Adu Android 3 Jutaan, Samsung Galaxy S Advance vs HTC Desire V

17 Sep 2012 17:00 4512 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ponsel Android kini semakin marak beredar di pasaran. Seperti Samsung Galaxy S Advance dan HTC Desire V yang menawarkan OS Android dengan rentang harga yang sama namun dengan fitur yang berbeda.

Ponsel Android kini semakin marak beredar di pasaran, dari rentang harga yang tinggi hingga harga yang rendah, dari vendor ternama dan vendor lokal pun ditawarkan untuk Anda boyong bawa pulang. Rentang harga pun menentukan fitur dan performa yang ditawarkan oleh masing-masing ponsel. Seperti Samsung Galaxy S Advance dan HTC Desire V yang menawarkan OS Android dengan rentang harga yang sama namun dengan fitur yang berbeda. Lalu manakah di antara kedua ponsel ini yang layak untuk Anda bawa pulang?

Desain

Hadir dengan desain candybar, Samsung Galaxy S menawarkan bodi yang tipis hanya setebal 9.7 mm dan sedikit melengkung. Dibalut dengan bahan plastik, Galaxy S membawa dimensi bodi sebesar 123.2 x 63 x 9.7mm dan memiliki berat total sebesar 120gram. Galaxy S hanya menyisakan dua buah tombol sentuh sensitif dan satu tombol fisik yang berada tepat di bawah layar yang akan membawa Anda ke menu Home dan Back. Sedangkan pada sisi lain, HTC Desire V juga mengusung desain candybar yang juga memiliki sudut lengkung di keempat sudutnya, namun lebih luas dibandingkan Galaxy S.

Dengan dibalut dengan bahan plastik solid, HTC Desire V membawa dimensi sebesar 118.5 x 62.3 x 9.3mm dan memiliki berat sebesar 114 gram. HTC juga hanya mengandalkan tiga buah tombol sentuh sensitif untuk navigasinya yang mana akan membawa Anda ke menu Back, Home dan Apps.

Layar

Digariskan membawa kaca sentuh, masing-masing kompetitor menjagokan layar sentuhnya masing-masing. Galaxy S mengadopsi layar super Amoled dengan resolusi WVGA 480 x 800 piksel selebar 4 inchi. Galaxy S pun memiliki fitur multitouch di dalamnya untuk membantu Anda dalam penggunaan bermain game. Begitu pun untuk tampilannya, Galaxy S membawa tampilan antaramuka TouchWiz 4.0 UI yang merupakan tampilan resmi untuk ponsel Android besutan Samsung.

Di sisi lain, HTC membawa layar sentuh kapasitif yang mampu membawa 16 juta macam warna pada layar selebar 4 inchi dan beresolusi 480 x 800 piksel. Tak mau kalah dengan Galaxy S, HTC pun menanamkan fitur multitiouch di dalamnya dan menggunakan tampilan antarmuka HTC Sense UI v4.0 sebagai tampilan yang membedakan dengan kompetitornya tersebut.

Performa

Beralih pada performa, keduanya sama-sama memboyong Android di dalamnya. Galaxy S menyuntikkan Gingerbread yang hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda untuk dilakukan upgrade menuju ke Ice Cream Sandwich 4.0. OS Gingerbread ini performanya dibantu dengan prosesor STE U8500 Dual-core 1 GHz Cortex-A9 serta RAM 768 MB, yang berarti Galaxy S mampu melancarkan segala aktifitas yang dibebankan pengguna kepadanya. Untuk urusan grafisnya, Galaxy S mengadopsi Mali-400 MP yang akan memanjakan Anda dalam tampilannya.

Berebeda dengan pesaingnya, HTC satu langkah lebih maju dalam urusan software yang disuntikkannya, HTC telah mengadopsi Android v4.0 Ice Cream Sandwich, namun kemajuan software-nya ini tidak diikuti dengan dapur pacunya, alhasil HTC hanya memboyong prosesor Qualcomm MSM7227A Snapdragon Single Core 1 GHz Cortex-A5 dan RAM 512 MB. Untuk kualitas grafisnya sendiri, HTC membawa Adreno 200. Namun HTC menutupi kekurangan hardware-nya dengan menyuntikkan Beats Audio sound enhancement untuk sistem suaranya dan juga mampu menampung dua SIM sekaligus ddalam satu ponsel, dan Anda dapat mengaktifkan keduanya secara bersamaan.

Kamera

Hampir semua ponsel mengusung kamera di dalamnya. Begitu pun dengan keduanya, keduanya kompak membawa kamera berkekuatan 5MP yang mampu mengabadikan gambar pada resolusi 2592 Ñ… 1944 piksel yang makin diperkuat dengan autofocus dan LED flash. Perbedaan baru tampak pada fitur yang dibawa keduanya, Galaxy S membawa fitur Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, sedangkan HTC hanya membawa Geo-tagging saja. Untuk daya rekam videonya sendiri, keduanya sangat mumpuni untuk merekam video, namun untuk kelengkapan kamera sekundernya, Galaxy S yang hanya memboyong kamera sekunder yang berkekuatan 1.3MP.

Kesimpulan

Perbedaan rentang harga memang menyemarakan penjualan Android di pasar tanah air. Salah satu pilihan ponsel dengan rentang harga Rp 3 jutaan bisa Anda peroleh pada salah satu dari kedua ponsel ini. Jika Anda penggemar Samsung dan ingin mencicipi generasi Galaxy yang sangat tersohor di dunia Android, maka Anda bisa membawa Galaxy S pulang. Namun jika Anda menginginkan Android dengan Dual SIM aktif dan fitur yang mumpuni, maka HTC merupakan pilihan yang tepat untuk Anda. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel