1

Perusahaan dari Rusia Hadirkan Prosesor x86

13 May 2015 11:00 2860 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
AMD dan Intel akan mendapat saingan baru karena perusahaan asal Rusia menciptakan prosesor x86

Di ranah prosesor x86, Intel dan AMD memang cukup bersaing ketat. Keduanya terus menelurkan prosesor andalan mereka masing dengan teknologi dan fitur yang terus baru. Keduanya terus bersaing meskipun Intel lebih banyak mendominasi perturangan.

Pertarungan Intel dan AMD akan terus berlanjut pada masa yang akan datang. Tapi, persaingan tidak lagi antara kedua perusahaan tersebut.   Adalah MCST atau Moscow Center for SPARC Technologies, perusahaan asal Rusia yang siap masuk ke ranah pertarungan prosesor x86. Perusahaan tersbut menciptakan sebuah prosesor dengan performa tinggi yang ditujukan untuk PC dan server.

Prosesor yang dibuat oleh MCST (Moscow Center for SPARC Technologies) tersebut bernama
Elbrus 4C. Prosesor ini sudah dikembangkan sejak tahun lalu dan masih terus dalam tahap pengembangan. Prosesornya sendiri memiliki dua instuksi set yang dinamakan Very Long Instruction Word dan SPARC (Scalable Processor Architecture). Prosesor ini menggunakan emulasi x86 mengingat Intel dan AMD mempunyai paten x86. Tetapi, prosesor ini sudah bisa menjalakan sistem operasi Linux.

Perusahaan dari Rusia Hadirkan Prosesor x86

Yang menarik dari prosesor ini adalah kemampuannya dalam menjalankan game berat.  Prosesor Elbrus 4C ternyata mampu menjalankan game DOOM 3 dengan resolusi 1080 dengan dukungan Radeon 6970 2GB dan RAM 2GB DDR3. Ini berarti prosesor Elbrus ini cukup handal dalam menjalankan game berat. Padahal teknologi yang tersemat di prosesor ini adalah prosesor quad core 800 Mhz yang dibuat dengan fabrikasi 65nm. Sementara game DOOM sendiri membutuhkan spesifikasi prosesor 2GHz agar berjalan lancar.

Dikutip dari JagatReview (13/05/2015), prosesor ini rencannya akan mendukung semua sistem operasi, termasuk Windows. Prosesor ini juga nantinya akan dijual dalam kemasan kasing mini tower dan board mini ITX. Nantinya, paket ini sudah termasuk dengan port SATA, PCI Express, 4 port USB, dan Gigabit Ethernet.

Selain Elbrus 4C., MSCT juga rencannya akan menghadirkan prosesor dengan kode nama Elbrus 8-C. Prosesor ini diciptakan untuk keperluan  komputer server. Teknologi pembuatan prosesor ini juga berbeda dengan Elbrus 4C.. Elbrus 8-C akan dibuat menggunakan teknologi fabrikasi 28nm dan akan memiliki kecepatan prosesor 1,3GHz.

Dengan dibuatnya prosesor buatan sendiri, pihak Rusia tidak perlu lagi ketergantungan dengan prosesor buatan Amerika Serikat. Bahkan, bisa jadi nantinya prosesor lebih terkenal dibandingkan AMD dan Intel. Siapa tahu. [HMN]

 

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel