1

Teknologi Drone Yang Mentransformasi Industri Teknologi Modern

26 Dec 2014 15:00 8441 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Melalu sistem yang dimiliki Teknologi Drone, pengangkutan akan menjadi lebih praktis dan cepat, dapat menjangkau daerah terpencil sekalipun dan yang terpenting adalah minimnya human error. Pada awalnya, Teknologi Drone dipakai oleh satuan militer Amerika Serikat saat melakukan misi penyerangan ke negara Irak.

Drone atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah sebuah terobosan baru dalam dunia teknologi dan militer yang saat ini sedang hangat diperbincangkan. Teknologi Drone sendiri merupakan pesawat tanpa pilot yang dikendalikan jarak jauh secara otomatis lewat perangkat komputer yang dirancang secara khusus. Pada awalnya, Teknologi Drone hanya berupa pesawat yang bisa dikendalikan jarak jauh saja, namun saat ini mulai banyak diterapkan sistem otomatis.

Melalu sistem yang dimiliki Teknologi Drone,  pengangkutan akan menjadi lebih praktis dan cepat, dapat menjangkau daerah terpencil sekalipun dan yang terpenting adalah minimnya human error.  Pada awalnya, Teknologi Drone dipakai oleh satuan militer Amerika Serikat saat melakukan misi penyerangan ke negara Irak. Setelah saat itu, Teknologi Drone semakin mengalami perkembangan dan mulai diterapkan dalam kebutuhan bisnis.

 

AMAZON PRIME AIR

Amazon memulai persaingan teknologi Drone dengan meluncurkan Amazon Prime Air. Teknologi Drone buatan Amazon ini telah diperkenalkan pada tahun lalu dan sampai saat ini telah menjalankan pengujian generasi 5 dan 6 dan Amazon juga sedang merancang generasi pesawat teknologi Drone generasi 7 dan 8. Teknologi Drone Amazon Prime Air saat ini tengah menunggu regulasi pemerintah dan rencananya akan mulai dioperasikan di hadapan publik pada tahun 2015 mendatang.

AMAZON PRIME AIR

 

 

GOOGLE

Tidak hanya Amazon yang tengah mengembangkan teknologi Drone. Perusahaan mesin pencarian dan OS Android, Google juga turut mengembangkan industri ini. Pada bulan April 2014 lalu, Google mengakuisisi produsen teknologi Drone bernama Titan Aerospace yang sebelumnya telah mengembangkan teknologi Drone untuk bisa mengakses berbagai hal, seperti pemantauan pesawahan, memberikan misi bantuan dan penyelamatan serta mengirimkan data. Teknologi Drone buatan Titan Aerospace yang diakuisisi Google ini dapat mengudara selama lima tahun tanpa harus mengisi ulang bahan bakar atau mendarat. Tidak diketahui berapa biaya yang harus dikeluarkan Google untuk mengakuisisi Drone dari Titan Aerospace, namun teknologi Drone ini dinilai tepat diakuisisi Google karena sesuai dengan misi perusahaan raksasa ini untuk menyebarluaskan layanan data dan internet ke berbagai wilayah di dunia.

 

APA YANG MENARIK DARI TEKNOLOGI DRONE?

Seperti teknologi robot lainnya, teknologi Drone ini menarik perusahaan raksasa seperti Google dan Amazon karena dapat membuat perusahaan tersebut dapat meningkatkan produktivitas, mengurangi risiko kecelakaan dan menekan biaya operasional perusahaan. Hingga sekarang, teknologi Drone telah diterapkan dalam sektor bisnis melalui beberapa layanan, seperti bantuan kesehatan bersifat darurat, eksplorasi lokasi mineral, minyak dan tambang, pengawasan keamanan sampai digunakan untuk membantu pembuatan film.

 

BENTUK DRONE

BENTUK DRONE

Drone memiliki desain yang akan mengingatkan Anda dalam berbagai teknologi canggih yang ditemukan dalam tayangan film Science Fiction. Pada umumnya, teknologi Drone dirancang dalam bentuk multirotor atau sejenis kendaraan yang memiliki empat rotor penggerak. Selain itu, terdapat juga teknologi drone yang bentuknya menyerupai burung atau Flappy Wings.

 

PERMASALAHAN DRONE

PERMASALAHAN DRONE

Teknologi drone yang canggih ini menuai banyak kritik berbagai kalangan. Permasalahan utama yang mengintai drone adalah penerapan lokasi ketinggian saat terbang yang setara dengan pesawat sehingga berpotensi untuk tertabrak. Selain itu, terdapat masalah lain seperti privasi karena drone bisa saja mengintai sebuah lokasi tertentu tanpa sepengetahuan pemiliknya.

 

 

Drone saat ini sedang gencar di kembangkan di negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang. Namun di Indonesia, teknologi drone sepertinya belum memberikan ketertarikan pada pelaku teknologi. Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari teknologi drone ini. [ARD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel