1

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Jenis ROM

17 Nov 2011 16:00 5435 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Setelah Anda mengetahui pengertian ROM pada bahasan Paseban berjudul "Lebih Tahu Tentang Pengertian ROM, Firmware, dan Flashing". Kini Paseban ingin mengorek lebih dalam tentang ROM dan membahas apa saja jenis ROM pada perangkat *mobile*.

Setelah Anda mengetahui pengertian ROM pada bahasan Paseban berjudul Lebih Tahu Tentang Pengertian ROM, Firmware, dan Flashing. Kini Paseban ingin mengorek lebih dalam tentang ROM dan membahas apa saja jenis ROM pada perangkat mobile.

Tidak seperti kebanyakan OS (Operating System) desktop, format install mobile OS pada perangkat mobile dapat ditemukan dalam berbagai jenis ROM, yang dapat dikategorikan sebagai berikut.

Stock ROMs

Jenis ROM ini adalah OS asli dari pengembang yang masih dalam bentuk default, belum mengalami modifikasi. Stock ROM berisi tampilan dan fungsi standar pabrik dan belum ada perubahan yang ditambahkan oleh pengembang lain. Contoh dari Stock ROM dapat Anda temukan pada perangkat Apple iOS dan Palm's WebOS dimana pengembang software dan perangkat mobile adalah satu perusahaan.

Manufacturer atau Carrier Stock ROM

Jenis ROM yang satu ini adalah stock Rom yang telah mengalami perubahan oleh pabrikan ponsel atau operator jaringan. Perubahan ini seringnya merupakan tambahan pada tampilan, aplikasi custom dari pabrikan ponsel atau operator jaringan, dan yang paling penting adalah bentuk restriksi tertentu yang dibuat oleh pihak pabrikan ponsel atau operator seluler, seperti pembatasan area penggunaan dan lain-lain.

Contoh dari jenis ROM ini bisa Anda temukan pada kebanyakan perangkat Android dan Symbian, serta beberapa perangkat Windows Phone 7.

Custom ROM

Meskipun semua perangkat yang dijual berisi dua jenis ROM di atas, tetapi kustomisasi ROM tidak berhenti disini. Pengguna atau umumnya pengembang Independen yang gemar untuk mengkustomisasi ROM pada perangkat mereka sering untuk merilis hasil modifikasi di luar standar tersebut, dan menghasilkan yang umum disebut custom ROM. Google dengan OS miliknya yang berkonsep open-source menjadi contoh yang bagus di mana Anda bisa menemukan banyak custom ROM Android.

Dalam kasus closed-source ROM seperti iOS dan Windows Phone dimana kustomisasi OS hampir tidak bisa dilakukan, masih banyak pengembang independen yang merilis custom ROM dilengkapi dengan tools yang menyediakan fungsi dan fitur lebih daripada stock ROM kedua kedua OS tersebut. Dan nyatanya pengembangan custom ROM dari closed-source iOS dan Windows Phone mengarah pada terbentuknya komunitas besar pengembang independen, seperti forum XDA-Developers. [RY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel