Fitur iOS 5 yang Bermanfaat Untuk Pengguna dengan Gangguan Fisik

7 Nov 2011 13:00 3942 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Beberapa fitur dari iOS 5 yang banyak dibicarakan oleh beberapa pengguna, seperti "Airplay", *gesture* baru, "Game Center", dan yang paling terkenal Siri. Di samping fitur-fitur *exceptional* tersebut, iOS 5 juga memperkenalkan satu fitur baru khusus bagi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, dan cacat fisik.

Beberapa fitur dari iOS 5 yang banyak dibicarakan oleh beberapa pengguna, seperti "Airplay", gesture baru, "Game Center", dan yang paling terkenal Siri. Di samping fitur-fitur exceptional tersebut, iOS 5 juga memperkenalkan satu fitur baru khusus bagi pengguna yang mengalami gangguan penglihatan, pendengaran, dan cacat fisik. Anda bisa menemukan fitur iOS 5 yang "Accesibility" dengan banyak pilihan fungsi ini di "Settings -> General -> Accesibility".

VoiceOver

VoiceOver adalah system iOS 5 yang memungkinkan pengguna dengan gangguan penglihatan untuk mengoperasikan touchscreen dari perangkat iOS. Setelah mengaktifkan fitur ini, perangkat iOS akan "berbicara" kepada pengguna, memberitahukan pengguna dengan gangguan penglihatan apa yang berada di bawah jarinya saat ia menyentuh area touchscreen.

VoiceOver juga dilengkapi dengan setting fungsional seperti:

  • "Speak Hints," di mana sistem akan memberikan detail tambahan tentang segala kemampuan yang dimilikinya.

  • "Typing Feedback," yang akan memberikan panduan saat Anda mengetik pada iOS 5.

  • "Braille," yang mana dengan perangkat iOS 5 bisa dikoneksikan dan kompatibel dengan mesin eight-dot Braille.

Zoom & Large Text

"Zoom" dan "Large Text" adalah fitur yang juga sangat berguna untuk pengguna yang mengalami gangguan penglihatan. Kedua fitur ini tidak mengalami perubahan dari versi terdahulunya, yang secara umum berfungsi memperbesar obyek tampilan pada layar perangkat iOS 5.

White on Black

Mengambil dari fitur OS X "White On Black," fitur ini berfungsi untuk invert atau "membalikkan" warna dari obyek yang ada pada layar perangkat iOS 5. Hal ini akan sangat membantu bagi pengguna dengan gangguan penglihatan tertentu.

Speak Selection

Memiliki tujuan yang sama dengan VoiceOver, namun hanya berbeda fungsi, fitur "Speak Selection" memungkinkan pengguna untuk memilih suatu teks pada layar dan tap tombol "Speak" untuk mendengarkan teks tersebut dibacakan oleh iOS 5.

Speak Auto-Text

Fitur yang memberikan koreksi atau saran saat kita mengetik adalah fitur yang umum dimiliki oleh semua perangkat dan semua platform. iOS 5 sebenarnya hanya menambahkan sedikit inovasi dengan menambahkan koreksi dan saran saat mengetik tersebut dalam bentuk suara, namun sedikit inovasi tersebut bisa sangat berguna bagi pengguna dengan gangguan penglihatan.

Hearing Aid Mode

Satu lagi fitur terbaru yang ditambahkan adalah fitur "Hearing Air Mode" yang memungkinkan perangkat iOS 5 kompatibel dengan semua jenis alat bantu pendengaran.

Custom Vibrations

Fitur yang hanya bisa digunakan pada iPhone 4 dan 4S ini memungkinkan pengguna untuk menentukan nada getar tertentu untuk kontak tertentu, bahkan pengguna bisa menciptakan nada getar sendiri.

LED Flash for Alerts

Sama seperti "Custom Vibrations" yang hanya bisa digunakan pada iPhone 4 dan 4S, fitur ini juga berfungsi untuk notifikasi SMS, panggilan, atau email dengan memanfaatkan LED Flash kamera.

Mono Audio

Bagi beberapa pengguna dengan gangguan pendengaran tertentu dimana salah satu telinga tidak berfungsi seperti telinga lainnya, stereo Audio tentu akan sangat annoying saat mendengarkan musik menggunakan earphone. Oleh karena itu iOS 5 menghadirkan fitur ini sebagai pilihan.

AssistiveTouch

Cacat fisik pada berbagai macam pengguna bisa bermacam-macam, untuk hal tersebut iOS 5 menyediakan fitur ini dimana pengguna bisa menciptakan gesture sendiri, disesuaikan dengan kemampuan dan cacat fisik yang dideritanya. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel