Qustodio - Software Parental Control untuk Akses Internet pada Windows

3 Oct 2012 11:00 4222 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memiliki software parental control melalui internet merupakan suatu usaha yang sangat sulit. Anda bisa saja merusak file host sistem operasi atau Anda dapat mengotak-atik dengan eksistensi browser.

Memiliki software parental control melalui internet merupakan suatu usaha yang sangat sulit. Anda bisa saja merusak file host sistem operasi atau Anda dapat mengotak-atik dengan eksistensi browser. Namun jika itu bukanlah suatu solusi untuk Anda, maka Anda bisa mencoba software parental control Qustodio.

Qustodio merupakan internet filter dalam bentuk parental program yang mana dapat membantu Anda untuk membatasi akses internet untuk anak kita. Program ini memiliki panduan built-in setup yang membantu Anda untuk menjalankan program ini tanpa harus mempelajari seluk beluk program baru. Dan bagian terbaik dari program ini adalah disediakan secara gratis.

Jika Anda sedang mencari software untuk parental control yang menyediakan fitur untuk memberikan filtering untuk internet dan monitor, teruskan membaca artikel ini untuk melihat apakah Qustodio memenuhi kebutuhan dan harapan Anda.

Qustodio adalah two-part system yang mungkin akan tampak memibingungkan pada awalnya, tetapi Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 5 menit untuk melihat bagaimana efisiennya program ini. Maksud dari two-part system yang terdapat pada program ini adalah pengaturan melalui internet, sementara aturan lainnya dilakukan dari klien yang harus diinstall.

Ketika Anda mengunjungi situs Qustidio dan klik Download, maka akan secara otomatis memulai untuk mengunduh file installer. Double click pada file installer tersebut akan memulai untuk mengisntal program tersebut.

Learning curve atau grafik pembelajaran Anda terhadap program ini diminimalisir oleh Setup Wizard yang menuntun Anda melalui seluruh proses pada saat Anda memasang Qustodio pada komputer. Total waktu untuk melakukan instalasi program ini hanya memakan waktu kurang dari 5 menit. Jika Anda telah memiliki akun Qustodio, Anda dapat memangkas waktu instalasi hingga 1 menit.

Qustidio harus diinstal secara individu pada setiap komputer yang memerlukan perlindungan. Namun ditilik dari segi desain, kontrol yang terdapat pada Qustodio ini terpusat di web. Dengan cara ini, Anda dapat mengelola semua perangkat terkait dengan akun Qustidio tunggal Anda dan menambahkan/mengurangi perangkat sederhana.

Online dashboard pada Qustidio terbagi menjadi dua bagian, bagian pertama merupakan bagian dari Activity Summary. Untuk setiap perangkat yang Anda tanami Qustidio, dashboard akan menampilkan hasil atau ringkasan yang sedang berlangsung dari pengguna yang terikat ke akun Qustidio serta perangkat mereka. Setup tabular dashboard membuatnya mudah untuk dinavigasikan diantara dan melalui masing-masing pengguna dan masing-masing perangkat.

Apa saja data yang dilacak oleh Qustidio? Berikut merupakan data yang berhasil dilacak Qustidio dari dahsboard yang pertama kali dijalankan.

  • Waktu terakhir online.

  • Total waktu internet per hari.

  • Penggunaan internet selama 14 hari terakhir.

  • Aktivitas web browsing.

  • Aktivitas search engine.

  • Aktivitas social network.

  • Perangkat mana yang sedang digunakan.

Seberapa sering ringkasan Qustodio diperbaharui? Rata-rata, halaman dari ringkasan ini mengatakan bahwa Anda dapat melakukan refresh data setiap 3 jam. Sebagai sebuah program parental control, dahsboard sangat dirancang dengan baik dan layak untuk diberi apresiasi positif.

Sekarang ada dua cara yang bisa dilakukan untuk Anda para orang tua dalam mengawasi anak-anak dan mengontrol apa yang mereka lihat di internet. Di satu sisi, kita para orang tua memiliki alat monitoring yang baru untuk membatasi aktivitas internet yang dilakukan anak-anak. Metode lainnya adalah untuk memblokir situs-situs tertentu sebelum anak Anda dapat membukanya –atau dengan kata lain filter web yang khas.

Pilihan web filtering yang disediakan oleh Qustodio merupakan bukan sesuatu yang istimewa, namun Qustodio memiliki semua yang Anda harapkan, seperti di bawah ini.

  • Website Categories. Dengan fasilitas ini, Anda dapat melakukan setting terhadap website yang bisa dan tidak bisa dikunjungi oleh anak Anda.

  • Website Exceptions. Jika Anda menginginkan mengatur waktu online untuk anak Anda, maka Anda bisa menggunakan fitur yang satu ini. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur waktu online dari anak Anda.

  • Uncategorized Website. Fitur ini merupakan fitur sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengkategorisasikan bahwa website tertentu harus diblokir secara otomatis.

  • Safe Search. Qustodio dapat menganalisa dan memanipulasi search engine untuk menyingkirkan hasil pencarian website yang tidak Anda inginkan.

Untuk sebuah program yang gratis, Qustodio benar-benar mengagumkan. Untuk sebuah software parental, Qustodio merupakan program yang terbaik dikelasnya dan dapat diAndalkan. Dengan tampilan dan kendalinya yang sangat simpel dan mudah digunakan, Qustodio ini dapat Anda jadikan alternatif untuk program parenting. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel