Aplikasi PDF for Android yang High Recommended

15 Dec 2011 17:30 6759 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Membaca *file* PDF memang butuh *software* tersendiri, baik itu dalam komputer PC maupun perangkat lain, tak terkecuali pada Android. Dan kini, Anda yang menggunakan perangkat Android bisa membaca file PDF dengan aplikasi PDF for Android di perangkat Anda.

Membaca file PDF memang butuh software tersendiri, baik itu dalam komputer PC maupun perangkat lain, tak terkecuali pada Android. Jika sebelumnya Paseban membahas apikasi file PDF reader untuk BlackBerry, maka pada artikel ini, Paseban akan membahas aplikasi PDF for Android terbaik yang bisa Anda download.

Aplikasi ini pastinya Anda butuhkan, terlebih jika Anda menyukai eBook dan ingin membacanya secara mobile serta tidak bergantung pada perangkat laptop atau komputer PC. Memang kebanyakan eBook atau dokumen lebih banyak diformat menjadi file PDF karena menjadi lebih menarik dan bisa dibuka tanpa harus di-extraxt jika dibandingkan dengan format file lain yang tidak bisa diedit secara manual.

Aplikasi PDF for Android sebenarnya sudah banyak beredar, namun tentu saja Paseban hanya akan merekomendasikan aplikasi PDF for Android terbaik, dengan pertimbangan reputasi, kelebihan dan keunggulan yang tidak dimiliki aplikasi PDF for Android lainnya. Berikut ini adalah berbagai aplikasi PDF for Android yang Paseban rekomendasikan untuk Anda.

Foxit Mobile PDF Reader

Foxit Mobile PDF Reader merupakan aplikasi PDF reader yang juga sudah familiar, sebelumnya software ini sudah beredar untuk perangkat desktop. Jika Anda sudah terbiasa membaca file PDF di desktop melalui software ini, Anda tidak perlu berpikir dua kali untuk mengunduh aplikasi PDF for Android ini.

Fitur yang ada pada Foxit versi mobile ini juga tak kalah dengan versi desktop, dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu repot untuk membaca file PDF dan penggunaannya pun yang relatif mudah, seperti bagaimana menggunakan scroll, mencari kata-kata atau pindah halaman dari satu halaman ke halaman yang lain. Pihak developer pun sesumbar kalau semua file berformat PDF bisa terbaca di aplikasi ini.

Hanya saja, kelemahan dari aplikasi ini yakni berbayar. Untuk Foxit Mobile PDF Reader versi 1.0 saja sudah dipatok dengan harga USD 2.99, dan kemungkinan harganya akan naik untuk versi pengembangan selanjutnya. Kekurangan lain untuk aplikasi yang berukuran 8,1 MB ini yakni tidak semua perangkat Android mendukung aplikasi Foxit Mobile PDF Reader, aplikasi ini hanya berjalan pada Android 2.1 ke atas. Jika Anda tertarik dengan aplikasi ini, Anda bisa men-download-nya di Android Market.

Adobe Reader for Android

Jika di-polling dari segi popularitas, Adobe Reader mungkin menjadi aplikasi PDF Reader yang terpopuler sekaligus yang terfavorit mengalahkan Foxit PDF Reader dan aplikasi sejenisnya. Untungnya pihak developer terus mengembangkan Adobe Reader hingga merambah ke Android.

Ketika Anda menjalankan Adober Reader for Android, kesan Anda pertama kali mungkin beranggapan bahwa aplikasi ini hampir tak ada bedanya dengan versi desktop. Namun tentunya fitur yang ada pada Adobe Reader untuk versi Android ini mengalami sedikit perampingan, Anda tidak bisa sebebas mengakses Adobe Reader seperti pada versi desktop.

Terlepas dari itu semua, aplikasi ini tidak mengurangi kenyamanan Anda dalam membaca file PDF, pihak developer telah menyediakan fitur seperti pencarian teks atau memproteksi file PDF itu sendiri.

Dengan aplikasi ini, Anda juga memungkinkan untuk membuka file PDF langsung dari email atau web, bahkan bsia mengirim file PDF melalui email. Satu yang pasti, aplikasi Adobe Reader untuk Android ini sudah didukung dengan berbagai bahasa seperti bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Italia, Spanyol, Belanda, Denmark, Portugis, Swedia, Rusia, Ceko, Polandia dan Turki.

Sama saja dengan Foxit Mobile, aplikasi PDF for Android ini hanya berjalan untuk Android versi 2.1 ke atas, namun aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di Android Market. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel