Menuju Cirebon Kini Lebih Cepat Lewat Jalan Tol Cikapali!

3 Jun 2015 13:08 68624 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perjalanan menuju Cirebon dari Bandung dan Jakarta kini bisa ditempuh lebih cepat berkat adanya jalan tol ini.

Jalan Tol Cikapali-Cikampek seolah menjadi pusat penghubunag antar satu kota ke kota lainnya. Hal ini tidak lain karena Cikampek menjadi titik gerbang penghubung satu kota ke kota lain.Betapa tidak, kawasan ini terdapat jalan tol yang menghubungkan antara Cikampek dan Jakarta  dan jalan tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) yang menghubungkan Cikampek dan Bandung. Kini satu lagi gerbang jalan tol ke kota besar lainnya, telah terbuka. yaknI Cikampek Palimanan atau Cikapali. Jalan tol ini menghubungkan Cikampek dan Cirebon. 

Dengan adanya jalan tol baru ini, tentu akan membuat jalur dari satu kota ke kota lain lebih cepat dan mudah ditempuh. Jalur ini juga bisa jadi jalur alternatif mudik yang melewati jalur pantura. Dengan melewati jalan tol Cikapali, waktu tempuh jalur ini lebih ringkas dibandingkan menggunakan jalur Pantai Utara, yakni hanya 3,5 jam saja. 

Jalan tol yang membentarng sepanjang 116 km ini pun tentunya akan jadi jalan alternatif untuk mobil yang berangkat dari arah Jakarta. Orang-orang dari Jakarta akan bisa lebih cepat sampai di Cirebon. Tidak hanya dari Jakarta. Mereka yang ingin ke Cirebon dari Bandung, bisa menggunakan jalur ini. Waktu tempuhnya hanya sekitar tiga jam saja. Setidaknya, waktu tempuh tersebut sudah dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Baratt, Deddy Mizwar, pada Senin 1 Juni 2016 seperti yang Plimbi lansir dari berbagai media online nasional. 

Mengapa jarak dari Bandung ke Cirebon bisa ditempuh dalam waktu singkat? Ternyata, caranya adalah dengan menggunakan dua jalur jalan tol. Dari Bandung menggunakan tol Cipularang dengan waktu tempuh satu jam sampai di Cikampek. Setelah itu, lanjut masuk tol Cikapali dengan jarak tempuh dua jam. Cara ini memang sedikit memutar jika dibandingkan dengan menggunakan jalur biasa (Bandung-Sumedang-Cirebon). Namun, diklaim cara ini lebih singkat. 
 
Jalan tol Cikampek-Palimanan sendiri rencananya bisa digunakan untuk keperluan mudik jelang Idul Fitri 2015. Awalnya, jalur tol ini beroperasi pada Agustus 2015 tetapi karena kebutuhan menjelang hari raya, jalur tol ini akan dioperasikan lebih cepat.  Presiden Indonesia  pun sudah direncankan untuk meresmikan jalur ini pada pertengahan Ramadhan 2015.

Lantas, apa manfaat dari kehadiran jalan tol Cikapali ini? Tentunya selain jarak tempuh yang lebih dekat, jalan tol Cikapali ini juga bisa jadi solusi untuk mengurai kemacetan pada jalur pantura. Kemacetan yang sering terjadi pada jalur utara tersebut bisa menurun hingga 40 persen lamanya. 

Oh yah, jalan tol Cikapali ini memiliki tujuh pintu masuk dan keluar. Sementara tempat peristirahtannya ada delapan rest area dengan jarak tiap rest area adalah 25 km.. Kedelapan rest area tersebut terbagi ke dalam dua  tipe. Empat rest area dengan tipe A dan empat rest area dengan tipe B. Perbedaan dua tipe ini adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Jika tipe A punya SPBU maka tipe B tidak memiliki SPBU. Hmm, tampaknya jalur jalan tol dengan 99 jembatan ini memang bisa jadi solusi kemacetan pada jalur Pantai Utara. Mari pantau terus saja perkembangan tentang jalan tol Cikapali ini. [HMN]

Gambar : ilustrasi jalan tol 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel