Alcatel One Touch Fire & ZTE Open - Smartphone Pertama yang Menggunakan Firefox OS

26 Feb 2013 19:30 1833 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah di tunggu - tunggu, akhirnya Smartphone yang menggunakan Sistem operasi Firefox OS di perkenalkan di perhelatan Mobile World Congress 2013.

Setelah di tunggu - tunggu, akhirnya Smartphone yang menggunakan Sistem operasi Firefox OS di perkenalkan di perhelatan Mobile World Congress 2013. Alcatel menjadi salah satu produsen pertama yang memperkenalkan Smartphone yang menggunakan sistem operasi Firefox OS ini. Alcatel dan Mozilla memperkenalkan smartphone ini dengan nama Alcatel One Touch Fire.

Spesifikasi dari Smartphone ini memang tidak terlalu mewah, malah terkesan bahwa produk ini disasar untuk kelas Low–end. Hal ini dikarenakan Spesifikasi yang terdapat di dalam Alcatel One Touch Fire ini bisa kita temui di dalam Smartphone dengan kelas low end. Mungkin ada alasan yang bagus kenapa Mozilla dan Alcatel menerapkan spesifikasi ini untuk pertama kali.

Dari segi desain, Smartphone ini memiliki bentuk lebih pendek dibandingkan dengan Smartphone yang biasanya memiliki tinggi yang lebih. Alcatel One Touch Fire menggunakan layar display dengan ukuran 3.5 inci. Smartphone ini menggunakan Prosesor single Core dengan kecepatan 1GHz, dan kapasitas memory RAM 256 MB mungkin kapasitas memori RAM sebesar ini agak sedikit mengecewakan karena saat ini biasanya sebuah Smartphone Android rata- rata sudah mulai menggunakan memori RAM dengan kapasitas di atas 512MB. Malah beberapa rilis terhadap Smartphone Android dengan kelas middle end dan Low End menggunakan Memori RAM 1GB. Memori Internal yang di pakai di One Touch Fire berjumlah 512MB. Kamera yang terpasang hanya berada di belakang dengan menggunakan kamera dengan kemampuan 3.2 Megapixel.

Selain dengan Alcatel One Touch Fire, Mozilla juga bekerja sama dengan ZTE untuk mengeluarkan Smartphone dengan Firefox OS. Dan di MWC 2013, ini Mozilla dan ZTE merilis hasil kerja sama mereka, ZTE Open. Di hari perilisan ini ZTE memperkenalkan Smartphone buatan mereka yang menggunakan sistem operasi Firefox OS. Tidak berbeda jauh dengan Spesifikasi dari Alcatel One Touch Fire, spesifikasi dari Smartphone ZTE Open juga tidak terlalu luar biasa malah bisa dibilang di bawah dari spesifikasi dari Alcatel One Touch Fire.

ZTE Open menggunakan tipe prosesor Cortex A5 buatan Qualcomm dengan kecepatan 600 MHz sampai 800MHz. Untuk pelengkapnya ZTE memasang memory RAM dengan kapasitas memori RAM 256 MB, untuk internal memori ZTE Open menggunakan memori dengan kapasitas 512MB. Sama dengan Alcatel One Touch Fire yang menggunakan kamera belakang, ZTE Open pun sama menggunakan kamera belakang dengan kemampuan 3.2 Megapixel. Dengan spesifikasi seperti ZTE Open dan Alcatel One Touch Fire ini membawa kita kembali ke tahun 2010 dan 2011, dimana Smartphone Android mulai booming dan lahir. Karena Spesifikasi dari kedua Smartphone ini sama dengan Smartphone Android di era itu.

Harapan bahwa Firefox OS akan menggunakan spesifikasi tinggi mungkin masih menunggu waktu. Atau juga ini sebagai bukti dari Mozilla bawa Firefox OS buatan mereka bisa berjalan lebih ringan dan tangguh meskipun menggunakan Smartphone dengan spesifikasi rendah seperti perkataan mereka di awal- awal project dari Firefox OS. Setidaknya kita masih berharap sistem operasi yang dibuat dengan menggunakan platform Open Web Standars dan menggunakan HTML5 bisa digunakan di Smartphone dengan spesifikasi tinggi seperti menggunakan prosesor dual core dan GPU sehingga kita bisa melihat performa dari Firefox OS ini dengan baik dan maksimal.

Untuk langkah awal Mozilla sudah mengikat kontrak dengan beberapa vendor telekomunikasi ternama di Eropa dan Amerika Selatan. Mozilla sudah mengikat kontrak dengan 18 operator telekomunikasi di antaranya dengan Telefonica dari Spanyol, Hutchinson Three group yang merupakan induk perusahaan dari telekomunikasi Three (3) di Indonesia, China Unicom, Deutsche Telekom dari Belanda dan Sprint. Beberapa Operator Telekomunikas besar di Amerika Utara dan sebagian Eropa belum mengikat kontrak untuk mendukung platform dari Firefox OS. Dan untuk pengiriman awal, Smartphone dengan Firefox OS akan pertama kali di kirim ke negara-negara Amerika Selatan dan sebagain wilayah Eropa seperti Brazil, Kolombia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela. [ENJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel