Adu Dua Handphone Tahan Banting - Motorola Defy Plus Vs Samsung Galaxy Xcover

23 Jan 2012 11:30 7012 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seorang petualang, yang suka menelusuri tempat-tempat tak terduga di jagat Indonesia tentunya membutuhkan sebuah ponsel yang berbeda dengan ponsel kebanyakan. Sebuah handphone tahan banting yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, sepertinya lebih cocok untuk digunakan para petualang.

Seorang petualang, yang suka menelusuri tempat-tempat tak terduga di jagat Indonesia tentunya membutuhkan sebuah ponsel yang berbeda dengan ponsel kebanyakan. Sebuah handphone tahan banting yang dapat bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, sepertinya lebih cocok untuk digunakan para petualang. Kali ini Paseban akan memberikan review perbandingan dua ponsel yang dapat melakukan hal itu, yakni Motorola Defy Plus dan Samsung Galaxy Xcover.

Dimensi

Motorola Defy Plus didesain dengan dimensi 107x59x13.4 mm dengan bobot 118 gram. Sementara itu, ponsel Xcover mempunyai dimensi 122 x 66 x 12 mm dengan berat 116 gram. Duel pertama dua handphone tahan banting ini sepertinya memunculkan hasil yang berimbang. Defy plus unggul dalam ukuran yang lebih kecil, sedangkan Xcover tampil sebagai ponsel yang lebih ringan.

Layar

Pada bagian layar, handphone tahan banting Motorola Defy Plus memiliki perlindungan anti gores berkat adanya teknologi layar Gorilla Glass. Layar touchscreen kapasitif milik ponsel ini berukuran 3.7 inci dengan resolusi 480x854 piksel. Untuk mempercantik tampilan, ponsel ini dilengkapi dengan UI MOTOBLUR dengan live widget dan touch sensitive controls.
Sementara itu, handphone tahan banting milik Samsung memiliki layar berukuran 3.65 inci dengan resolusi 320x480 piksel. Tentu saja ponsel yang memiliki layar kapasitif touchscreen ini juga dilengkapi dengan teknologi layar Gorilla Glass untuk melindunginya dari goresan. Selain itu terdapat pula UI Touchwiz, multitouch, sensor proximity, sensor accelerometer dan touch-sensitive controls.

Kali ini Paseban memberi gelar kemenangan pada Defy Plus yang tampil dengan kualitas layar lebih baik. Meskipun begitu, Xcover tetap lebih unggul pada fitur tambahan.

Performa

Handphone tahan banting ini diluncurkan dengan menggunakan OS Android Gingerbread 2.3. Di dalamnya terdapat chipset TI OMAP 3629 1GHz Cortex-A8. Plus. Terdapat pula GPU PowerVR SGX530 dengan RAM 512MB. Anda bebas untuk menggunakan ponsel ini di kolam renang atau tempat yang penuh debu. Ponsel yang memiliki sertifikasi IP67 anti air dan debu ini, dapat bertahan dalam air pada kedalaman 1 meter selama 30 menit. Tentu saja lubang pada jack audio ataupun konektivitas lainnya memiliki penutup khusus.

Sama halnya dengan Defy Plus, handphone tahan banting ini juga menawarkan sebuah ponsel dengan sertifikasi IP67. Artinya ponsel yang menggunakan OS Android Gingerbread 2.3 ini juga mampu bertahan di air dengan kedalaman maksimum 1 meter selama 30 menit. Ponsel ini menggunakan prosesor Marvell MG2 800 MHz yang ditunjang dengan RAM 512MB. Konektivitas seperti WiFi, Bluetooth, hingga microUSB 2.0 juga dapat dijumpai pada ponsel ini.

Kamera

Pada bagian belakang handphone tahan banting Motorola Defy Plus, terdapat kamera 5MP yang dilengkapi dengan auto-focus dan LED flash. Selain itu, fitur Geo-Tagging dan image stabilization pun melengkapi kehadiran kamera tersebut. Sayangnya pada bagian depan tak terdapat kamera sekunder. Sementara itu Xcover dilengkapi kamera 3.2MP di bagian belakang. Tentunya kualitas gambarnya cukup jauh dengan Defy Plus.

Memori dan Baterai

Handphone tahan banting milik Motorola diberi pasokan tenaga oleh baterai Li-Po 1700 mAh yang mampu bertahan selama 7 jam 10 menit talk time. Sedangkan pada kapasitas penyimpannya, ponsel ini menyediakan daya tampung sebanyak 2GB. Di sisi lain, ponsel Xcover ditunjang dengan baterai dan memori internal dengan kapasitas 150MB. Terdapat pula slot microSD yang dapat menambah daya tampung ponsel maksimum ini hingga 32GB. Untuk baterai, ponsel ini memiliki baterai Li-Ion yang mampu bertahan selama 11 jam. Dari kualitas baterai, Xcover jelas tampil sebagai pemenang. Meskipun ponsel ini memiliki kapasitas memori internal sedikit, namun terdapat slot microSD yang bisa memberi daya tampung tambahan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan Paseban lebih condong untuk memilih handphone tahan banting Motorol a Defy Plus sebagai pemenang dalam duel kali ini. Bagaimana dengan Anda? [IB]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel