Mengadu Spesifikasi Hp Samsung Galaxy Beam dengan HTC One X, Siapa yang Menjadi Pemenang?

27 Oct 2012 10:00 3806 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung Galaxy Beam dan HTC One X, merupakan dua ponsel kelas entry level papan atas yang menjadi sorotan banyak pengguna, dikarenakan harga yang berselisih hampir 1 juta-an, namun berada dalam level dan kelas yang sama.

Samsung Galaxy Beam dan HTC One X, merupakan dua ponsel kelas entry level papan atas yang menjadi sorotan banyak pengguna, dikarenakan harga yang berselisih hampir 1 juta-an, namun berada dalam level dan kelas yang sama.

Apakah benar, dengan harga HTC One X yang 1 juta lebih mahal dari Samsung Galaxy Beam menunjukkan ponsel ini memiliki kemampuan dan peforma yang jauh lebih unggul dari pesaingnya Galaxy Beam. Untuk itu, disini Paseban coba membandingkan berdasarkan spesifikasi Hp Galaxy Beam dengan One X, bukan melihat selisih harga dari kedua ponsel.

Design & Interface

Samsung Galaxy Beam tampil dengan desain bodi berukuran 124 x 64.2 x 12.5 mm berbobot 145 gram. Yang mengusung layar TFT capacitive touchscreen 16 juta warna berukuran 4 inch dengan resolusi 480 x 800 pixels. Sedangkan untuk sistem operasi, Galaxy Beam membekali diri dengan Android OS v2.3.6 Gingerbread yang dipoles dengan TouchWiz UI v4.0. Berbeda pada spesifikasi Hp One X, ia membawa desain bodi yang lebih besar, yakni 134.4 x 70 x 8.9 mm dengan berat total 130 gram. Terlihat bahwa One X memiliki body yang lebih luas dari Beam, namun jauh lebih tipis dan ringan.

Tidak hanya itu, One X juga membawa layar sentuh yang jauh lebih mumpuni, yaitu Super IPS LCD 2 capacitive touchscreen 16 juta warna dengan resolusi 720 x 1280 pixels; 4.7 inch. Hanya dengan melihat besar dimensi dan resolusi body serta layar pada One X, tentunya akan sangat mudah bagi HTC untuk menarik simpati para konsumen. Belum lagi One X dibekali OS Android v4.0 Ice Cream Sandwich yang didukung HTC Sense UI, di mana OS tersebut merupakan versi Android paling unggul dari versi lainnya. Hal itu menjadikan spesifikasi Hp HTC One X benar–benar berada di posisi lebih unggul dari Galaxy Beam.

Peformance

Samsung membekali Galaxy Beam dengan Dual-core NovaThor8500 1 GHz Cortex A-9 processor, yang dilengkapi RAM berukuran 768 MB, memori internal berkapasitas 8 GB, dan port microSD up to 32 GB. Sedangkan pada HTC One X, menggendong Quad-core Nvidia Tegra 3 processor dengan besaran clock 1.5 GHz, yang didukung RAM sebesar 1 GB dan memori internal berkapasitas 32 GB tanpa disertai slot microSD. Jika melihat spesifikasi yang dimiliki oleh kedua ponsel tersebut, HTC One X menduduki posisi pertama dalam hal prosesor yang ia gunakan. Selain itu, One X juga memiliki ukuran RAM dan internal memori yang jauh lebih besar, yakni RAM 1 GB dan internal storage 32 GB.

Sedangkan pada Galaxy Beam, ia hanya membawa RAM berukuran 768 MB dan internal storage 8 GB. Cukup jelas bahwa spesifikasi Hp One X jauh lebih mumpuni dari Galaxy Beam. Namun sayangnya, One X tidak mendukung fitur external storage (microSD). Meski begitu, melihat memori internalnya yang berkapasitas hingga 32 GB, sepertinya sudah cukup besar, tanpa perlu memori tambahan lagi.

Camera

Jika menilik fitur kamera pada smartphone Galaxy Beam, tertanam pada body bagian belakang ponsel kamera primer berkemampuan 5 Megapixels yang beresolusi hingga 2592 x 1944 pixels, dengan dilengkapi fitur tambahan yaitu auto focus, Geo-tagging, LED flash, smile & face detection, touch focus, serta video recorder yang mampu menghasilkan rekaman dengan kualitas 720p@30fps. Selain itu, tersedia juga kamera sekunder dibagian muka body yang beresolusi 1.3 Megapixels, sebagai fitur pendukung dalam penggunaan video call dan sebagainya.

Berbeda dengan Galaxy Beam, HTC One X tampil lebih percaya diri dengan kamera berkekuatan 8 Megapixels yang ia bawa. Kamera tersebut memiliki resolusi gambar hingga 3264 x 2448 pixels, yang mana dilengkapi pula fitur pendukung lainnya, seperti LED flash, Geo-tagging, auto focus, Simultaneous HD video & image recording, stereo sound rec, face & smile detection, video stabilization, serta video recorder berkemampuan 1080p@30fps. Terlampir pula kamera sekunder beresolusi 1.3 Megapixels (720p) yang berfungsi untuk melakukan video call dan sebagainya. Apabila kita bandingkan kedua ponsel tersebut dari fitur kamera yang mereka miliki, dapat disimpulkan bahwa spesifikasi Hp One X jauh lebih mumpuni dari spesifikasi milik Galaxy Beam.

Kesimpulan

Setelah mengulas perbandingan antara HTC One X dengan Samsung Galaxy Beam, dapat disimpulkan bahwa HTC One X berada diposisi paling unggul dari Samsung Galaxy Beam. Selain itu, hasil kesimpulan yang didapat sekaligus menjelaskan kepada kita, bahwa hukum Harga menentukan kualitas masih berlaku hingga hari ini. Meskipun HTC One X dan Samsung Galaxy Beam merupakan dua ponsel kelas entry level yang sama–sama masuk dalam kelompok smartphone papan atas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat persaingan harga dan fitur yang cukup ketat pada kedua ponsel tersebut. Untuk itu, silahkan tentukan pilihan smartphone idaman anda sesuai budget dan fungsional masing–masing. [HRS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel