Tubalr - Buat Playlist Anda Melalui Layanan Share dan Streaming Video Musik YouTube Ini

8 Jan 2013 06:00 1917 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sudah banyak waktu terbuat hanya sekadar untuk melakukan pencarian video musik pada beragam platform seperti YouTube. Tentunya salah satu jalan adalah mencari layanan yang memungkinkan Anda memainkan daftar video dengan lebih mudah. Sebuah layanan musik terbaru bernama Tubalr mampu memberikan layanan tersebut.

Sudah menjadi hal umum bahwa menonton sebuah video melalui web kerapkali membuat Anda tidak nyaman, terkecuali Anda dapat membuat daftar tontonan tersendiri. Sudah banyak waktu terbuat hanya sekadar untuk melakukan pencarian video musik pada beragam platform seperti YouTube. Tentunya salah satu jalan adalah mencari layanan yang memungkinkan Anda dengan relaks memainkan daftar video tersebut dengan lebih mudah teratur. Sebuah layanan musik terbaru bernama Tubalr mampu memberikan layanan tersebut. Bahkan developernya sendiri mendeskripsikan produknya ini dengan sederhana. "Ini bukan Pandora, Spotify, atau Rdio namun ini adalah sesuatu yang telah saya buat dalam dua tahun terakhir. Apa yang kalian pikirkan?"

Masuklah ke dalam Tubalr maka Anda akan menemukan sebuah aplikasi web yang memungkinkan penggunanya membuat dan melakukan streaming secara konstan melalui playlist video YouTube yang telah dibuat sebelumnya. Layanan ini bukan hanya tidak hanya mampu memainkan sebuah video, tetapi juga dapat menjadi mesin pencarian video. Saat pertama kali masuk ke dalam layanan ini, Anda akan menemukan sebuah kotak pencarian dan dua buah tombol, yakni Only dan Similar. Setelah memasukkan nama artis atau band, pilihlah salah satu dari dua tombol tersebut. Sebuah player YouTube akan tampil pada bagian bawah dan mulai memainkan sebuah lagu dari pencarian yang telah dilakukan. Di bawah player tersebut terdapat link ke video lainnya yang ditemukan.

Saat tengah membuat playlist menggunakan YouTube, Tubalr memungkinkan penggunanya mendapatkan musik sesuai seleranya dengan cepat. Pasalnya layanan ini mampu secara otomatis membuat daftar antrian video berdasarkan istilah pencarian Anda sendiri. Saat satu video berakhir, maka secara otomatis video berikutnya akan dimainkan. Dan apabila Anda melakukan registrasi sebuah akun, Anda dapat membuat playlist tersendiri dan layanan ini tidak akan memainkan daftar tersebut secara otomatis. Anda pun dapat mencari beberapa istilah pencarian lebih dari satu artis Untuk melakukan hal tersebut, gunakanlah tanda titik koma (;) untuk memisahkan pencarian dan tekanlah tombol Only.

Pembuat dari layanan ini, Cody Stewart mengatakan bahwa tujuan dibuatnya Tubalr adalah untuk menyediakan user interface yang bersih. Artinya layanan yang dibuatnya tidak hanya dapat digunakan berdasarkan kebutuhan untuk membuat playlist dengan cepat dan mudah, tetapi membebaskan Anda untuk melakukan banyak hal penting saat menggunakan internet. Kalimat yang diucapkannya rupanya membuat popularitas aplikasi web buatannya ini melejit. Tiga hari setelah kalimat tersebut diucapkan ada lebih dari 2.500 komentar tampil di Reddit. Maka seketika proyek sampingan Stewart yang sebelumnya belum mendapatkan keuntungan apapun, mendapatkan secercah harapan masa depan yang cerah. Bahkan setelah beberapa jam tampil pada halaman utama Reddit, terhitung ada sekitar 5.000 registrasi akun dalam satu hari.

Anda ingin mencobanya? Registrasilah untuk sebuah akun dan Anda dapat membuat playlist video musik YouTube Anda sendiri. Setelah melakukan registrasi, tariklah opsi Add to Playlist untuk menampilkan menu yang berada di bawah player video. Dengan cara tersebut, Anda dapat membuat playlist terbaru dan menambahkan lagu ke dalam daftar yang telah dibuat sebelumnya. Layanan ini memungkinkan penggunanya untuk mengakses daftar video melalui tombol Your Playlist pada bagian atas halaman web. Gunakanlah URL video untuk halaman playlist agar dapat membagikannya ke beragam jejaring sosial.

Keuntungan lain setelah melakukan registrasi ke dalam web adalah tombol Remove akan secara permanen menghapus sebuah lagu dari daftar milik Anda. Namun, apabila tidak melakukan registrasi, sebuah lagu yang tidak Anda sukai akan tampil pada proses pencarian setelahnya. Stewart sendiri mengatakan "kata-kata tak mampu mengungkapkannya" merujuk kepada perasaan mengenai meroketnya popularitas proyek yang ia lakukan itu. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel