1

Dengan Baterai Hidrogen, Drone ini Terbang Lebih Lama

26 May 2015 17:30 14603 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Drone bernama Hycopter mampu terbang lama dibandingkan drone pada umumnya

Beberapa tahun belakangan, dunia gadget dan teknologi semakin ramai dengan produk yang dinamakan drone. Betapa tidak, drone termasuk salah satu produk besar dan inovatif. Produk ini bahkan bisa menjadi moda transportasi baru untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat lain. Amazon, adalah perusahaan yang termasuk mengembangkan tipe drone ini. Google juga menciptakan drone dan perusahaan lainnya juga menghadirkan dengan kemampuan yang berbeda-beda. 

Meski memiliki kemampuan yang berbeda, permasalahan drone saat ini terletak penggunaan baterainya. Tidak sedikit drone yang masih menggunakan baterai tipe lithium-ion. Tipe baterai ini umumnya hanya bisa menyala sebentar. Karena itulah, banyak drone yang hanya bertahan paling lama sekitar 20 menit saja. 

Permasalahan ini ternyata membuat salah satu perusahaan bernama Horizon Unmanned System menciptakan drone yang bisa tahan lama. Drone tersebut bernama Hycopter. Drone dengan berat sekitar 4,2 ons ini menggunakan baterai berjenis hidregon. Dengan baterai hidrogen, Hycopter mampu menyala lebih lama dan dapat terbang sampai beberapa jam dibandingkan drone dengan baterai lithium-ion. 

Dengan Baterai Hidrogen, Drone ini Terbang Lebih Lama

Baterai hidrogen pada Hycopter ini berbentuk tabung gas hidrogen yang nantinya memiliki fungsi untuk memompa gas. Gas yang dipompa tersebut menghasilkan 5.076 per square inch (psi) sebagai tenaga agar drone tersebut terbang lebih lama di udara. Pihak pembuat Hycopter mengklaim jika drone besutannya ini mampu terbang selama 4 jam lamanya. Tentu dengan durasi tersebut, Hycopter bisa mengambil gambar dari udara dengan lebih lama. Hycopter juga tentu bisa lebih diandalkan untuk mengantarkan barang dengan jarak tertentu. Jika memang Hycopter memiliki kemampuan mengangkat barang. 

Drone yang dibuat dengan biaya lebih murah ini belum diuji untuk diterbangkan. Purwarupa atau prototype produk ini belum ada tetapi pihak pembuat akan segera menghadirkannya. Pihak Horizon, rencannya akan membuat drone ini mengudara pada akhir 2015 sebagai tahap ujicoba. Jika pada saat ujicoba nanti, drone ini sesuai seperti yang diharapkan, maka tentunya drone ini bisa menarik perhatian karena memiliki kemampuan yang lebih efisien, terutama perihal baterainya yang menyala lebih lama. [HMN]

Tags drone

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel