Perang Smartphone Terbaru Berbanderol Rp 3 juta-an - Huawei Honor versus BlackBerry Curve 9360

11 Jan 2012 18:30 3355 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Siapa yang akan memenangkan pertandingan seru dua *smartphone* berbanderol di atas Rp 3 juta-an, yakni antara Huawei Honor yang akan ditantang oleh BlackBerry Curve 9360. Keduanya mengandalkan desain yang berbeda, di mana Huawei Honor bangga dengan *platform candybar* yang didukung oleh layar sentuh *(touchscreen)*, sedangkan BlackBerry Curve merupakan *smartphone* QWERTY.

Siapa yang akan memenangkan pertandingan seru dua smartphone berbanderol di atas Rp 3 juta-an, yakni antara Huawei Honor yang akan ditantang oleh BlackBerry Curve 9360. Keduanya mengandalkan desain yang berbeda, di mana Huawei Honor bangga dengan platform candybar yang didukung oleh layar sentuh (touchscreen), sedangkan BlackBerry Curve merupakan smartphone QWERTY.

Mari kita sama-sama amati, mana di antara kedua smartphone ini yang lebih unggul berdasarkan analisis beberapa fitur utamanya di bawah ini.

Dimensi

Huawei Honor rupanya memiliki dimensi yang lebih berat dibandingkan siangannya BlackBerry Curve dengan 122 x 61 x 11 mm dengan berat 140 gram. Sedangkan BlackBerry Curve trelihat lebih ringan dengan 109 x 60 x 11 mm dengan berat 99 gram. Bisa dikatakan berat BlackBerry Curve hanya 2/3-nya saja dari Huawei Honor, dan tentu saja beda berat 41 gram cukup dirasakan signifikan.

Layar

Ukuran yang lebih besar mmebuat Huawei Honor unggul dalam soal memiliki layar yang lebih lebar dibandingkan BlackBerry Curve dengan 4.0 inchi, resolusi 480 x 854 pixels, accelerometer sensor for auto-rate, touch sensitive control, multi-touch input method, gyro sensor. Sedangkan BlackBerry Curve hanya memiliki dimensi layar 2.44 inchi dengan resolusi 480 x 360 pixels (lebih rendah).

Performa

Huawei Honor ditengarai memiliki kinerja yang lebih responsif karena berkekuatan 1.4 GHz processor dan RAM sebesar 512 MB, serta memakai Android 2.3 Gingerbread yang kemudian bisa di-upgrade menjadi Android 4.0 ICS. Sedangkan BlackBerry Curve menggunakan BlackBerry OS7, yang hanya didukung oleh 800 MHz dan RAM sebesar 512 MB.

Kamera

Keunggulan diatas, semakin dikukuhkan dengan keunggulan kamera Huawei Honor yang beresolusi 8 megapixels yang memiliki kemampuan merekam video HD 720p, auto-focus, LED flash, Geo-tagging, face detection, HDR dan kamera depan 2 megapixels. Sedangkan BlackBerry Curve hanya didukung oleh kamera resolusi 5 megapixels.

Baterai dan Memori

Soal baterai pun demikian, Huawei Honor unggul dengan dilengkapi Li-Po berkapasitas 1900mAh, sedangkan BlackBerry Curve dilengkapi dengan baterai Li-Ion berkapasitas 1000mAh. Memori internal Huawei Honor berkapasitas sampai 1 GB dengan slot microSD sampai 32GB sedangkan BlackBerry Curve hanya dibekali dengan 512 MB internal memory dengan slot microSD 32 GB.

Kesimpulan

Terlihat bahwa dari perbandingan berdasarkan instrumen fitur-fitur yang dimiliki kedua smartphone anyar ini, kekecewaan bagi para user BlackBerry khususnya tipe Curve 9360 ini rupanya tak bisa dibendung lagi karena Curve kalah telak dibandingkan Huawei Honor. Tercatat, bahwa BlackBerry Curve hanya unggul dalam dimensi yang memiliki berat dan ukuran lebih ringan. [EH]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel