Inilah Perbedaan Antara Perangkat Mac OS dan Microsoft Windows

28 Nov 2012 14:00 10015 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kita semua tahu bahwa persaingan antara Mac OS dan Windows telah berlangsung lama. Persaingan ini sendiri telah masuk ke dalam lingkungan sekolah, kantor dan media jejaring internet. Memang masing-masing sistem operasi memiliki penggemar yang setia akan produknya.

Kita semua tahu bahwa persaingan antara Mac OS dan Windows telah berlangsung lama. Persaingan ini sendiri telah masuk ke dalam lingkungan sekolah, kantor dan media jejaring internet. Memang masing-masing sistem operasi memiliki penggemar yang setia akan produknya. Dan pada artikel kali ini, Paseban akan menyajikan perbandingan antara komputer yang berjalan pada sistem operasi Mac OS dan Windows agar Anda para pengguna mengetahui apa perbedaan di antara keduanya. Banyak orang yang berpikiran bahwa PC merupakan julukan untuk Windows, namun pada kenyataannya, Mac juga merupakan sebuah PC namun hanya berbeda pada sistem operasi yang digunakan. Lalu manakah kedua sistem operasi ini yang keluar sebagai sistem operasi terbaik? Berikut ulasannya.

Desain

Jika Anda dibesarkan dpada tahun 1980-an, konsep desain mungkin tampak seperti aspek dangkal dan tidak penting dari sebuah perangkat komputer. Namun desain adalah pembeda besar antara Mac dan Windows. Untuk bagian yang lebih baik dari tiga dekade, mantan CEO Apple Steve Jobs terfokus pada penampilan luar dari produk perusahaannya dengan antusiasme yang tak tertandingi oleh pesaingnya dari Windows. Desain unik yang dihasilkan dari obsesi ini menghasilkan tampilan yang unik dan berbeda pada perangkat Mac yang benar benar membedakan antara Mac dan Windows.

Desain konvensional Apple pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984 yang dibawa oleh Macintosh generasi pertama. Dan keberhasilan Apple lainnya menyusul pada tahun 1998 yang mana Apple memperkenalkan iMac dengan desain yang ramping dan minimalis serta meminimalisir penggunaan kabel. Dan pada saat ini PC Windows sedang berusaha menciptakan perangkat yang berorientasi pada model namun pengakuan model yang terbaik tetap di pegang oleh produk Mac.

Namun Anda masih bisa mendapatkan desain komputer yang menarik untuk Windows yang mana bisa Anda dapatkan pada salah satu produk komputer gaming yang mana memiliki desain yang berbeda dari perangkat Windows lainnya.

Harga

Salah satu perbedaan yang paling mencolok di antara keduanya adalah harga yang dibanderol oleh masing-masing perangkat. Apple selalu mematok harga yang lebih mahal pada perangkat yang dibawanya, sedangkan untuk Windows sendiri mematok harga yang relatif terjangkau. Meskipun memiliki performa dan fitur yag sama, namun Apple memang memiliki tujuan untuk membangun sebuah perangkat yang bersifat high-end meskipun para konsumen nantinya akan membeli software tambahan seperti anti virus atau software pedukung lainnya yang dapat mendukung aktivitas kedua komputer tersebut. Jadi perbandingan harga yang ditawarkan oleh kedua perangkat ini sangat relatif dan benar-benar tergantung pada kebutuhan Anda para konsumen.

Spesifikasi Teknis

Spesifikasi teknis yang ditawarkan oleh Mac dan PC bisa sangat mirip atau sangat berbeda, tergantung pada merek yang Anda bandingkan. Pada dasarnya, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi internal yang sama seperti prosesor, RAM, hard drive dan video card. Sedangkan kapasitas dan kecepatan komponen yang ditanamkan benar-benar berbeda. Mac pada umumnya akan mengungguli PC low end karena garis produk Apple lebih mahal dan lebih berkualitas.

Secara umum Mac memiliki proseor yang lebih cepat dibandingkan dengan rekan mereka yang berada di garis PC Windows, namun cenderung lebih berhemat ketika menyentuh pada RAM, ruang pada hard disk dan port USB. Tidak hanya RAM dan ruang penyimpanan, Mac juga menawarkan fitur standar untuk SuperDrive, audio in dan audio out, USB, FireWire (transfer data), Thunderbolt (video output), Ethernet, dan port daya magnet. Sedangkan untuk PC Windows menawarkan fiur yang sebanding dan juga ditambah dengan beberapa lagi seperti Blu-ray player, TV tuner, layar sentuh dan port HDMI.

Sistem Operasi

Perbedaan sistem operasi kedua perangkat ini sangat terlihat jelas sejak lama, Mac merupakan komputer atau PC yang memiliki sistem operasi Mac OS X Lion, sementara PC Windows datang dengan Microsoft Windows. Sebuah perkembangan signifikan pada OS X terjadi pada tahun 2006 yang mana pada saat itu Apple memperkenalkan Boot Camp yang mana aplikasi ini mampu memberikan Anda kemampuan untuk mejalankan program Windows di dalam Mac Anda. Dan saat ini telah banyak aplikasi sejenis yang menawarkan fitur yang serupa, seperti Parallels Desktop, Vmware Fusion dan VirtualBox. Dan sebaliknya untuk Anda yang memiliki PC Windows, Anda tidak perlu menginstal program yang serupa dengan yang dimiliki Apple.

Software

Salah satu alasan terpenting mengapa Mac belum menangkap pangsa yang lebih besar dari pasar komputer adalah kurangnya perangkat lunak atau software yang ditanamkan pada sistem operasi ini. Seperi halnya pada pelaku bisnis, segala kegiatan para pelaku bisnis benar benar di fasilitasi dengan beberapa program dari Windows itu sendiri, maka dari itu, Windows lebih populer digunakan di bidang bisnis dibandingkan dengan Mac yang di bawa oleh Apple. Namun Mac telah membuat beberapa terobosan terbaru melalui kerja sama dengan Microsoft pada Office Suite yang populer. Tetapi kekurangan perangkat lunak bisnis khusus tetap menjadi perhatian bagi banyak perusahaan.

Tidak hanya pada dunia bisnis saja, para gamer yang tertarik akan Game PC pun akan memilih Windows yang mana berkat pilihan perangkat lunak yang beragam yang ditawarkan oleh Windows. Mac secara diam diam memperluas pemasarn dengan menambahka beberapa game populer seperti Civilization, Duke Nukem, Starcraft da World of Warcraft. Namun bagaimanapun Mac masih tertinggal dari Windows untuk urusan game.

Keamanan

Perbedaan besar yang lain antara Mac dan Windows adalah tingkat keamanan yang dapat Anda hadapkan untuk menghalau virus dan gangguan yang tidak diinginkan lainnya. Karena sebagian besar komputer di dunia ini menjalankan Microsoft Windows, beberapa seragan virus dan malware terfokus kepada sistem operasi ini. Malware seperti Trojan yang mengelabui pengguna untuk menginstal sesuatu yang memang benar benar dibutuhkan oleh pengguna, seperti misalnya anti virus, dan botnet yang diam diam mendaftarkan komputer Anda menjadi pasukan zombie yang dirancang untuk menyebarkan spam atau mengiklankan penipuan.

Hal ini bukan berarti para pengguna Mac benar benar tidak memperhatikan keamanan yang terdapat di dalam perangkatnya. Baru baru ini Trojan yang dikenal sebagai Mac Protector, Mac Defeder dan Mac Guard telah muncul pada perangkat mesin Apple. Sebuah jendela yang mengaku sebagai Apple Security Center muncul dan menunjukkan bahwa mereka telah menemukan virus di komputer. Hal ini kemudian akan memina pengguna untuk menginstal program tersebut yang mana ternyata program tersebut akan mencuri informasi pribadi Anda. Jadi para pengguna Mac juga tidak lepas dari serangan virus yang sewaktu waktu akan mengancamnya. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel