Perbandingan Perfoma Prosesor Smartphone antara Nvidia Tegra 4 dan Snapdragon S800

19 Mar 2013 11:15 5950 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di awal tahun 2013, NVIdia mengumumkan merilis prosesor untuk smartphone atau mobile System terbaru bernama Tegra 4. Tegra 4 menggunakan Arsitektur dari ARM Cortex dengan jumlah core sebanyak 4 buah. Jadi untuk saat itu, Tegra 4 menjadi yang terkuat dan tercepat di saat itu. Tetapi Tegra 4 ini menjadi tantangan dari Qualcomm, Qualcomm yang menjadi salah satu produsen Chipset untuk Smartphone merilis Produk terarunya Snapdragon S800.

Di awal tahun 2013, Nvidia mengumumkan merilis prosesor untuk smartphone atau mobile System terbaru bernama Nvidia Tegra 4. Tegra 4 menggunakan Arsitektur dari ARM Cortex dengan jumlah core sebanyak 4 buah. Jadi untuk saat itu, Tegra 4 menjadi yang terkuat dan tercepat di saat itu. Tetapi Tegra 4 ini menjadi tantangan dari Qualcomm, Qualcomm yang menjadi salah satu produsen Chipset untuk Smartphone merilis Produk terarunya Snapdragon S800. Snapdragon ini menggunakan jumlah core yang sama dengan Tegra 4 berjumlah 4 buah core. Tetapi presiden dari Qualcomm meyakini bahwa performa dari Snapdragon S800 lebih baik dari Tegra 4.

Spesifikasi dari Qualcomm Snapdragon S800, menggunakan prosesor dengan ukuran 28nm HPm( High performance Mobile) sebauh prosesor yang di desain secara khusus untuk di gunakan di dalam sistem mobile, dengan arstektur ini Qualcom mampu menghemat tenaga mencapai 30% dibandingkan dengan biasanya.

Selain hemat tenaga, Snapdragon dilengkapi dengan GPU Ardeno 330. GPU terbaru yang menjadi terbaik saat ini. Snapdragon S800 mampu running sampai 2,8 GHz dan ditambah dengan GPU Ardeno 330, di yakini Snapdragon ini mampu menandingi kemampuan dari Tegra 4. Dan bahkan CEO dari Qualcomm meyakini bahwa chipset buatan mereka ini lebih baik dibandingkan dengan Tegra 4.

Nvidia merilis Tegra 4 berbarengan mereka akan merilis sebuah Gamepad yang menggunakan Prosesor Tegra 4 dan berbasis pada Game Android. bagi yang menggunakan GPU buatan Nvidia baik di PC atau notebook pasti sudah mengenal kehebatan GPU buatan mereka belum lagi ditambah dengan kemampuan CUDA.

Spesifikasi dari Tegra 4 menggunakan 4 buah core CPU dan di tambah dengan shader Core atau GPU dengan jumlah core 72 buah. Ini menjadikan kemampuan dari Tegra 4 dalam mengolah grafis menjadi sangat unggul dibandingkan dengan Chipset lainnya bahkan dengan Tegra 3 saja kemampuan sudah meningkat jauh.

CPU

Di Core Prosesor, kemampuan dari Snapdragon lebih baik di bandingkan dengan kemampuan dari Tegra 4. Snapdragon S800 mampu bekerja sampai kecepatan 2,4 GHz, bandingkan dengan Tegra 4 yang bekerja sampai kecepatan 1,9 GHz. perbedaan yang mencepai 500MHz ini agak sedikit mencolok di antara keduanya. Tetapi yang menarik bukan hanya persoalan siapa yang memiliki kemampuan lebih cepat atau tidak, karena Qualcomm menggunakan arsitektur HPm ini dan arsitektur dengan ukuran 28nm. Prosesor buatan Qualcomm ini mampu bekerja dengan lebih efisien dan hemat energi dibandingkan dengan CPU buatan Nvidia. Dari ini Snapdragon S800 jelas memenangkan persaingann dengan Nvidia Tegra 4.

GPU

Untuk menandingin kemampuan dari Snapdragon S800, Qualcomm memasang GPU Adreno 330 di dalam chipset mereka ini. Adreno 330 menjadi yang terbaik saat ini di kelas GPU. Dan ini menjadikan Snapdragon ini lebih menarik, tetapi jangan lupa kalau Nvidia Tegra 4 menggunakan jumlah core di GPU lebih banyak dari GPU mana pun. Nvidia Tegra 4 memiliki jumlah 72 Core di dalam GPU mereka. Jelas meskipun Adreno 330 menjadi terbaik di kelas GPU high end, tetapi dengan Tegra 4 mereka bukan lah tandingan mengenai kemampuan mengolah grafis. Di bagian GPU ini memenangakan persaingan dengan Tegra 4 mereka yang memiliki 72 core di GPU mereka.

On-Chip Features & Battery Life

Arsitektur yang dimiliki oleh Prosesor untuk mobile berbeda dengan sitem di dalam notebook atau PC. Di dalam Arsitektur Mobile menggunakan SoCs, System on a Chip. Jadi sebuah Chip itu akan terdiri dari CPU, GPU, Wireless, dan lain - lain.

Untuk bagian ini Snapdragon 800 memengangkan persaingan, karena Snapdragon dilengkapi dengan accelator, 4G LTE, Gigabyte Wireless dan lain-lain. Berbeda dengan Tegra 4 yang hanya merupakan sebuah Chip biasa,tanpa di lengkapi apa pun. Ini tergantung dari si Vendor pembuat dari Smartphone atau Tablet yang menggunakan Tegra 4, jadi Tegra 4 ini tidak memiliki sistem terintegrasi di dalamnya.

Sejauh ini Snapdragon S800, memenangkan persaingann dengan Nvidia Tegra 4. Hal ini dikarenakan harga yang lebih murah dibandingkan Tegra 4 dan efisiensi dalam penggunaan Energi baterai. Tetapi buat penyuka game dan grafis dengan kualitas HD, lebih baik memiliki Smartphone atau Tablet yang menggunakan Tegra 4 karena kemampuan Tegra 4 jelas lebih baik di bandingkan prosesor yang menggunakan Quad Core lainnya. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel