AHA Touch Dan Android Smartfren Wide - Smartphone Android CDMA Yang Beredar Di Indonesia

11 Jul 2011 14:30 6070 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Anyway, Paseban kali ini ingin membahas dua smartphone Android yang berjalan pada jaringan CDMA tersebut, yaitu Huawei IDEOS C8150, yang lebih dikenal dengan nama AHA Touch, dan ZTE Wide, atau lebih dikenal dengan Android Smartfren Wide.

Ditengah maraknya Android, Paseban mencoba mencari perangkat smartphone Android yang berjalan pada jaringan CDMA. Dan bukan suatu hal yang mengejutkan apabila Paseban hanya menemukan dua smartphone Android yang beredar di pasar Indonesia. Memang dalam hal teknologi, jaringan CDMA jarang dilirik oleh masyarakat, selain sebagai jaringan telepon murah. Padahal dalam hal kemampuan, khususnya layanan data untuk fitur smartphone Android yang menuntut full online, jaringan CDMA tidak kalah dengan GSM.

Anyway, Paseban kali ini ingin membahas dua smartphone Android yang berjalan pada jaringan CDMA tersebut, yaitu Huawei IDEOS C8150, yang lebih dikenal dengan nama AHA Touch, dan ZTE Wide, atau lebih dikenal dengan Android Smartfren Wide.

AHA Touch merupakan produk bundling milik AHA, jaringan telekomunikasi yang berada di bawah payung Bakrie selain Esia. Sementara Android Smartfren Wide, seperti namanya, merupakan bundling dari operator Smartfren. Untuk konektivitas, kedua perangkat memiliki spesifikasi yang sama yaitu didukung dengan teknologi EVDO rev. A yang memiliki kecepatan download maksimal 3.1mbps dan kecepatan upload maksimal 1.8mbps.

Kedua perangkat ini dilengkapi juga dengan fitur-fitur seperti WiFi 802.11, dengan fitur Mobile Hotspot untuk berbagi koneksi internet, Bluetooth, dan GPS. Selain itu kedua perangkat ini memiliki kelebihan yang umumnya menjadi kekurangan perangkat smartphone berjaringan CDMA, yaitu perangkat ini mendukung RUIM, dalam artian menggunakan SIMcard dan bukan inject.

AHA Touch dan Android Smartfren Wide keduanya menggunakan sistem operasi Android 2.2 Froyo. AHA Touch ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM7225-1, sedangkan SmartFren Wide ditenagai oleh prosesor ARMv6 600MHz. Keduanya memiliki memori ROM 512MB, RAM 256MB, dan slot microSD up to 32GB.

SmartFren Wide memiliki layar yang lebih besar dibandingkan AHA Touch. SmartFren Wide hadir dengan layar sentuh kapasitif berukuran 3.5 inci, sementara AHA Touch hadir dengan layar sentuh kapasitif berukuran 2.8 inci.

AHA Touch dan SmartFren Wide keduanya hadir dengan kamera 3.2 megapiksel. Kamera AHA Touch masih fixed focus, sementara kamera SmartFren Wide sudah Autofocus.

SmartFren Wide dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1250mAH yang menawarkan waktu standby hingga 200 jam dan waktu bicara hingga 300 menit. Sedangkan AHA Touch dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1200mAh yang menawarkan waktu standby hingga 230 jam dan waktu bicara hingga 354 menit.

AHA Touch dan SmartFren Wide keduanya menawarkan fitur-fitur yang hampir sama, perbedaannya hanya pada ukuran layar. AHA Touch dan SmartFren Wide keduanya memiliki banderol harga yang hampir sama. AHA Touch dibanderol dengan harga Rp. 1,5 Jutaan, sementara SmartFren Wide dibanderol dengan harga Rp. 1,6 Jutaan. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel