1

Empat Fakta Mengenai Internet ISP dan IP

21 Nov 2011 16:00 3648 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
ISP dan IP merupakan dua istilah yang umum digunakan ketika berbicara mengenai koneksi internet. Meskipun keduanya mungkin tampak sangat mirip, namun sebenarnya mereka benar-benar mengacu pada hal yang sangat berbeda. Berikut ini empat fakta menarik mengenai **internet ISP** dan IP.

ISP dan IP merupakan dua istilah yang umum digunakan ketika berbicara mengenai koneksi internet. Meskipun keduanya mungkin tampak sangat mirip, namun sebenarnya mereka benar-benar mengacu pada hal yang sangat berbeda. Berikut ini empat fakta menarik mengenai internet ISP dan IP.

  • ISP adalah penyedia koneksi internet sementara IP adalah pengenal jaringan yang unik

ISP adalah singkatan dari Internet Service Provider dan merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan koneksi internet untuk Anda. Sementara IP adalah istilah yang lebih umum digunakan untuk merujuk ke sebuah alamat internet, di mana IP adalah Internet Protokol. Sebuah alamat IP yang familiar dengan sebutan IP address adalah pengenal yang unik yang digunakan untuk mengidentifikasi modem Anda ke seluruh dunia. Sebuah alamat IP sangat penting dalam rangka mendeteksi rute data dari dan ke jaringan rumah Anda. Router kemudian mengirimkan data ke komputer tertentu pada jaringan rumah Anda.

  • Internet ISP selalu statis sementara IP selalu dinamis

Jika Anda berlangganan internet ISP, mereka biasanya memiliki kontrak yang dapat diperpanjang dengan jangka waktu yang ditentukan, kecuali jika Anda ingin mengakhiri kontrak Anda dengan membayar biaya tambahan. Jika tidak, maka mau tidak mau Anda terjebak dengan ISP untuk periode tersebut. Hal ini juga dapat berlaku dengan IP karena beberapa ISP memberikan IP tetap atau statis kepada setiap pelanggan. IP ini dapat berubah, tapi sekali lagi, Anda perlu membayar biaya tambahan untuk hal tersebut.

Namun, dalam kasus di mana ISP menggunakan alamat yang dinamis, maka IP dapat disewa untuk waktu singkat, biasanya 24 hingga 48 jam. Jika koneksi terputus, maka IP dapat diambil oleh pelanggan lain dari ISP. Setelah Anda terhubung lagi, Anda akan diberi IP yang berbeda oleh ISP.

  • ISP tidak terbatas, sementara IP terbatas

Terdapat fakta bahwa alamat IP merupakan hasil desain IPv4. Karena hal tersebut dan akibat dari meningkatnya jumlah ISP, diduga alamat IP akan habis dalam beberapa tahun. Infrastruktur untuk mendukung desain IPv6 yang unggul sudah mulai tumbuh dan dalam hitungan waktu, seluruh internet akan pindah ke desain yang baru.

  • ISP tidak bisa hidup tanpa internet, sementara IP bisa hidup tanpa internet

Jika Anda tidak terhubung ke ISP atau internet, Anda masih dapat memiliki alamat IP. Jaringan lokal memiliki mereka untuk tujuan yang sama, yaitu memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi setiap komputer dalam jaringan. Hal ini penting untuk setiap aktivitas jaringan terkait seperti transfer file dan semacamnya. [ND]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel