1

Lima Alasan Penjualan Tablet Android Melejit di Pasaran

24 Mar 2012 13:00 4564 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sistem Operasi Android untuk beberapa perangkat *mobile* sedang naik daun, Perangkat ini menjelma menjadi sebagai *trendsetter* di dunia *smartphone* dan komputer *tablet* saat ini. Sebut saja produk-produk Tablet Android bermerk Galaxy Tab buatan produsen besar Samsung, tidak ada celah sedikit pun untuk produk-produk lain untuk mengambil pasar komputer *tablet* ini.

Sistem Operasi Android untuk beberapa perangkat mobile sedang naik daun, Perangkat ini menjelma menjadi sebagai trendsetter di dunia smartphone dan komputer tablet saat ini. Sebut saja produk-produk Tablet Android bermerk Galaxy Tab buatan produsen besar Samsung, tidak ada celah sedikit pun untuk produk-produk lain untuk mengambil pasar komputer tablet ini. Kepopuleran ini berimbas kepada pangsa pasar merk-merk populer lainnya, seperti beberapa perangkat iOS dari Apple, BlackBerry OS dari RIM, Windows Phone dari Microsoft, dan Symbian dari Nokia.

Pengguna menyukai beberapa karakteristik yang tidak dimiliki oleh OS lainnya, seperti ciri khas penamaan seri-seri sistem operasi yang dimiliki Android ini. Dengan penamaan unik tersebut secara tidak langsung pengguna yang belum memiliki perangkat mobile tersebut ingin mencoba merasakannya. Android tidak hanya menjual nama saja, akan tetapi performance yang dimiliki OS ini bisa bersaing dengan dengan OS populer lainnya. Apalagi di belakang layarnya ada sebuah perusahaan besar dunia yaitu Google, dipastikan kedepannya keperkasaan OS Android dan perangkat yang menyertainya masih bisa bertahan lama.

Dan untuk kuartal ini sendiri, demam Android sudah masuk ke dalam pasar komputer Tablet. Perangkat ini banyak diminati oleh banyak pengguna, karena memiliki banyak fitur canggih yang bisa mendukung kinerja pekerjaan penggunanya. Ditambah lagi dengan keberadaan kondisi layar yang lebar, semakin menambah keefesiensian penggunanya. Mungkin sudah tidak jaman lagi mempergunakan notebook, karena dengan komputer Tablet Android ini semua bisa Anda genggam dengan mudah.

Untuk mejawab semua keingintahuan para pembaca sekalian, kali ini Paseban akan memaparkan lima alasan yang melatarbelakangi pengguna menyukai komputer Tablet Android ini. Berikut alasan-alasannya:

Masuk Jajaran Sistem Operasi yang Open Source

Serupa dengan Sistem Operasi Linux, kemunculan sistem operasi Android ini juga membawa misi yang sama dengan pendahulunya, yaitu pesan go open source. Keberadaan sistem operasi open source ini sangat diminati oleh banyak pengguna dan pengembang karena kemudahannnya untuk mengembangkan sebuah aplikasi untuk Android. Pihak Google hanya memberikan kode sumber utama (source code) Android saja, dan Anda sebagai pengembang bisa dapat dengan mudah meramu source code sendiri untuk aplikasi yang akan Anda kembangkan.

Mungkin ini salah satu dari banyak alasan utama, banyak pengguna komputer Tablet yang suka dengan perangkat Android.

Ketersediaan Aplikasi Berkualitas pada Google Play

Dengan sifatnya yang open source tentu akan banyak pengembang yang akan membuat aplikasi untuk si Android ini. Terbutki banyak para programer dan pengembang aplikasi yang berbondong-bondong membuat aplikasi. Pengembang aplikasi tak perlu berhadapan dengan prosedur platform OS berbayar, karena aplikasi buatan mereka bebas didistribusikan dengan lisensi open source, shareware atau bahkan freeware. Dengan kemudahan inilah banyak pengembang yang menyukai membuat aplikasi untuk Android daripada membuat aplikasi untuk sistem operasi lainnya. Bukan hanya kuantitas saja yang dikedepankan, tetapi kesan kualitas juga diutamakan oleh pihak Google. Dengan sistem rating, Anda bisa melihat apa saja aplikasi buatan pengembang yang memiliki rating tinggi. Tentu rating tinggi ini, berbanding lurus dengan kualitas aplikasi yang ada.

Banyak Pilihan Lintas Vendor dan Platform

Pesan open source pun tetap kembali menjadi pelopor kepopuleran sistem operasi ini. Google.inc mempersilahkan vendor mana saja untuk mengadopsi sistem operasi ini. Jadi tidak heran kalau banyak komputer tablet ber OS Android dengan berbagai merk dan jenis. Sistem operasi untuk perangkat Tablet Android ini dijadikan sebuah pilihan, siapa saja boleh untuk mengadopsi OS ini. Dengan kesan seperti itulah, banyak pengembang dari beberapa vendor yang ingin mencoba ketangguhan sistem operasi Android ini. Dengan tetap menjaga kualitas yang ada di dalamnya, Android masih tergolong tangguh untuk OS serupa.

Rajin Mengadakan Update Aplikasi

Ini menjadi kesukaan pengguna Tablet Android, yaitu sering dan berkalanya aplikasi-aplikasi yang dibuat pengembang ini diperbaruhi fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pengguna merasa diperhatikan dengan update-update aplikasi ini, fitur-fitur yang diinginkan oleh pengguna bisa dihadirkan dengan mudah di setiap update terbaru dari suatu aplikasi. Ini menjadikan kepercayaan berlebih terhadap pengembang aplikasi tersebut. Keseriusan dan konsistensi pengembang meng-update suatu aplikasi ini dikarenakan pengembang merasa takut jika kehilangan konsumen dari pasar ini.

Terkoneksi dengan Seluruh Layanan Google

Sebagai salah satu perusahaan besar dibalik Android, Google.inc juga tidak kalah hebatnya melakukan propaganda besar-besaran di dalamnya. Semua perangkat bersistem Operasi Android dipastikan memiliki koneksi langsung dengan beberapa layanan milik Google, seperti GMail, Google Docs, Google Maps, YouTube, Google Talk, Google+, dan tentu saja mesin pencari Google. Android memang sengaja hadir untuk mendukung layanan yang dimiliki oleh Google saat ini. Semakin kompleks saja keunggulan Si Android ini, dengan dukungan akses yang banyak tersebut Anda sebagai pengguna akan semakin mudah melakukan berbagai hal dan terhubung dengan siapapun.

Itulah alasan yang menurut Paseban melatarbelakangi banyak pengguna beralih mempergunakan sistem operasi Android ketimbang dengan sistem operasi serupa yang dimiliki oleh setiap vendor. Sudah pantas kiranya jika perangkat Tablet Android memenuhi pasaran saat ini, keselarasan diantaranya bisa disatukan dengan baik. [AD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel