untuk menampilkan informasi baterai, jam dan indikator WiFi, Anda bisa mengaktifkannya dengan memilihi tipe Widgetsoid Mixed. [IQ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel