Mengenal Apa itu Operating System

10 Oct 2011 12:00 10178 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sebuah operating system mengandung pengertian sebagai sebuah aplikasi yang mengontrol setiap aspek dari sebuah komputer. operating system yang paling umum adalah Windows, UNIX dan Macintosh. Tugas dari *operating system* jatuh ke dalam enam kategori yang berbeda: manajemen prosesor, manajemen memori, manajemen perangkat, manajemen penyimpanan, aplikasi interface dan user interface.

Sebuah operating system mengandung pengertian sebagai sebuah aplikasi yang mengontrol setiap aspek dari sebuah komputer. Operating system yang paling umum adalah Windows, UNIX dan Macintosh.

Untuk singkatnya, sebuah operating system melakukan dua fungsi dasar: berfungsi sebagai manger untuk sumber daya hardware dan software yang diadakan dalam sistem, dan berhubungan dengan hardware tanpa aplikasi harus mengetahui setiap aspek berjalan bersama. Tugas dari operating system jatuh ke dalam enam kategori yang berbeda: manajemen prosesor, manajemen memori, manajemen perangkat, manajemen penyimpanan, aplikasi interface dan user interface.

Manajemen Prosesor

Manajemen prosesor melibatkan kepastian bahwa semua aplikasi dan proses mendapatkan jumlah waktu yang tepat dari prosesor sehingga dapat berfungsi dengan baik. Hal ini juga melibatkan dan mengambil keuntungan sebagai siklus prosesor sebanyak itu mungkin bisa untuk membuat segalanya bekerja sama dengan baik. Operating system menggunakan proses atau thread prosesor untuk melakukan fungsi-fungsi tersebut dan itu terus switch antara proses di tingkat ribuan dengan proses per detik.

Manajemen Memory

Manajemen memory adalah proses memastikan bahwa setiap proses memiliki jumlah memory yang diperlukan untuk melaksanakan tugas sehingga proses tidak mencuri memory dari satu sama lain. Bagian lain dari manajemen memory adalah mengelola setiap jenis memory sehingga digunakan dengan benar.

Manajemen Perangkat

Setiap bagian dari hardware menggunakan driver yang merupakan program khusus, untuk berkomunikasi dengan sistem. Operating system menggunakan driver sebagai penerjemah antara sinyal-sinyal listrik dari hardware dan kode pemrograman yang ditemukan dalam aplikasi. Driver mengambil data dari operating system untuk perangkat dan sebaliknya. Operating system mengendalikan proses ini dengan memanggil driver yang sesuai bila diperlukan.

Aplikasi Interface

Sama seperti hardware driver, aplikasi memiliki application program interfaces (API). API memungkinkan programmer untuk menggunakan bagian dari operating system dan komputer untuk melaksanakan fungsi tertentu. Operating system memegang semua API yang dikenali ke komputer dan memainkan peran penerjemah untuk API. Ini kemudian mengirimkan data yang diperlukan sehingga fungsi dapat dilakukan.

User Interface

Aspek user Interface dari operating system mengelola interaksi antara user dan komputer. Banyak operating system menggunakan grafis user interface, yang berarti iamenggunakan gambar dan ikon untuk berkomunikasi dengan user. Operating system sekali lagi memainkan peran penerjemah untuk berkomunikasi dengan baik user dan komputer dalam bahasa yang mereka berdua mengerti. ND

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel