Perbandingan Menyeluruh Samsung Galaxy Tab 7.0 plus VS Samsung Galaxy Note

16 Dec 2011 10:00 12728 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung Galaxy telah menjadi merek dagang untuk berbagai perangkat mobile mulai dari *smartphone* hingga tablet. Kali ini kita akan membandingkan dua buah Samsung Galaxy, yakni Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus.

Samsung adalah produsen telah terkenal di pasar smartphone dan tablet. Mereka menghasilkan keadaan perangkat yang inovatif dan enak dilihat mata, dan telah berhasil menggabungkan hardware dan software canggih dalam perangkatnya. Samsung Galaxy telah menjadi merek dagang untuk berbagai perangkat mobile mulai dari smartphone hingga tablet. Kali ini kita akan membandingkan dua buah Samsung Galaxy, yakni Samsung Galaxy Note dan Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus.

Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus

Setahun belakang, Samsung merilis Galaxy Tab 7.0. Sayangnya, perangkat ini tidak terlalu sukses karena alasan tertentu seperti masalah berat, OS dan harga. Kini Samsung telah memastikan bahwa ia telah memperbaikinya di Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus. Ia menggunakan Android OS v3.2 Honeycomb. Ia juga dibuat lebih ringan dan lebih kecil. Galaxy Tab 7 Plus hadir dengan warna Gray Metalic dan perangkat ini dimaksudkan untuk digunakan dalam orientasi potret. Samsung Galaxy Tab 7.0 Plus memiliki dimensi 193,7 x 122,4 mm dan ketebalan 9.9mm. Ia hanya berbobot 345g, dan ukurannya ini mengalahkan kebanyakan tablet sekitar.

Galaxy Tab 7 Plus memiliki fitur 7,0 inci LCD PLS Capacitive touchscreen dengan 16 juta warna. Ia memiliki resolusi 1024 x 600 pixel dan kepadatan 170ppi. Layarnya merupakan kombinasi yang menyenangkan, yang mentolerir sudut pandang ekstrim. Perangkat ini muncul dengan prosesor 1.2GHz Exynos Samsung dual core yang dipasangkan dengan RAM. Selain itu terdapat dua kapasitas penyimpanan 16GB dan 32GB juga pilihan untuk memperluas memori dengan menggunakan slot kartu microSD.

Samsung Galaxy Tab 7 Plus dilengkapi dengan kamera 3.15MP yang memiliki LED flash dan autofocus. Ini memiliki Geo-tagging dengan Assisted GPS serta menangkap video HD 720p. Untuk menyenangkan para penggemar video call, ia juga datang dengan kamera 2MP di bagian depan. Namun kita perlu menggunakan Skype atau semacam perangkat lunak melalui Wi-Fi 802.11 b/g/n. Perangkat ini juga dapat bertindak sebagai hotspot Wi-Fi. Ia juga disertai dengan konektivitas Bluetooth v3.0.

Galaxy Tab 7 Plus datang dengan semua aplikasi Android generik dan beberapa modifikasi yang ditambahkan ke user interface Samsung dengan menampilkan TouchWizUx UI. Ia memiliki sensor accelerometer, sensor Gyro, sensor jarak serta kompas digital. Galaxy Tab 7 Plus memiliki baterai 4000mAh, yang menjanjikan kehidupan 8 jam pada penggunaan standar.

Samsung Galaxy Note

Pada pandangan pertama, Anda mungkin bertanya-tanya apakah ini sebuah smartphone atau tablet. Galaxy Note memiliki dimensi 146,9 x 83 mm. Tapi perangkat ini setebal Galaxy S II, yakni sekitar 9.7mm dan berat 178g. Ini cukup besar dan kuat untuk ukuran ponsel namun menjadi ekstra ringan untuk ukuran tablet.

Keistimewaan dari Galaxy Note dimulai dengan 5,3 inci Super AMOLED touchscreen HD Capacitive yang datang dengan cover Hitam atau Putih. Ia memiliki resolusi super 1280 800 piksel dan kepadatan pixel 285ppi. Didukung monitor besar dengan resolusi 480 x 640 piksel, smartphone ini menjamin untuk mereproduksi gambar yang jernih dan teks tajam yang Anda dapat baca bahkan di siang hari bolong.

Galaxy Note juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass yang membuat layar tahan gores. Galaxy Note juga memperkenalkan S Stylus Pen. Ini hanyalah tambahan jika Anda harus mengambil catatan atau bahkan menggunakan tanda tangan digital dari perangkat Anda tersebut.

Galaxy Note muncul dengan 1.4GHz prosesor ARM Cortex A9 dual core di atas chipset Exynos Samsung. Ia didukung oleh RAM 1GB dan seluruh set up berjalan pada Android Gingerbread v2.3.5. Tadinya ada satu kelemahan perangkat ini, yakni OS. Namun Samsung ternyata menyediakan upgrade untuk OS-nya. Dan ia datang dengan penyimpanan baik 16GB atau 32GB, juga tersedianya pilihan untuk menggunakan microSD card.

Galaxy Note dilengkapi dengan kamera 8MP dengan LED flash dan autofocus bersama dengan beberapa fitur tambahan seperti fokus sentuh, stabilisasi gambar dan Geo-tagging dengan A-GPS. Kamera juga dapat menangkap video 1080p HD dengan @30 frame per detik. Ia juga memiliki kamera depan 2MP dengan v3.0 Bluetooth.

Untuk konektivitas Galaxy Note menggunakan jaringan LTE 700 untuk internet kecepatan tinggi bersama dengan Wi-Fi 802.11 a/b /g/n. Ia juga dapat bertindak sebagai wi-fi hotspot dan built-in DLNA yang memungkinkan Anda untuk melakukan streaming konten media yang kaya ke layar besar secara wireless.

Terdapat pula satu set baru sensor seperti sensor Barometer disamping sensor accelerometer, proximity dan Gyro. Ini juga memiliki dukungan Near Field Communication (NFC) yang merupakan nilai tambah. Bagian terbaik dari Galaxy Note adalah waktu bicara yang lama yakni 26 jam, yang benar-benar mengagumkan untuk baterai 2500mAh.

Kesimpulan

Perbandingan ini sebenarnya tidak akan menghasilkan kesimpulan karena kedua perangkat ini adalah dua jenis perangkat dan melayani kebutuhan dan keinginan yang berbeda. Namun, kita dapat dengan mudah membangun perangkat terbaik antara dua dalam hal kinerja. Galaxy Note hanya unggul dalam daya CPU dan memiliki resolusi yang lebih tinggi dan layar yang jernih. Tapi masalahnya adalah, itu masih sebuah smartphone, bukan tablet. Oleh karena itu, jika Anda mencari tablet, Samsung Galaxy Note tidak akan menjadi pilihan Anda.

Namun jika Anda dapat berkompromi dan cukup puas dengan smartphone high end dengan layar yang cukup besar, Galaxy Note akan menjadi pilihan yang ideal. Ini memang adalah pilihan yang cocok untuk Personal bisnis karena ia juga dilengkapi dengan S Pen stylus, yang akan berguna ketika Anda harus membuat catatan cepat dan menggunakan tanda tangan Anda pada perangkat. Kemungkinan penyebab ketidaknyamanan lain adalah tag harga terkait Samsung Galaxy Note yang cukup tinggi.

Jadi, mengingat semua fakta ini, dan tentu saja akan tergantung pada kebutuhan Anda, Samsung Galaxy Tab 7 Plus adalah tablet yang ideal dan ringan sementara Samsung Galaxy Note adalah perangkat genggam yang ideal dengan layar terbesar yang akan Anda miliki di smartphone. Silahkan memilih! [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel