1

Helio X22 dan Helio X30, Dua Chipset 10 Core Processor dari MediaTek

3 Aug 2015 08:00 2065 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Chipset dengan prosesor sepuluh core, yakni  Helio X22 & Helio X30

Helio X22 dan Helio X30, Dua Chipset 10 Core Processor dari MediaTek

MediaTek bisa dibilang sedang “menginjakan pedal gas” untuk terus melaju kencang mengejar, bahkan ingn melampaui Qualcomm.  Bukan apa-apa, perusahaan pembuat chip asal Taiwan tersebut produk chipset-nya sering dianggap berada sedikit level dibawah Qualcomm. 

Tentunya ini membuat MediaTek terus melakukan inovasi agar bisa melampaui Qualcomm. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan menghadirkan chipset dengan kemampuan prosesor yang lebih tinggi,  MediaTek Helio X20. 

MediaTek Helio X20 menjadi chipset pertama dengan sepuluh prosesor didalamnya. MediaTek menyatakan chipset ini memiliki kemampuan yang baik, Bahkan kemampuannya diklaim bisa melebihi kemampuan chipset paling atas dari Qualcomm. 

Hanya saja MediaTek Helio X20 ini belum dirilis ke pasaran alias belum digunakan oleh produsen smartphone.

Chipset ini nantinya  akan berada dengan Qualcomm Snapdragon 820 yang juga belum ada di chipset smartphone yang ada di pasaran. 

Perseturuan keduanya tentu akan sangat sengit. Tetapi, tampaknya MediaTek melakukan “sistem kebut” alias “menginjakan pedal gas” agar terus terdepan. 

Belum juga rilis MediaTek Helio X20 ini, MediaTek justru sedang menyiapkan MediaTek Helio X22 dan MediaTek Helio X30. Sama seperti MediaTek Helio X20,  kedua chipset ini berbekal 10 inti prosesor alias deca-core prosesor. 

Dikutip dari Liliputing danGizChina(3/7/2015), MediaTek menyatakan bahwa MediaTek Helio X22 dan MediaTek Helio X30 akan lebih cepat dibandingkan MediaTek Helio X20 meski sama-sama mengusung prosesor sepuluh inti. 

MediaTek Helio X22 dan MediaTek Helio X30 juga akan terdiri dari beberapa cluster seperti halnya MediaTek Helio X20. 

Helio X22 dan Helio X30, Dua Chipset 10 Core Processor dari MediaTek

gambar via weibo

Untuk diketahui, chipset MediaTek Helio X20 bekerja efektif dengan pembagian tiga cluster. 

Misalnya, jika smartphone menjalankan aplikasi ringan, maka hanya satu cluster yang didalamnya memiliki jumlah prosesor tertentu yang akan bekerja.

 Jika sebuah aplikasi atau games membutuhkan banyak prosesor, maka beberapa cluster atau dalam hal ini semua prosesor akan bekerja maksimal. 

Berikut pembagian cluster Helio X20, prosesor sepuluh inti pertama dengan GPU ARM Mali-T800 dan dukungan konektivitas 4G LTE  dan 802.11ac WiFi.

 

  • Prosesor dual-core  ARM Cortex-A72 dengan kecepatan  2.5 GHz
  • Prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 2 GHz
  • Prosesor quad-core ARM Cortex-A53 dengan kecepatan 1.4 Ghz

MediaTek Helio X30 juga akan terbagi kedalam beberarapa cluster. Pembagiannya adalah sebagai berikut. 

  • Prosesor quad-core ARM Cortex-A72 dengan kecepatan 2.5 GHz
  • Prosesor dual-core ARM Cortex-A72 dengan kecepatan 2 GHz
  • Prosesor dual-core-A53 dengan kecepatan 1.5 GHz
  • Prosesor dual-core-A53 dengan kecepatan 1 GHz


Chipset MediaTek Helio X30 ini bakal didukung dengan GPU ARM Mali-T880. Selain itu, chipset ini juga optimal untuk mendukung RAM 4GB dan tipe penyimpanan eMMC 5.1.

Sementara untuk MediaTek Helio X22, belum ada detailnya lebih lanjut. Diperkirakan MediaTek Helio X22  ini sedikit mirip tipenya dengan Helio X20, tentunya dengan kecepatan yang sedikit berbeda dengan prosesor MediaTek Helio X22. 


Kapan chipset dengan prosesor sepuluh inti ini akan digunakan oleh smartphone?  Kabarnya, smartphone dengan chipset seri MediaTek Helio X30 dan MediaTek Helio X22 akan hadir pada awal 2016. Sementara  smartphone dengan chipset MediaTek Helio X20  kemungkinan besa akan hadir 2015. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel