Dongeng - Aplikasi Android Buatan Indonesia yang Bisa Membacakan Dongeng di Perangkat Android Anda

20 Dec 2012 20:00 4117 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jika kita sedikit mundur ke masa lalu, ada masa dimana kita sangat membutuhkan kehadiran orang tua di samping tempat tidur untuk menemani kita terlelap tidur. Biasanya orang tua menyanyikan lagu nina bobo, membelai kita sampai tertidur, atau membacakan cerita sebelum tidur.

Jika kita sedikit mundur ke masa lalu, ada masa dimana kita sangat membutuhkan kehadiran orang tua di samping tempat tidur untuk menemani kita terlelap tidur. Biasanya orang tua menyanyikan lagu nina bobo, membelai kita sampai tertidur, atau membacakan cerita sebelum tidur. Hal ini sangat membantu kita untuk cepat tertidur dan dengan tanpa sadar, karena sering dibacakan dongeng sebelum tidur, kita akan mengetahui banyak hal ketika kita beranjak dewasa. Karena itu bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, Paseban akan mengulas sebuah aplikasi pembaca dongeng yang dapat Anda akses lewat handphone Android Anda. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tak perlu repot untuk membeli buku cerita anak.

Aplikasi ini bernama Dongeng, yang dibesut oleh pengembang lokal Hoompo. Aplikasi Android buatan Indonesia ini dapat digunakan untuk memberikan cerita sebelum tidur untuk anak Anda atau sekedar bercerita kepadanya di waktu luang. Dengan demikian, pengetahuan anak Anda pun akan semakin luas. Kabar baiknya lagi, cerita-cerita yang tersedia di aplikasi ini tidak hanya berupa cerita tradisional Indonesia saja, melainkan kisah-kisah terkenal dari berbagai penjuru dunia. Paseban menjamin Anda tidak akan kehabisan stok cerita karena jumlah dongeng dan kisah pada aplikasi Dongeng ini sangatlah banyak.

Ketika Anda pertama kali membuka aplikasi pembaca dongeng ini, Anda tidak akan melihat tampilan aplikasi yang bertele-tele. Hanya desain ringan logo aplikasi tersebut dengan tiga menu utama, lengkap dengan gambar yang sangat representatif. Ketiga menu utama itu adalah dongeng, fabel, dan cerita. Kesemua opsi ini memiliki kategori masing-masing dan juga cerita yang berbeda-beda.

Pada pilihan menu dongeng, Anda akan disuguhkan berbagai kisah dari berbagai penjuru dunia, bukan hanya yang berasal dari Indonesia saja. Sebut saja dongeng yang ceritanya sudah melegenda seperti Cinderella, Aladdin, Simbad Sang Bajak Laut, Putri Salju, Gadis Penjual Korek Api, sampai puluhan cerita lainnya yang bahkan Anda mungkin belum pernah mendengar ceritanya sebelumnya. Pilihan menu yang kedua adalah cerita fabel. Fabel adalah sebuah cerita yang menggunakan binatang sebagai pemeran utamanya. Biasanya fabel ini mempunyai tujuan untuk memberikan pesan moral bagi mereka yang membacanya. Binatang-binatang yang ‘ditunjuk’ sebagai pemeran pun tidak sembarangan. Mereka adalah metafor dari sifat asli manusia. Contohlah kancil yang cerdik, kelinci yang gesit, atau kura-kura yang lambat. Dan pada aplikasi Dongeng ini, Anda dapat menemukan binatang-binatang tersebut, bahkan lebih banyak dari yang telah Paseban sebutkan tadi.

Cerita fabel tentang kucing, tikus, buaya, singa, keledai dan yang lainnya mengisi rentetan cerita dari aplikasi pembaca dongeng ini. Dan yang terpenting, aplikasi garapan Hoompo ini juga memberikan pesan moral pada setiap akhir cerita. Hal ini dapat membuat buah hati Anda membedakan mana sifat yang baik dan mana sifat yang buruk dan tidak boleh ditiru. Terakhir, pilihan menu yang dapat diakses adalah Cerita. Menu yang satu ini berisi kisah-kisah tradisional dari dalam negeri seperti asal mula Kota Banyuwangi, pesut Mahakam, sampai kisah yang terkenal seperti Malin Kundang, Sangkuriang, Si Pitung, Loro Jonggrang, dan Lutung Kasarung.

Aplikasi Dongeng ini memang simpel namun dibuat dengan sangat menarik. Bahasa yang digunakan sangat ringan sehingga lebih mudah dicerna oleh anak. Panjangnya dongeng juga tidak terlalu panjang dan membuat anak tidak akan cepat bosan. Cerita yang ditawarkan sangat banyak dan beragam, lengkap dengan fitur search untuk mencari judul yang Anda inginkan. Tetapi aplikasi ini juga tidak lolos dari beberapa kekurangan. Aplikasi ini dirasa kurang menyajikan gambar pada tiap cerita, sehingga sedikit banyak dapat mengurangi imajinasi sang anak. Berbeda dengan buku cerita anak di pasaran yang menyajikan cerita dan gambar pada porsi yang seimbang. Belum lagi ada beberapa judul cerita yang sama pada satu kategori. Namun walaupun demikian, aplikasi pembaca dongeng ini lebih dari cukup untuk memberikan pengetahuan serta nilai moral pada anak-anak.

Dongeng berukuran 158 KB dan dapat dijalankan pada OS Android 1.6 keatas. Anda dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di sini. [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel