Mengenal Hardware vs Software pada Smartphone

11 Dec 2011 11:00 6123 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Istilah Hardware vs Software sering sekali kita temukan, baik itu dalam dunia *mobile* maupun dalam dunia komputer. Hardware dalam sistem komputer mengacu kepada peralatan fisik yang secara langsung terlibat dalam kinerja pengolahan data atau fungsi komunikasi, seperti unit pengolahan pusat, perangkat periferal dan memori.

Istilah Hardware vs Software sering sekali kita temukan, baik itu dalam dunia mobile maupun dalam dunia komputer. Hardware dalam sistem komputer mengacu kepada peralatan fisik yang secara langsung terlibat dalam kinerja pengolahan data atau fungsi komunikasi, seperti unit pengolahan pusat, perangkat periferal dan memori. Sedangkan Software merupakan kode dan instruksi yang mengontrol fungsi Hardware dan pengoperasiannya secara langsung, seperti Microsoft dan Internet browser.

Baik Hardware vs Software, keduanya merupakan komponen yang paling integral dari semua perangkat elektronik digital seperti halnya komputer, sistem seluler, sistem satelit dan lain sebagainya. Komputer di sini mengacu kepada hal kinerja dalam sebuah kombinasi untuk membuat fungsi dari komputer itu sendiri.

Untuk membuat sistem operasional, baik Hardware vs Software harus saling mendukung dan melengkapi untuk menjalankan sebuah program. Komponen komputer yang memiliki eksistensi fisik dan bisa dijamah disebut Hardware sedangkan Software merupakan program-program yang dijalankan pada Hardware. Kedua komponen ini memiliki identitas, fungsi dan kemampuan masing-masing, sehingga ketika Hardware tidak dilengkapi dengan Software akan menjadi tidak berguna, begitupun sebaliknya.

Hardware

Setiap komponen yang dapat diamati secara visual dan memiliki keberadaan fisik maka dia disebut sebagai Hardware. Semua bagian dari komputer, baik di dalam atau di luar termasuk ke dalam Hardware atau perangkat keras. Singkatnya, semua komponen yang bisa dijamah atau diraba dan dirakit untuk dibuat menjadi sebuah komputer juga disebut Hardware, seperti motherboard, harddisk, prosesor, RAM, CD atau DVD drive, mouse, keyboard, kabel data, power supply dan lain-lain. Tanpa Hardware, tidak ada yang bisa menjalankan Software, sehingga tidak akan ada komputer atau perangkat elektronik digital lainnya jika tidak ada Hardware.

Software
Jika Anda ingin melakukan beberapa pekerjaan dengan sebuah komputer, maka tanpa adanya Software8 yang tertanam di perangkat komputer tersebut mustahil untuk dilakukan. *Software merupakan kombinasi program-program yang menggunakan Hardware /perangkat keras untuk membuat komputer atau perangkat digital yang fungsional.

Sebenarnya, Software berjalan pada Hardware untuk mengeksekusi program apapun. Software merupakan kompilasi program komputer, dokumentasi dan prosedur. Setiap program yang digunakan untuk melakukan tugas pada komputer dikirimkan dengan sebuah perintah berupa instruksi kepada Hardware. Contoh Software di antaranya seperti sistem operasi, web browser, MS-Office, pemrograman software dan lain sebagainya.

Perbedaan dan persamaan
Hardware akan berfungsi ketika Software telah ter-install di dalamnya, di sisi lain untuk mengirimkan beberapa instruksi Software pun membutuhan Hardware. Komponen Hardware bisa sama untuk berbagai jenis Software, dan dengan demikian berarti semua jenis Software dapat dijalankan pada Hardware yang sama tanpa harus mengubah struktur dasar atau bagian-bagiannya. Kalaupun ada yang harus ditambahkan, mungkin hanya beberapa modifikasi yang diperlukan untuk menjalankan Software yang berat.

Hardware adalah komponen yang dapat menyimpan data, sementara datanya itu sendiri disebut sebagai Software. Sebuah Hardware memungkinkannya untuk bisa menjalankan lebih dari satu Software dalam satu waktu, namun juga bukan hal yang tidak mungkin untuk bekerja pada program yang sama dan tunggal pada satu Hardware atau lebih.

Kemajuan teknologi yang pesat memberikan dampak yang cukup cepat juga dalam kasus pengembangan Software seperti munculnya versi baru dari sistem operasi dari perusahaan yang sama atau sistem operasi dengan fitur yang berbeda dari perusahaan lain.

Sebaliknya, kemajuan Hardware cukup lambat dibandingkan dengan perkembangan Software karena membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengubah spesifikasi prosesor atau meningkatkan kapasitas penyimpananp pada hard drive.

Ringkasan

Hardware vs Software memiliki fungsi, struktur dan penampilan yang beragam, tetapi fakta bahwa keduanya akan menjadi tidak berguna jika tidak saling melengkapi satu sama lain.
Hardware akan berfungsi ketika Software telah ter-install di dalamnya, demikian pula sebaliknya, untuk menjalankan sebuah program Software Anda akan membutuhkan Hardware untuk menjalankan program tersebut. Oleh karena itu, di samping semua perbedaan yang telah dijelaskan di atas, baik Hardware maupun Software keduanya sangat penting untuk saling melengkapi satu sama lain. [MG]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel