1

Aplikasi Untuk Menghemat Baterai Android Berbentuk Widget

22 Jun 2012 16:30 8160 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kebutuhan baterai pada semua jenis handphone memang terbilang penting, terlebih jika handphone Anda, khususnya Android connect WiFi atau yang terhubung ke paket data biasanya cepat menguras baterai.

Paseban sudah sering sekali membahas aplikasi penghemat baterai untuk Android, semoga Anda tidak bosan membaca rekomendasi dari kita, termasuk untuk artikel ini yang mereview beberapa aplikasi untuk menghemat baterai, namun Paseban menghadirkan aplikasi tersebut yang berbentuk widget, tentu ini akan menjadi hal yang menarik untuk Anda simak.

Kebutuhan baterai pada semua jenis handphone memang terbilang penting, terlebih jika handphone Anda, khususnya Android connect WiFi atau yang terhubung ke paket data biasanya cepat menguras baterai. Membawa baterai cadangan atau menggunakan charger portable bukan menjawab masalah ini, namun Anda sendiri juga harus mengkondisikan bagaimana penggunaan baterai Android Anda secara benar.

Mengenai hal tersebut salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstall aplikasi untuk menghemat baterai. Paseban di sini akan mereview khusus aplikasi penghemat baterai yang berbentuk widget, karena ini bisa terlihat lebih jelas pada layar handphone Android Anda. Adapun widget sendiri adalah sebuah kode portable elemen yang bisa dipasang pada satu halaman dengan intput berupa gambar atau tampilan tertentu.

Berikut ini adalah review Paseban mengenai aplikasi untuk menghemat baterai Android:

Battery Widget

Banyak aplikasi bernama Battery Widget yang beredar di Google Play, namun aplikasi yang dimaksud Paseban pada artikel ini adalah aplikasi Battery Widget besutan Developer Elvison. Ini merupakan aplikasi penghemat baterai Android yang menampilkan status baterai Anda di layar homescreen Anda dengan tampilan level indikator lengkap dengan status bar dan Alert (peringatan) pada saat-saat tertentu.

Aplikasi ini juga akan menampilkan sebuah animasi yang lucu ketika Anda melakukan pengisian daya. Ketika Anda tapping pada widget baterai Anda akan melihat informasi lebih jelas mengenai penggunaan baterai, Anda pun bisa melakukan hal ini ketika Anda browsing dan melakukan SMS, canggih bukan? Aplikasi ini akan menampilkan warna yang berbeda untuk kondisi baterai yang berbeda pula. Tentu aplikasi ini tidak akan menguras baterai Anda, karena tugas dari aplikasi ini justru menginformasikan kondisi baterai atau bahkan menginformasikan aplikasi mana saja atau hal apa yang bisa Anda lakukan dari keadaan baterai Anda.

Jika Anda ingin mengunduh aplikasi ini, Anda bisa langsung menuju Google Play dan mengunduhnya secara gratis. Aplikasi battery Widget ini bisa berjalan asalkan Android Anda adalah 2.1 atau di atasnya.

Zebra Battery Widget

Widget baterai berbentuk seperti bongkahan tabung dengan isi sebuah cairan berwarna hijau bergradasi kuning dan akhirnya merah mungkin menjadi hal biasa, aplikasi ini menghadirkan widget baterai lain berupa seekor Zebra. Tentu ini akan menarik terutama bagi Anda yang sudah bosan dengan widget baterai berbentuk biasa.

Secara fitur aplikasi ini memang tidak terlalu istimewa dan tidak selengkap aplikasi Battery Widget yang telah Paseban jelaskan sebelumnya. Aplikasi Zebra Battery Widget ini hanya menampilkan animasi Zebra hitam putih dengan angka presentase ketersediaan baterai di bawahnya. Jika ketersediaan baterai makin habis, maka lama kelamaan motif hitam pada zebra akan berkurang, hingga nanti kalau baterai handphone Android Anda benar-benar habis, maka Zebra Anda berubah menjadi kuda putih. Sebuah aplikasi yang lucu memang, apalagi ini tersedia gratis di Google Play, tidak ada salahnya jika Anda mengunduhnya.

Beer Battery Widget

Jika tadi Anda tidak puas dengan tampilan baterai berbentuk Zebra, maka Paseban merekomendasikan aplikasi Beer Battery Widget. Aplikasi untuk menghemat baterai ini sama seperti Zebra Battery Widget, tak ada fitur berlebih, hanya menampilkan animasi minuman beer dalam gelas, yang isi beer-nya menunjukkan ketersediaan baterai Anda. Jika tertarik Anda bisa mengunduhnya secara gratis di sini.

Battery Widget Android

Tidak suka dengan tampilan seperti gelas beer dan Zebra? Tak perlu khawatir, Paseban masih merekomendasikan satu aplikasi penghemat baterai Android lagi berbentuk widget robot Android. Robot Android yang ada di homescreen Anda nanti tidak hanya berfungsi sebagai pemberi informasi ketersediaan baterai, namun juga beberapa informasi aktif tidaknya fitur pada handphone Anda misalnya WiFi, GPS, atau Bluetooth. Aplikasi Battery Widget Android bisa Anda download secara gratis di sini. [HJ]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel