Review Apple MacBook Pro 15 dengan Layar Retina

4 Jan 2013 20:00 2632 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Sampai saat ini, produk laptop dari Apple terutama untuk **MacBook Pro 15** dan 13 selalu menjadi pilihan untuk para pengguna yang memiliki keinginan untuk memiliki laptop dengan desain yang cantik dan tegap. Namun pilihan ini tidaklah selalu menjadi pilihan yang dapat menjawab segala kebutuhan Anda.

Sampai saat ini, produk laptop dari Apple terutama untuk MacBook Pro 15 dan 13 selalu menjadi pilihan untuk para pengguna yang memiliki keinginan untuk memiliki laptop dengan desain yang cantik dan tegap. Namun pilihan ini tidaklah selalu menjadi pilihan yang dapat menjawab segala kebutuhan Anda, terkadang Anda mendapatkan performa yang sama atau justru lebih rendah di bandingkan dengan produk laptop lainnya yang memiliki harga yang berada di bawah MacBook Pro 15 atau 13. Meskipun demikian, MacBook ini masih menjadi pilihan yang paling utama bagi para pengguna yang menginginkan sesuatu yang eksklusif. Dan jika Anda salah satu dari pengguna yang memiliki karakteristik tersebut, maka Anda membaca tulisan yang tepat, karena pada tulisan kali ini, Paseban akan mengulas MacBook Pro terbaru yakni Pro 15. Untuk mengetahui bagaimana performa laptop ini, berikut ulasan Paseban.

Desain

Dari segi desainnya, Apple belum keluar dari pakem desain yang dianutnya. Desain yang diusung oleh MacBook Pro dengan layar Retina ini masih menggunakan desain unibody dan dengan sasis alumunium yang dipotong dengan sangat rapi. Untuk estetika desain dan kecantikan desain, Apple berhasil menyampaikannya melalui produk MacBooknya. Bahan alumunium yang ditanamkan di dalam produknya ini berhasil menunjukkan sisi kelas premium untuk kategori komputer jinjing. Untuk beratnya sendiri, MacBook Pro terbaru ini memiliki berat sebesar 2 kg. Meskipun mengusung penampang layar sebesar 15 inci, namun komputer jinjing ini tetap memiliki dimensi yang terbilang tipis.

Performa

Menyinggung masalah performa, MacBook Pro ini mengusung sistem operasi 10.7 Lion dan aplikasi yang juga telah di bundel dan dioptimalkan untuk penggunaan MacBook ini, yang di antara lain adalah iPhote, iMovie dan tentu saja Aperture. Versi terbaru untuk Photoshop dan AutoCAD pun sudah tidak bisa diragukan kembali kinerjanya di dalam MacBook Pro ini, seperti aplikasi ini telah menemukan tempat berlabuh yang sesuai dengan performanya. Sistem operasi dan aplikasinya ini dikolaborasikan dengan prosesor Core i7 2.66 GHz 620 M Quad core yang berarti MacBook ini mampu menjalankan segala aktivitas secara lancar dan tanpa ada hambatan apapun.

Beberapa penambahan pun ditambahkan pada MacBook ini, salah satunya adalah konektor MagSafe yang telah berganti nama menjadi MagSafe, adaptor pun disediakan pada MacBook ini untuk berjaga-jaga jika Anda ingin menggunakan unit Power supply lama Anda.

Ethernet dan port FireWire 800 terbukti sangat besar dan memakan tempat jika dijejalkan di dalam desain MacBook ini, tetapi Apple telah merilis yang cocok untuk port Thunerbolt. Port SDXC card dan HDMI pun masih dipertahankan di dalam MacBook ini.

Layar

Pada sektor layarnya, MacBook Pro menggunakan layar Retina dengan teknologi IPS LCD dan permukaan yang Glossy dan memiliki resolusi 2880 x 1800 pixel. Lampu latar pada Layar MacBook ini juga menggunakan LED di dalamnya. Teknologi Retina ini mampu menampilkan detail grafis yang sangat tajam, jadi kemampuan dari layar MacBook terbaru ini tidak bisa dipAndang sebelah mata. Untuk menegaskan ketajaman grafisnya, MacBook Pro ini memiliki kerapatan piksel sebesar 220 ppi yang dirasa cukup mumpuni untuk kelas komputer jinjing rilisan Apple. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa layar yang tajam yang dimiliki Apple sangatlah mumpuni kemampuannya.

Kesimpulan

MacBook Pro dengan layar Retina memiliki kinerja yang tinggi dari laptop terbaru yang pernah diperkenalkan oleh Apple saat ini. Dengan bekal prosesor Quad core i7 dan RAM sebesar 8 GB, kekuatan laptop ini hampir dua kali lebih kuat dari kemampuan laptop Apple yang lainnya. Model ini memiliki daya penyimpanan sebesar 256 GB SSD yang mana cukup besar bila dibandingkan dengan Ultrabook di kelas lainnya namun lebih kecil dari apa yang pernah di bawa Pro pada generasi sebelumnya. Tidak hanya kemampuan perangkat dalamnya saja yang diunggulkan, namun tampilan grafis yang disuguhkan oleh MacBook Pro teranyar ini juga patut di acungi jempol, pasalnya MacBook Pro terbaru ini dibekali dengan kartu grafis Nvida GeForce GT650m dengan 1 GB GDDR5 yang mampu menghadirkan tampilan grafis yang sangat mumpuni terlebih jika digunakan untuk bermain game. Laptop ini ditujukan kepada mereka yang menginginkan perangkat dengan layar Retina yang portabel untuk mendukung aktivitas pekerjaan mereka.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel