1

Sejarah BlackBerry dan Beberapa Fitur Unggulannya

18 Nov 2011 10:04 4955 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
BlackBerry merupakan salah satu perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa tahun belakangan penggunaan *gadget* canggih yang satu ini sempat begitu fenomenal hingga akhirnya menjadi *trend setter* di masyarakat sebagai salah satu kebutuhan pendukung dalam dunia *fashion*. Di luar itu semua, tahukan Anda mengenai **sejarah BlackBerry**?

BlackBerry merupakan salah satu perangkat selular yang memiliki kemampuan layanan push e-mail, telepon, sms, menjelajah internet, messenger dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa beberapa tahun belakangan penggunaan gadget canggih yang satu ini sempat begitu fenomenal hingga akhirnya menjadi trend setter di masyarakat sebagai salah satu kebutuhan pendukung dalam dunia fashion. Di luar itu semua, tahukan Anda mengenai sejarah BlackBerry?

Smartphone BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh salah satu perusahaan dari Kanada yaitu Research In Motion (RIM). Kemampuan produk yang dibuatnya dalam menyampaikan informasi melalui jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam sangat mengejutkan dunia. Di Indonesia sendiri, Sejarah BlackBerry pertama kali diperkenalkan pada pertengahan Desember 2004 oleh salah satu operator ternama Indosat dan perusahaan Starhub. Starhub merupakan perusahaan yang menjadi rekan utamanya BlackBerry. Setelah dipopulerkan oleh Indosat, kepopuleran BlackBerry di Indonesia diteruskan oleh operator lainnya yakni oleh XL Axiata dan Telkomsel.

Sejarah BlackBerry di Indonesia, lebih dikukuhkan lagi pada tahun 2010, di mana BlackBerry membuka kantor perwakilannya secara resmi di Indonesia sebagai desakkan dari pemerintah yang mana sempat menjadi bahan pembicaraan berbagai media massa pada saat itu.

Perangkat yang dinobatkan sebagai smartphone yang paling digemari di pasaran pada beberapa waktu belakangan ini, memiliki beberapa fitur andalan, seperti contohnya fitur email cepat (push email). Sebutan email cepat disandang oleh BlackBerry karena seluruh email baru, daftar kontak dan informasi kalender ditambahkan langsung pada BlackBerry secara otomatis.

Push email yang dimiliki BlackBerry memungkinkan pesan email yang masuk dapat diteruskan ke ponsel, dan email yang diterusan tersebut telah mengalami proses kompresi serta scan di server BlackBerry, sehingga Anda tidak perlu memperhatikan kerentanan virus. Sebuah email yang berukuran 1MB jika melalui push email bisa hanya menjadi 10kb dengan isi yang tidak berubah.

Dalam menggunakan layanan push email, pengguna tidak perlu mengakses internet terlebih dulu atau membukanya satu persatu, karena pengguna akan selalu terhubung secara kontinyuitas dengan internet melalui jaringan ponsel yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, maka BES akan menyampaikan email terbaru yang masuk.

Kemampuan lainnya adalah di mana BlackBerry mampu menampung emal hingga puluhan ribu tanpa adanya resiko hang, dengan catatan memori tersedia secara maksimal. Semua layanan BlackBerry memang dikenal sangat aman baik itu fitur email, chatting maupun browsing.

Dilatarbelakangi oleh fenomena BlackBerry yang banyak digemari masyarakat karena keunggulan fasilitas komunikasinya, membuat banyak perusahaan mobile berlomba-lomba menciptakan ponsel yang mirip dengan smartphone BlackBerry. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel