Lupa Bawa Laptop? Gunakan Aplikasi Office Android Ini Untuk Mengerjakan File Word

7 Jan 2013 09:00 8108 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Meskipun laptop ketinggalan di rumah, atau dimana saja kita tetap bisa melanjutkan pengetikan di Android. Hal ini dipermudah karena banyak aplikasi office Android yang hadir di Google Play Store dan bisa dimiliki secara cuma-cuma.

Smartphone saat ini sangat menonjol perannya di masyarakat. Bukan hanya sekedar handphone biasa, smartphone sudah bisa menjadi pengganti komputer dibeberapa fungsi. Apalagi kegiatan kita banyak berhadapan dengan mengetik. Meskipun laptop ketinggalan di rumah, atau dimana saja kita tetap bisa melanjutkan pengetikan di Android. Agak terlalu jauh memang kalu kita mengatakan smartphone menggantikan laptop, tetapi hal yang sedang kita alami sekarang adalah prosesnya. Hampir semua kegiatan yang bisa dilakukan laptop bisa juga dilakukan smartphone. Berbagai aplikasi office Android diciptakan pengembang agar Android semakin bisa memnuhi kebutuhan Anda.

Kali ini kita akan membahas bagaimana Android bisa memnuhi kebutuhan Anda dalam hal mengetik. Mengetik ini sepertinya menjadi kegiatan yang paling sering dilakukan karyawan dan pelajar, apalagi penulis. Hampir seluruh waktu kerjanya berkutat di keyboard merangkai kata-kata. Kita akan membahas beberapa aplikasi office Android yang bisa membantu kita mengetik dengan nyaman.

Apapun platform yang Anda gunakan, untuk urusan Word haruslah memiliki fitur dasar dalam mengetik. Fitur dasar tersebut seperti ukuran huruf, pembenaran kata, bold atau underline dan italic serta menyimpan dan membuka file. Cloud juga bagus, tetapi tidak terlalu penting karena kita bisa menyimpan di perangkat. Berkut review-nya.

Writer

Aplikasi ini sangat mudah digunakan. Bisa digunakan untuk mengetik tugas, makalah, esai bahkan menulis buku. Yang Anda butuhkan adalah sebuah keyboard. Tidak ada pengaturan yang rumit menggunakan aplikasi ini. Hasil tulisan kita juga disimpan secara otomatis. Jika kita butuh memformat teks, di aplikasi ini menggunakan simbol-simbol seperti simbol # untuk membuat ukuran teks terbesar, ## untuk ukuran huruf lebih kecil dan ###. Ada juga simbol * untuk membuat huruf menjadi italic ** untuk bold dan *** bold italic. Fungsi lain yang juga dibutuhkan adalah copy, paste dan cut. Untuk mempungsikan ini, kita butuh men-tap dua kali pada kata yang ingin di-copy atau paste sampai muncul warna yang mem-blok teks tersebut. Akan muncul pilihan untuk copy, paste dan cut. Dari sini kita juga bisa menambahkan kosa kata kedalam kamus. Tutorial lengkap mengenai penggunaan simbol-simbol ada di aplikasi ini.

Writer disediakan secara gratis di Google Play. Aplikasi ini berjalan di Android 2.1 atau di atasnya. Tidak memakan banyak tempat, hanya 98Kb bila Anda berminat menginstalnya. Silakan klik disini untuk mendownloadnya. Sayangnya, aplikasi ini tidak memiliki tombol undo dan redo.

Google Drive

Google menjadi perusahaan yang memiliki semua produk yang ada di internet termasuk aplikasi untuk Android. Di Google Drive ini bukan hanya penyimpanan awan yang disediakan, Google Drive diintegrasikan dengan Google Documents. Jadi kita bisa melakukan editing teks dan Power Point di Google Drive dan langsung menyimpannya di awan. Keunggulan ini membuat kita bisa bekerja dimana saja asalkan ada koneksi internet. Pada awal pengintegrasian ini sering terjadi crash. Namun sekarang sepertinya itu sudah dibenahi oleh Google.

Untuk membuat sebuah dokumen Anda tinggal mengklik tombol kertas di sudut kanan atas. Google Drive akan meminta judul dari dokumen yang Anda buat. Setelah itu, kerjakanlah teks Anda. Secara fitur, Google Documents ini sangat lengkap. Fungsi dasar bekerja denga teks seperti bold, italic, underline dan lain-lain ada di sini. Ini lebih mirip dengan Microsoft Office. Sampai pengaturan paragraf pun ada di sini. Untuk melakukan cut, copy, paste, dibuat lebih mudah dan nyaman. Tampilan kolomnya ada di samping teks.

Untuk mendownloadnya memubuthkan ruang sebesar 7.4Mb. Google menyediakan ini secara gratis, tetapi tetap peraturan Google Drive untuk gratisan hanya 5Gb. Bila ingin lebih silahkan perbesar penyimpanan Anda ke Google. Untuk menjalankannya paling tidak Anda memiliki Android versi 2.1 atau diatasnya. Bila berminat silakan klik di sini.

Write

Bila Anda tidak suka dengan mengetik menggunakan keyboard maka ini adalah pilihan tepat. Aplikasi dari Stylus Lab ini merekam dengan baik gerakan Anda ketika sedang menulis. Jadi seperti menulis di sebuah kertas. Terkadang orang-orang lebih memahami dan lebih cepat menulis dengan tulisan tangannya sendiri. ini yang menjadi inspirasi Stylus menciptakan Write. Dan memang terbukti aplikasi mereka ini banyak di unduh pengguna Android.

Berbagai fitur disediakan di sini, seperti mengganti pena, desain user interface, pembatalan teks dan lain-lain. Silakan klik di sini bila ingin mendownload aplikasi ini. Sediakan ruang 1.1Mb pada memori smartphone Anda. Aplikasi membutuhkan Android 3.1 atau lebih untuk menjalankannya. [RIC]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel