Pertarungan Nokia N8 vs HTC Sensation: Dua Smartphone Berdesain Candybar dan Berlayar Sentuh

2 Mar 2012 13:00 4191 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Nokia N8 yang dirilis sekitar bulan April 2010, dihargai sekitar 4,5 juta sedangkan HTC Sensation yang hadir setahun setelahnya dibanderol dengan harga 5 jutaan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, meskipun kita semua tahu bahwa kedua *smartphone* ini didukung dengan OS yang berbeda. Seperti apa perbandingan keduanya? Simak review lengkapnya berikut ini.

Nokia N8 yang dirilis sekitar bulan April 2010, dihargai sekitar 4,5 juta sedangkan HTC Sensation yang hadir setahun setelahnya dibanderol dengan harga 5 jutaan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, meskipun kita semua tahu bahwa kedua smartphone ini didukung dengan OS yang berbeda. Seperti apa perbandingan keduanya? Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain dan dimensi

Sebagaimana telah dijelaskan dalam judul artikel ini, baik Nokia N8 dan HTC Sensation memiliki desain candybar dan didukung oleh layar sentuh. Sedangkan untuk masalah desain, HTC Sensation jelas terlihat berukuran lebih ramping dan bobotnya juga lebih ringan dibandingkan Nokia N8.

Layar

Nokia N8 memiliki ukuran layar yang lebih kecil dengan layar AMOLED 3.5 inci dan resolusi 360 x 640 piksel. Sedangkan HTC Sensation memiliki layar S-LCD dengan ukuran 4.3 inci dan resolusi 540 x 960 piksel. Kelebihannya, kedua smartphone ini didukung dengan Gorilla Glass.

Performa

Nokia N8 menggunakan sistem operasi Symbian^3, sedangkan HTC Sensation memakai sistem operasi Android 2.3 Gingerbread dengan tampilannya yang menggunakan HTC Sense UI 3.1 versi terbaru. Masalah kinerja, Nokia N8 ditenagai dengan prosesor 680MHz dan dukungan RAM 256MB. Sedangkan HTC Sensation menggunakan prosesor dual core 1GHz dengan RAM 768MB.

Kamera

Nokia N8 hadir dengan kamera high end sangat mantap dengan resolusi 12MP dengan Carl Zeiss Optics dan Xenon Flash, selain itu juga disertai dengan kemampuan merekam video HD 720p. Sedangkan HTC Sensation berkamera 8MP dengan dual LED Flash dan dibekali kemampuan merekam video HD 1080p dengan stereo sound.

Memori dan konektifitas

Nokia N8 juga unggul dalam hal kepemilikan memori internal 16GB dengan slot microSD hingga 32GB. Sedangkan HTC Sensation memiliki internal memori hanya 1GB yang didukung dengan slot microSD hingga 32GB. Selain itu, keduanya dilengkapi dengan fitur konektifitas untuk menunjang berbagai aktifitas usersnya seperti WiFi, Bluetooth dan jaringan 3G /HSDPA.

Kesimpulan

Keunggulan Nokia N8 terletak pada kamera yang jauh lebih mantap dengan tingkat resolusi 12MP serta kapasitas memori internalnya yang mencapai 16GB. Sedangkan HTC Sensation unggul dalam pemakaian sistem operasi Android dengan dukungan prosesor yang lebih cepat dan layarnya yang juga lebih besar. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel