Aplikasi Android Untuk Menghadirkan Apple Airplay ke Perangkat Google

2 Jan 2012 11:00 4075 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Paseban sudah pernah membahas AirPlay, fitur khusus iOS 5 yang memungkinkan pengguna untuk *wirelessly stream audio* dan video dari perangkat iOS (iPhone & iPad) ke Apple TV, Airport Express, atau *hardware* Apple lain yang kompatibel.

Paseban sudah pernah membahas AirPlay pada artikel sebelumnya, fitur khusus iOS 5 yang memungkinkan pengguna untuk wirelessly stream audio dan video dari perangkat iOS (iPhone & iPad) ke Apple TV, Airport Express, atau hardware Apple lain yang kompatibel. Namun kini Airplay bukanlah teknologi khusus milik Apple, terdapat aplikasi Android yang memungkinkan Airplay bisa digunakan pada perangkat Google seperti smartphone Android dan Google TV.

doubleTwist

doubleTwist adalah pengembang aplikasi Android yang memungkinkan pengguna perangkat Android (smartphone atau tablet PC Android) menggunakan perangkatnya seperti layaknya sebuah perangkat iOS (iPhone atau iPad).

  • doubleTwist for PC

    Terdapat doubleTwist Player untuk Windows dan Mac OS X yang memiliki tampilan dan fungsi seperti iTunes. doubleTwist akan membaca iTunes library di Windows atau Mac OS X dan menampilkannya sama persis di doubleTwist Player.

  • doubleTwist for Android

    doubleTwist player untuk Android juga tersedia untuk Anda download secara gratis di Android Market. Tetapi untuk bisa sinkronisasi dengan doubleTwist Player versi PC anda perlu tambahan Airsync (yang bisa Anda unduh di sini) yang dibanderol seharga $4.99 di Android Market. Atau Anda bisa membelinya langsung dari aplikasi doubleTwist Player di Android Anda.

Dengan software PC dan aplikasi Android ini, fungsi Apple Airplay bisa Anda lakukan melalui smartphone Android. Fungsi Airplay wireless stream foto, audio, dan video yang dulunya hanya eksklusif dari perangkat iOS (iPhone atau iPad) ke Apple TV, kini bisa Anda lakukan dengan perangkat Android (smartphone atau tablet PC Android) ke Apple TV.

Airtight

Aplikasi Android Airtight adalah aplikasi yang tersedia di Android market untuk Google TV. Airtight adalah Airplay untuk Google TV. Airtight adalah aplikasi dari pengembang pihak ketiga dan tidak ada hubungannya dengan Apple.

Dengan aplikasi Android ini, wireless stream foto dan video dari perangkat iOS (iPhone dan iPad) ke Google TV bisa dilakukan. Aplikasi yang terbilang baru ini masih memiliki beberapa kelemahan seperti: belum mendukung stream audio dan masih dalam perkembangan, fungsi mirroring Airplay (yang bisa Anda ketahui lebih detail pada artikel Paseban di sini) juga masih belum didukung, tidak mendukung video yang memiliki proteksi DRM (Digital Right Management).

Dari perkembangan ini bisa kita lihat iPhone dan Android makin mendekati istilah berfungsi sama. Tetapi satu teknologi Apple yang masih belum bisa ditiru oleh Google maupun pengembang pihak ketiga, yaitu teknologi Artificial Intellegent milik Siri yang sangat impresif. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel