Perbandingan Dua Game Sepakbola Terbaru untuk Android: FIFA 12 Vs PES 2012

29 Mar 2012 19:00 13528 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi Anda yang menyukai game sepakbola, tentunya cukup mengenal game FIFA ataupun PES. Kedua game ini merupakan dua buah game sepakbola yang kerap bersaing di pasaran. Kali ini Paseban akan membandingkan game sepakbola terbaru, yakni FIFA 12 dengan PES 2012, utamanya untuk perangkat Android.

Bagi Anda yang menyukai game sepakbola, tentunya cukup mengenal game FIFA ataupun PES. Kedua game ini merupakan dua buah game sepakbola yang kerap bersaing di pasaran. Kali ini Paseban akan membandingkan game sepakbola terbaru, yakni FIFA 12 dengan PES 2012, utamanya untuk perangkat Android. Sebenarnya, game ini juga tersedia bagi perangkat Apple, namun memiliki spesifikasi yang berbeda. Bagaimana review-nya? Simak ulasannya berikut ini.

Game Play

PES 2012 dan FIFA 12 bisa dikatakan sebagai game sepakbola terbaru dengan kualitas terbaik yang ada saat ini. Namun, bagaimana dengan cara bermain game ini di handphone Android? Secara keseluruhan, cara bermain kedua game ini cukup mirip. Keduanya menggunakan kontrol touchscreen, kecuali Anda bermain memakai Sony Xperia Play yang menyediakan keypad game khusus.

Untuk memainkan kedua game sepakbola terbaru ini, layar handphone Anda harus dikondisikan dalam keadaan landscape atau mendatar. Selain itu, di bagian kiri terdapat keypad touchscreen untuk arah dan di bagian kanan layar tersedia keypad touchscreen yang berfungsi sebagai gerakan. Perbedaan kedua game ini adalah posisi keypad touchscreen di bagian kanan.

Jika FIFA 12 menyediakan 3 jenis tombol, maka PES 2012 hanya 2 tombol. Tiga tombol di FIFA 12 meliputi gerakan sprint, shoot ataupun pass. Sedangkan untuk PES 2012 hanya terdapat 2 tombol, A dan B yang digunakan untuk melakukan passing serta shooting. Dengan banyaknya tombol, tentunya akan semakin sulit cara memainkan sebuah game. Tak heran jika bermain game sepakbola memakai PES 2012 akan lebih mudah.

Minimum Requirement

Untuk memainkan game sepakbola terbaru PES 2012, Anda diharuskan untuk menyediakan ruang kosong sebesar 5,3MB. Sedang untuk sistem operasi Android yang dibutuhkan cukup mudah, yakni OS Android 1.6 atau versi di atasnya. Sedangkan FIFA 12 memiliki ukuran file sebesar 13MB dan sistem operasi Android minimum 2.1.

Fitur

Sebagai sebuah game sepakbola terbaru, tentunya fitur-fitur tambahan menjadi hal yang penting. Di PES 2012, Anda bisa memainkan berbagai jenis liga. Dari UEFA Champions League, Europa League, hingga liga-liga utama dunia. Pengaturan lain yang bisa dinikmati pada game sepakbola terbaru ini adalah keberadaan 24 jenis bola yang berbeda, 6 variasi kombinasi kondisi lingkungan, mode pertandingan serta tantangan berupa Free Kick Challenge dan sebagainya.

Sedangkan untuk FIFA 12 menyediakan lebih dari 22 jenis liga, 500 lebih pilihan tim serta kurang lebih 15 ribu pemain. Tentu saja di dalamnya juga termasuk pemain-pemain liga terkenal dunia seperti Kaka, Wayne Rooney, Karim Benzema dan lain-lain. Kelebihannya adalah jumlah stadion yang sangat banyak, yakni 32 stadion.

Dari segi fitur, FIFA 12 jelas memiliki fitur yang lebih banyak. Hal ini tentunya tak mengherankan, karena ukuran file game ini juga lebih besar dibandingkan dengan PES 2012.

Harga dan Link Download

FIFA 12 dihargai US$4,99. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi Google Play Store. Sedangkan PES 2012 dibanderol dengan harga US$5,57. Game ini juga bisa diunduh via Google Play Store.

Kesimpulan

Dari segi gameplay, Paseban menilai PES 2012 lebih memiliki kemudahan dalam bermain. Game sepakbola terbaru ini tak terlalu menyediakan banyak tombol. Sayangnya, fitur pada game ini tak sebanyak pada FIFA 12. Pun demikian juga dari segi harga yang lebih mahal. Jadi, secara keseluruhan Paseban memilih FIFA 12 sebagai pemenang. [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel