Huawei Ascend P1, Tonjolkan Desain Smartphone Android Tertipis Dunia

18 Sep 2012 11:00 3163 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Selama ini, platform Android cenderung identik dengan merek-merek besar seperti Samsung, HTC, Motorola ataupun Sony. Kini Anda memiliki variasi pilihan baru untuk mengutak-atik Android dalam wujud smartphone besutan Huawei terbaru, yakni Huawei Ascend P1.

Selama ini, platform Android cenderung identik dengan merek-merek besar seperti Samsung, HTC, Motorola ataupun Sony. Namun kini Anda memiliki variasi pilihan baru untuk mengutak-atik Android Anda dalam wujud smartphone besutan Huawei terbaru, yakni Huawei Ascend P1. Huawei telah melakukan gebrakan besar dan berani untuk menantang merek-merek besar yang telah disebutkan tadi. Lalu bagaimanakah spesifikasi ponsel pintar dari vendor asal China ini? Apakah pantas untuk bersaing dengan merek-merek tersebut ? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Desain dari smartphone ini mempunyai dimensi 127.4 x 64.8 x 7.7 mm dan berat sekitar 110g. Jika melihat dimensinya, handphone ini adalah salah satu handphone Android tertipis yang pernah ada, yakni hanya kurang dari 8mm saja. Ukuran panjang dan lebarnya juga tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu berat, sehingga smartphone ini mudah untuk digenggam dan dimasukan ke dalam saku. Ponsel ini memiliki tiga tombol utama sebagaimana ponsel Android pada umumnya, yaitu tombol setting, home, dan back. Di sisi sebelah kiri, Anda akan menemukan tombol pengatur volume sementara tombol power dan slot SD Card ada di sebelah kanan. Di bagian atas handset terdapat colokan earphone dan USB port.

Layar

Kini kami akan mengulas tentang layar dari Huawei Ascend P1 ini. Ponsel ini memiliki layar yang sangat cerah dan jernih dengan tersedianya 16 juta warna dan S-AMOLED layar sentuh kapasitif. Dengan begitu Anda tidak perlu untuk mengatur brightness-nya lagi jika ponsel ini terkena cahaya matahari secara langsung. Layarnya berukuran 4.3 inci dengan resolusi sebesar 540 x 960 piksel. Handphone ini juga memiliki ketajaman layar sebesar 256 ppi (pixel per inch) dan sudah mendukung multitouch.

Performa

Pada smartphone ini sudah terpasang Android versi terbaru yaitu Android versi 4.0 atau yang lebih dikenal dengan julukan Ice Cream Sandwich. Performanya pun menakjubkan karena tertanam prosesor dual core TI OMAP 4460 1.5 GHz di dalamnya. Prosesor ini adalah prosesor yang sama dengan yang dapat Anda temukan di Galaxy Nexus. Untuk grafiknya, ponsel ini didukung oleh GPU PowerVR SGX 540 dan memiliki RAM sebesar 1GB. Ponsel pintar ini juga menyediakan tempat sebesar 4GB untuk memori internal-nya, dan dapat menggunakan SD card sampai kapasitas 32GB.

Kamera

Huawei Ascend P1 memiliki lensa kamera sebesar 8MP dengan resolusi 3264 x 2448 piksel, juga mendukung auto focus dan dual LED Flash, hampir sama dengan ponsel Android kelas menengah ke atas lainnya. Ponsel ini juga memiliki kamera depan dengan lensa 1.3MP. Aplikasi kamera bawaannya sudah men-support berbagai mode seperti self timer, HDR, panorama, low light, smile shot, juga beberapa filter kamera yang hampir mirip dengan filter Instagram. Untuk video, Anda dapat merekam video HD 1080p dengan framerate 30fps.

Baterai

Ketahanan baterai ponsel pintar ini sedikit lebih unggul daripada perangkat yang memiliki spesifikasi yang hampir serupa. Cukup mengejutkan mengingat baterai yang digunakan smartphone ini adalah baterai standar Li-ion 1670 mAh. Anda dapat memakai ponsel ini hampir sehari penuh dengan pemakaian standar, namun alangkah baiknya jika Anda tetap berjaga-jaga dengan membawa charger. Walaupun telah diuji sedemikian rupa (dengan penggunaan non-stop selama 5 jam, ditambah streaming selama 1 jam), ketahanan baterainya hanya turun sampai 50%. Mungkin akan cocok untuk Anda yang menghabiskan lebih banyak waktunya di jalan.

Kesimpulan

Meskipun tampilan luarnya standar dan tidak terlalu istimewa, tetapi desainnya yang sangat ramping dapat menjadi pertimbangan masyarakat untuk membeli smartphone Android ini. Layarnya juga tidak terlalu besar sehingga perangkat ini enak untuk digenggam dengan satu tangan. Performanya lumayan cepat berkat prosesor yang mumpuni dan didukung oleh OS Ice Cream Sandwich. Mungkin ke depannya ponsel ini dapat di-upgrade ke Jellybean. Tetapi walaupun tidak, ponsel ini tetap menjadi pilihan yang baik. Huawei Ascend P1 ini sudah tersedia di pasaran Indonesia dan bisa Anda dapatkan seharga Rp 4.250.000. Bagaimana? Anda tertarik? [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel