Inilah Spesifikasi iPhone 5, Generasi Keenam dari Keluarga iPhone

14 Sep 2012 09:30 4689 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tak sedikit juga orang yang mempertanyakan dimana letak perbedaan antara iPhone 5 ini dengan produk iPhone sebelumnya, yakni iPhone 4S. Jika Anda adalah salah satu orang yang mempertanyakan hal tersebut, silahkan mengikuti ulasan Paseban di sini.

Pada hari Kamis, 13 September 2012, sekitar pukul 3.00 dini hari WIB, iPhone 5 telah resmi diperkenalkan pada publik. Produk terbaru dari Apple ini akhirnya menyudahi berbagai spekulasi dan rasa penasaran masyarakat tentang spesifikasi lengkap handphone ini. Walaupun ada beberapa spesifikasi iPhone 5 yang telah bocor ke publik jauh sebelum perkenalan resminya, namun kabar ini tetap disambut antusias oleh para fanboys produk Apple. Tak sedikit juga orang yang mempertanyakan dimana letak perbedaan antara iPhone 5 ini dengan produk iPhone sebelumnya, yakni iPhone 4S. Jika Anda adalah salah satu orang yang mempertanyakan hal tersebut, silahkan mengikuti ulasan Paseban tentang smartphone yang digadang-gadang Apple sebagai handphone terbaik yang pernah dibuat manusia ini.

Desain

Kami akan mulai dari desain dan tampilan luar handphone pintar ini. Handphone ini dibalut dengan aluminium, yang meninggalkan kesan kuat namun tetap ringan. iPhone 5 memiliki dimensi 123.8 x 58.6 x 7.6 mm dan berat sekitar 112 gram. Jika dibandingkan dengan iPhone 4S, iPhone 5 ini memiliki kerampingan yang 18% lebih tipis dan juga 20% lebih ringan. Pada tampilan depannya, Anda tidak akan menemukan perbedaan antara produk iPhone lainnya. Hanya ada satu tombol home dan sisanya touch screen. Pada sebelah kiri perangkat ini terdapat pengatur volume, sedangkan tombol untuk mengunci handphone ada di sebelah atasnya. Pada bagian belakang terdapat lensa kamera beserta flash-nya, juga lambang khas Apple di tengahnya. Yang berbeda dari iPhone 5 ini adalah letak 3.5mm headphone jack yang terpasang di bagian bawah handphone, dan juga slot charger baru yang berukuran lebih kecil dan juga lebih praktis. iPhone 5 juga memiliki 3 speaker, yang masing-masing terpasang di sebelah atas, bawah, dan belakang.

Layar

Layar dari iPhone 5 ini sudah mengusung retina display. Layarnya berukuran 4.0 inci dengan resolusi sebesar 640 x 1136 piksel dan 326 ppi. Ini sudah tentu lebih baik dari seri pendahulunya yang hanya memiliki layar 3.5 inci dan resolusi 640 x 960 piksel. Layar sentuhnya kapasitif dan dapat menangkap 16 juta warna.

Performa

Spesifikasi iPhone 5 yang akan Paseban ulas berikutnya adalah mengenai performanya. Banyak pihak yang menanti-nanti dan penasaran seperti apa performa yang akan diberikan handphone ini. Tim Cook mengumumkan bahwa iPhone 5 memiliki chipset terbaru yakni Chipset Apple A6 yang tentunya akan menaikan performa dan grafik sampai 2x lipat. Handphone ini juga didukung oleh RAM sebesar 1 GB dan menggunakan iOS 6. Belum ada informasi tambahan tentang iOS terbaru ini karena iOS 6 baru akan dirilis pada tanggal 19 September nanti. Salah satu kekuatan produk ini adalah memiliki konektifitas 4G LTE yang memiliki performa hampir 3 kali lipat diatas kecepatan DC-HSDPA.

Kamera

iPhone 5 mempunyai lensa kamera 8 Mp dengan resolusi 3264 x 2448 piksel yang mendukung autofocus, LED Flash, dan Dynamic Low Light yang dapat memperindah kualitas foto di tempat gelap tanpa harus menggunakan flash. Kamera handphone ini juga dapat membuat foto panorama sampai dengan tingkat kualitas 28 Mega Piksel. Kamera depannya memiliki lensa 1.2 Mp yang dapat melakukan video call dengan menggunakan WiFi maupun sinyal 3G/4G. Anda pun dapat merekam video dengan kualitas HD 1080p dengan framerate mencapai 30fps, didukung oleh LED video light, video stabilization, dan geo-tagging. Sementara kamera depannya dapat merekam video 720p. Yang berbeda dari iPhone 5 ini adalah Anda bisa mengambil foto selagi merekam video.

Baterai

Ketahanan baterai iPhone ini patut diacungi 2 jempol. Baterai tangguhnya yang menggunakan baterai Li-Po menjadi nilai tambah untuk spesifikasi iPhone 5 ini. Baterai ini tahan 8 jam dengan menggunakan sinyal LTE nonstop, 11 jam menggunakan wi-fi, dan 40 jam sambil memutar musik. Dan mungkin tahan beberapa hari dalam kondisi stand-by. Sangat impresif karena selama ini baterai smartphone dinilai sangat boros.

Kesimpulan

Cukup banyak perubahan yang dilakukan Apple ketika mendesain handphone ini, terutama dari segi performa yang membuat banyak orang tercengang dan berdecak kagum. Belum ada kelemahan yang kentara terlihat dari spesifikasi iPhone 5 ini, karena belum resmi diluncurkan ke publik. iPhone 5 akan segera dipasarkan pada tanggal 21 September 2012 di 8 negara yaitu Amerika, Kanada, Inggris, Prancis, Jerman, Australia, Jepang, dan Singapura. Dan di 22 negara lain, termasuk Indonesia, pada tanggal 28 September 2012. Belum ada harga yang pasti ketika handphone ini mendarat di Indonesia. Namun di Amerika Serikat, iPhone 5 dibanderol sekitar USD 199, USD 299, dan USD 399 untuk iPhone 5 16GB, 32GB, dan 64GB dengan masa kontrak dua tahun. [AAD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel