Samsung Galaxy Music, Handphone Dual SIM dalam Balutan Musik Terbaru

21 Oct 2012 10:00 4542 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah hanya tersimpan sebagai wacana dan berita yang gencar beredar di media internet dan membuat kedatangannya ditunggu oleh penggemar ponsel berbudget mini, akhirnya Samsung secara resmi memperkenalkan generasi Samsung Galaxy terbaru yang bertajuk Samsung Galaxy Music.

Setelah hanya tersimpan sebagai wacana dan berita yang gencar beredar di media internet dan membuat kedatangannya ditunggu oleh penggemar ponsel berbudget mini, akhirnya Samsung secara resmi memperkenalkan generasi Samsung Galaxy terbaru yang bertajuk Samsung Galaxy Music.

Menyadari bahwa pesona dari ponsel musik enggan memudar dari pasar penjualan ponsel, Samsung melirik kesempatan ini untuk membawa Samsung Galaxy Music ke ranah ponsel pintar. Samsung Galaxy terbaru ini diperkenalkan oleh Samsung guna memenuhi kebutuhan pengguna akan ponsel pintar yang handal dalam memainkan musik dan memiliki player musik yang mumpuni namun dengan harga yang cukup terjangkau. Lalu bagaimanakah performa ponsel musik dari Samsung ini? Berikut ulasannya.

Desain dan Dimensi

Jika ditilik pertama kali, ponsel ini akan mengingatkan Anda sekilas kepada Samsung Galaxy Y Duos. Memang kedua ponsel ini tidak begitu mirip, namun dari segi dimensi dan sebagian besar desain yang disematkan kepada ponsel ini, keduanya memiliki kesamaan. Galaxy Music memiliki dimensi yang kecil dan berakibat memiiliki layar yang berukuran mini pula. Untuk menegaskan kesan musik dari ponsel ini, Samsung Galaxy Music menyematkan dua buah speaker aktif di atas dan di bawah ponsel. List berwarna biru pada bidang speaker mengelilingi ponsel ini dengan apik yang makin menegaskan bahwa ponsel ini ditujukan kepada para penikmat musik. Untuk dimensinya sendiri, ponsel ini memiliki dimensi sebesar 110.1 x 59.0 x 12.25 mm dan memiliki berat sebesar 107 gram yang mana ponsel ini memiliki dimensi dan berat yang lebih ringan dibandingkan dengan Y Duos.

Layar

Galaxy Music membenamkan media kaca sentuh kapasitif sebagai penampil gambarnya. Tidak ada yang diunggulkan dalam layar sentuh yang diusungnya. Layar pada Galaxy Music ini hanya berukuran sebesar 3.0 inch dengan resolusi sebesar 240 x 320 piksel dan kerapatan piksel hingga 133 ppi. Untuk menambah performa pada layarnya, layar ponsel ini disematkan fitur multitouch yang mampu merespon lebih dari satu ketukan. Tidak ada material anti gores yang akan melindungi layar dari goresan atau hal lainnya yang dapat merusak penampilan layar.

Fitur dan Performa

Meskipun masuk dalam ponsel low budget, namun Samsung telah menanamkan sistem operasi Ice Cream Sandwich di dalamnya di mana sistem operasi ini jarang sekali ditemukan pada ponsel yang berada di kelas bawah. Agar performa dari Ice Cream Sandwich ini berjalan dengan lancar, Samsung menanamkan prosesor Single core yang memiliki kecepatan hingga 850 MHz ARM Cortex A9. Performa dari prosesor ini masih didukung dengan RAM sebesar 512MB. Untuk ponsel sekelas Music, performa prosesor yang disematkan sudah cukup mumpuni untuk menjalankan ponsel dengan lancar.

Untuk fitur utamanya, Galaxy Music mengandalkan teknologi musik dari SRS Sound yang mampu memainkan musik dengan handal pada ponsel Anda. Musik yang dimainkan dalam ponsel ini akan disaring oleh Album, Artist dan Playlist. Namun untuk masuk ke dalam musik player ponsel ini, Samsung tidak menyematkan tombol cepat untuk masuk ke dalam fungsi musik yang diunggulkan. Jadi Anda harus menggulirkan menu satu per satu untuk mencari musik player di dalam ponsel.

Beralih pada konektivitas, ponsel ini mampu memacu data HSDPA dan HSUPA. Atau Anda juga bisa memanfaatkan kanal WiFi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, DLNA, WiFi hotspot yang telah ditanamkan pada ponsel ini. Untuk sarana transfer antar files, Galaxy Music telah disematkan Bluetooth v3.0 with A2DP atau microUSB v2.0 yang mana mampu memberikan akses yang cepat dalam berkirim files.

Kamera

Hal yang tak kalah penting adalah kamera yang disematkan. Galaxy Music menyematkan kamera berkekuatan 3.15MP yang mampu menangkap gambar dalam resolusi 2048 x 1536 piksel. Namun sayang kemampuan kamera pada Galaxy Mini ini tidak didukung dengan adanya lampu flash atau fokus otomatis. Begitu pula dengan ketiadaan akan kamera sekunder.

Memori

Untuk hal menyimpan file, ponsel ini telah dianugerahi dengan memori internal sebesar 4GB yang jika dirasa kurang untuk menyimpan koleksi lagu Anda, maka Anda bisa mengkespansinya dengan kartu memori berkapasitas 32GB.

Kesimpulan

Meskipun dipastikan masuk ke dalam kelas bawah, namun pihak Samsung masih belum mau membocorkan harga yang akan dibanderol oleh ponsel ini. Jika ditilik dari performa dan fitur yang disematkan, ponsel ini tak berbeda jauh dengan ponsel sekelas lainnya dari Samsung. Penggunaan embel-embel musik pun di rasa kurang greget karena ponsel ini tidak menunjukan identitasnya secara maksimal sebagai ponsel musik. Namun setidaknya ponsel ini mampu menjawab kebutuhan akan ponsel musik yang sangat terjangkau. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel