Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

12 Jun 2015 13:00 5126 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lima tanda Anda Kecanduan pada gadget dan teknologi mobile saat ini yang perlu Anda waspadai 

Kecanduan Gadget-Gadget menjadi bagian yang sulit dilepaskan dalam kehidupan kita. Smartphone, tablet, smartwatch meningkatkan kita dalam melalui hari-hari. Tetapi, bila terus Anda biarkan ini bisa berakibat buruk. Anda merasa kesulitan bila tanpanya. Jika Anda selalu butuh smartphone ketika ke kamar mandi, tersandung atau terantuk saat menggunakannya mungkin ada salah satu orang yang kecanduan gadget. Tak jarang, kecanduan pada gadget merugikan penggunanya. Tentu Anda tidak mau seperti itu bukan. Karena itu kali ini kita akan membahas lima tanda-tanda kecanduan gadget agar Anda bisa mengantisipasinya. 

 

Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

1. Anda menabrak sesuatu saat sedang mengirim chatting

Tidak sulit menemukan kejadian ini sekarang. Ketika sedang asyik memainkan handphone-nya orang tersandung batu, tangga, bertabrakan dengan orang lain atau dengan lampu jalan. Coba Anda perhatikan di tempat-tempat keramaian seperti mall, kampus, pertokoan atau tempat ramai lainnya. Lihat berapa banyak orang yang berjalan sambil mengoperasikan ponsel atau tabletnya atau malahan Anda sendiri yang seperti itu. Ini masih lumayan, karena saat ini tidak sedikit kecelakaan fatal karena berjalan sambil memainkan handphone. Bahkan di Nevada, Amerika Serikat polisi mulai menerapkan denda pada orang yang chatting atau fokus pada smartphonenya sambil berjalan. Di Inggris, pemerintah setempat meletakkan lampu jalan ditempat yang tidak biasanya pada daerah Brick Lane, London. Ini untuk menyadarkan orang-orang agar tidak berjalan sambil memainkan handphone.

 

Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

2. Ke Toilet membawa smartphone

Ke kamar mandi biasanya adalah kegiatan yang intim. Alasannya Anda mengunci pintu adalah agar merasa nyaman, kita berharap terputus dengan dunia luar. Walau ingin privasi, kita merasa perlu membawa smartphone dengan begitu Anda tetap terhubung ke dunia luar di toilet. Membawa smartphone Anda agar terhibur di toilet cukup buruk. Yang lebih mengerikannya, ketika Anda ke kamar mandi dan lupa membawa smartphone Anda berlari mengambilnya. Jika demikian, Anda berarti kecanduan gadget. Anda tidak sendirian, studi dari Plaxo menemukan 19 persen pengguna smartphone menjatuhkan ponsel mereka di toilet. Ini bukan karena terjatuh dari saku ketika Anda lupa meletakkannya di luar kamar mandi, tetapi karena sengaja di bawa ke kamar mandi.

 

Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

3. Anda mengandalkan Google saat percakapan

Ketika Anda sedang makan malam dengan teman-teman dan ada yang mengutarakan sesuatu yang menyebabkan perselisihan yang akan memicu diskusi. Setiap orang mempertahankan argumennya hingga perdebatan panjang terjadi. Ketika diskusi mencapai titik kritis seseorang mengatakan “Ok, Google”. Semua yang ada di meja makan tersebut kemudian mendengarkan jawaban Google. Google memberikan jawaban dan Anda merasa sudah menyelesaikan diskusi. Ternyata ada orang lain yang juga mengatakan “OK, Google” pada ponsel ponselnya untuk mencari informasi yang melawan jawaban pertama. Perdebatanpun kembali pecah kecuali Google selalu hadir sebagai mediator.

 

Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

4. Anda merekam semua ‘momen ajaib’ pada ponsel Anda

Ini yang sekarang terus merebak di kalangan pengguna smartphone. Mereka mengabadikan semua momen bahkan yang tidak penting sekalipun. Dia bahkan merekam semua kegiatannya setiap hari dan men-share di sosial media. Informasi tentang diri Anda tersebut membludak di internet. Yang perlu dipikirkan Anda menjalani rutinitas itu setiap hari dan merekamnya setiap hari juga, untuk apa? Bahkan tidak sedikit yang merekam candaan pasangan suami istri di tempat tidur. Dia mau berbagi privasi dengan orang lain privasinya untuk jadi tontonan publik. Namun, sulit untuk men-judge seperti itu. Kepuasan seseorang dalam menggunakan smartphone mungkin berbeda-beda karena itu mereka mencari hal yang aneh. Anda perlu ingat, semua data yang ada di ponsel Anda tidak terhapus benar-benar, ketika Anda menjual ponsel tersebut atau ponsel And dicuri data tersebut akan ada di tangan orang lain.

 

Lima Tanda Anda Kecanduan Pada Gadget

5.Anda menggunakan smartphone di tempat tidur

Bukan, maksudnya bukan membuat video pornografi buatan sendiri, tetapi ini mengenai obsesi Anda sebelum tidur. Anda mungkin pernah membaca penelitian yang mengatakan menggunakan smartphone sebelum tidur berdampak buruk pada tidur Anda. Penelitia terbaru dari Norwegia misalnya, mereka menemukan menggunakan smartphone satu jam sebelum tidur melipatgandakan kemungkinan tidur Anda tidak nyenyak. Walau data tersebut menunjukkan hal yang buruk pada kita, banyak dari pengguna smartphone merasa perlu melakukan sesuatu pada ponselnya sebelum tidur. Jika ini Anda lakukan dan membaca artikel ini di smartphone sambil tiduran kemungkinan Anda kecanduan smartphone. [RIC]


Semua gambar via Androidpit.info

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel